Inspirasi Lengkap Menu Makanan yang Cocok Disajikan di Acara Lamaran. Awas Ngiler~

Inspirasi menu acara lamaran

Sebentar lagi kamu lamaran tetapi belum nemu menu makanan yang pas untuk menjamu keluarga besar calon pasanganmu? Coba deh cek beberapa rekomendasi menu makanan ini, siapa tahu bisa membantumu dalam memilih sajian makanan di hari lamaran kamu nanti. Beberapa menu makanan berikut ini lengkap dari menu makanan berat, dessert, makanan ringan sebagai camilan, hingga pilihan minuman yang menyegarkan.

1. Makanan berat, sajian utama yang menarik agar semua tamu lamaranmu puas dan terkesan

Menu makanan berat | Credit: @tresiahoban3 dan @saesherra from Pixabay

Advertisement

Sederet menu makanan berikut ini merupakan masakan rumahan yang bisa bikin tamu lamaranmu nyaman menikmatinya, berasa di rumah sendiri. Contohnya, berbagai olahan ayam, sup, sate dan lontong, ataupun rendang.

  • Ayam goreng

Kamu bisa memilih menu ayam goreng sebagai menu utama, apalagi ayam merupakan menu sejuta umat. Jika ayam goreng saja dirasa monoton, kamu juga bisa berkreasi dengan olahan yang lain, seperti ayam goreng mentega, ayam bakar, ataupun ayam balado.

Advertisement
  • Sup

Menu sup identik dengan sajian khas keluarga yang bikin adem. Kamu bisa menyajikan berbagai jenis sup yang rasanya akrab di lidah nusantara. Misalnya, sup ayam, sup buntut, sup daging, atau sup konro.

Advertisement
  • Sate dan Lontong

Menu sate dan lontong jadi salah satu masakan yang bisa menggugah selera makan para tamu undanganmu. Selain cocok dimakan sebagai ganjal perut, sate juga bisa jadi pelengkap menu utama. Ada berbagai pilihan daging yang bisa kamu sajikan, seperti sate ayam, sate kambing, atau sate sapi. Jangan lupa menambah lontong dan bumbu kacang atau bumbu padang, dijamin maknyus!

  • Rendang Daging

Sajian menu khas Kota Padang ini juga bisa kamu sajikan  untuk tamu lamaranmu. Tak hanya untuk kamu yang tinggal di Kota Padang saja, menu rendang daging sudah pasti familiar di lidah nusantara, maka sangat cocok untuk tamu lamaranmu yang berasal dari berbagai daerah. Tak hanya menggunakan daging sapi saja, kamu pun bisa memasak daging ayam dengan olahan rendang.

2. Sajian manis ini bisa kamu pilihan sebagai dessert. Enaknya pasti bikin nambah terus!

Dessert | Credit: @RitaE dan @9nails from Pixabay

Jika tamu lamaranmu sudah menyantap makanan berat, beberapa sajian manis berikut ini bisa kamu sajikan sebagai hidangan penutup. Sajian hidangan penutup biasanya berupa jajanan pasar, western dessert, dan buah-buahan.

  • Jajanan Pasar

Beberapa jajanan pasar atau kue pasar yang bisa kamu sajikan sebagai makanan penutup di acara lamaranmu dapat berupa makanan manis ataupun asin, Jika menu utamamu sudah memberikan sensasi rasa asin bahkan pedas, kamu bisa memilih jajanan pasar dengan rasa manis sebagai makanan penutup. Contohnya, kue cucur, kue talam, donat gula, gethuk, atau jika di daerahmu memiliki makanan khas, kamu pun bisa menyajikannya.

  • Western Dessert

Menu makanan penutup khas negara barat juga bisa jadi variasi jika seluruh menu utamamu adalah sajian khas lokal Indonesia. Adapun kue khas masakan negara barat yang bisa kamu pilih di antaranya, mini cake, pie, brownie, dan juga croissant.

  • Buah-buahan

Sebagai sajian pencuci mulut, kamu bisa menyajikan buah-buahan potong, seperti melon, semangka, nanas, dan pepaya. Selain buah potong, kamu juga bisa menyajikan pisang atau anggur sebagai pilihan buah yang bisa langsung dimakan.

3. Beberapa pilihan minuman ini bisa kamu pilih sebagai pelepas dahaga untuk para tamu undanganmu

Minuman | Credit: Photo by Geraud pfeiffer from Pexels

Setelah para tamu undangan selesai menyantap semua hidangan, tentu mereka membutuhkan minuman. Sebagai pelepas dahaga yang segar, kamu bisa menyajikan es sirup berbagai rasa sebagai alternatif pilihan air putih. Untuk minuman hangat, kamu bisa menyajikan teh atau kopi.

Segera tentukan pilihan menu makanan sebagai sajian acara lamaranmu agar momen spesialmu memberikan kesan yang menarik bagi para tamu undanganmu 🙂

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE