7 Pertanyaan yang Wajib Kamu Tanyakan saat Fitting Baju. Kunci Tampil Sempurna di Hari Pernikahan

Fitting baju pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momen yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Makanya, saat menyiapkannya pun kemungkinan besar itu adalah kali pertama kamu menghadapinya. Jika tak banyak mencari tahu, ada kemungkinan kamu melewatkan sesuatu yang bisa jadi akan berdampak besar saat hari-H pernikahan nanti. Salah satu contoh yang mungkin kamu nggak kepikiran adalah perihal baju yang akan kamu pakai di hari pernikahan.

Advertisement

Kamu mungkin sudah merasa aman saat fitting jauh-jauh hari. Namun tak hanya mengukur baju dan memperlihatkan desain yang kamu inginkan, kamu juga perlu mempertegas beberapa hal melalui pertanyaan-pertanyaan yang harus kamu ungkapkan lo. Kita simak yuk apa saja!

1. Selain lama waktu pengerjaan bajumu sendiri, kamu juga perlu menanyakan berapa kali dan berapa lama pengoreksian yang perlu dilakukan

Koreksi baju/ Credit: You work for them via www.youworkforthem.com

Setelah bajumu selesai dijahit, kemungkinan besar kamu pasti masih menemukan berbagai detail yang ingin diperbaiki atau diubah. Tentunya hal ini membutuhkan waktu. Nah tugasmu adalah memastikan jangka waktu yang dibutuhkan untuk pengoreksian tersebut. Pastikan tidak terlalu mepet dengan hari-H pernikahanmu sehingga jika dibutuhkan koreksi lagi, kamu masih memiliki waktu untuk melakukannya.

2. Masih terkait dengan pengoreksian dan detail yang diinginkan, kamu juga harus dengan jelas menanyakan apakah ada tambahan biaya agar tagihanmu tak membengkak

Ditambah detailnya tambah biaya?/ Credit: Two Hearts Bridal via twoheartsbridal.net

Di beberapa tempat, kamu biasanya bisa melakukan fitting baju sebanyak tiga kali dan membayar ongkos kelebihan jika ingin melakukannya lagi. Namun, kamu tetap perlu menanyakan hal ini termasuk saat akan mengoreksi baju dan ingin menambahkan detail yang rumit. Apa pun jawabannya, hal tersebut akan menentukan apakah keputusanmu selanjutnya.

Advertisement

3. Jika sudah mendapatkan contoh yang pas, maka kamu juga bisa menanyakan apakah bisa meng-custom beberapa hal detail pada pakaian ini

Bisa ditambah detail?/ Credit: Shutterstock via www.shutterstock.com

Kamu mungkin sudah sreg dengan bentuk baju secara keseluruhan, namun barangkali ada detail kecil yang membuatmu ingin menggantinya seperti modifikasi bagian leher hingga penambahan detail kecil layaknya payet atau penambahan aksen mutiara. Jika ternyata tidak bisa, kamu bisa membawanya ke tempat lain untuk hal ini.

4. Kamu juga harus bertanya jangka waktu untuk melakukan booking sebelum fitting jika diperlukan

Apakah perlu booking?/ Credit: Bride Magazine via www.bridemagazine.co.uk

Mungkin di beberapa tempat yang memiliki banyak pelanggan, saat kamu akan melakukan fitting kamu harus melakukan booking terlebih dahulu dan tak bisa tiba-tiba datang begitu saja. Hal ini juga perlu kamu tanyakan supaya tak membuang banyak waktu untuk kembali menunggu.

5. Walau sudah berusaha untuk menjaganya, perubahan berat badan akan sangat mungkin terjadi. Kamu perlu menanyakan juga terkait hal ini

Kok jadi nggak muat?/ Credit: Shefinds via www.shefinds.com

Hal ini harus diperhatikan terutama untukmu yang merasa memiliki berat badan yang mudah bertambah. Tanyakan bagaimana jika hal ini terjadi saat sudah fitting terakhir. Minta juga ia untuk menyisihkan ekstra bahan sehingga jika terjadi sesuatu, koreksi di waktu yang mepet bisa dilakukan karena tak perlu lagi mencari bahan.

6. Tanyakan juga apakah baju atau gaunmu dilengkapi dengan korset. Jika tidak tanyakan korset seperti apa yang akan cocok untuk dipadukan dengannya

Built-in corset/ Credit: Alanviu via alanviau.com

Korset digunakan untuk membentuk tubuhmu agar terlihat lebih bagus. Jika gaunmu tidak memiliki korset yang digabung maka kamu wajib menanyakan koreset seperti apa yang harus disiapkan untuk dipadukan dengan gaun yang kamu pakai. Jangan lupa juga bertanya apakah mereka yang akan menyediakan atau kamu yang harus mencarinya.

7. Pastikan juga apakah bajumu sudah dicuci hingga disetrika saat kamu mengambilnya nanti, penting banget!

Kalau-kalau butuh setrika di venue/ Credit: Coolbshoodies via www.coolbshoodies.com

Hal ini penting ditanyakan karena kemungkinan kamu tidak bisa mencuci baju pengantinmu sendiri dengan benar sehingga kamu perlu mencucinya di tempat laundry pakaian yang mana biasanya menghabiskan cukup banyak uang untuk jenis baju yang satu ini. Belum lagi, kamu juga perlu memperhitungkan waktu yang kamu miliki.

Nah ternyata walau terdengar sesuatu yang sederhana dan menyenangkan, fitting baju juga cukup rumit terkait detailnya. Pastikan tidak ada yang terlewat jika kamu tidak ingin panik menjelang hari pernikahan karena masih ada yang belum beres terkait baju pengantinmu. Terakhir, jangan lupa juga membawa pelengkap seperti sepatu agar bisa sekaligus dicoba bersama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE