Mengenal 6 Jenis Kertas Undangan Pernikahan. Biar Nanti Pas Pilih-pilih, Tak Salah Sasaran

jenis kertas undangan

Kini memesan undangan bisa dilakukan secara online. Kamu bisa melihat berbagai katalog yang dipajang di laman vendor undangan maupun melalui Instagram-nya. Bisa saja kamu cocok dengan desainnya, tapi saat menerima hasilnya, kamu mungkin merasa kecewa karena ternyata tidak sesuai dengan harapan. Entah karena terlalu tipis atau teksturnya tak sesuai dengan yang diinginkan. Alasannya kamu tak bisa meraba kertasnya langsung.

Advertisement

Demi tak menyesal karena ternyata pilihan kertasnya salah sasaran, kamu bisa mulai mengenali dulu jenis-jenis kertas yang biasanya dipakai menjadi kertas untuk membuat undangan. Yuk kita simak bersama!

1. Namanya seperti putri Disney, kertas Jasmine memiliki tekstur yang bergliter. Meski cantik tapi ada sedikit kekurangannya

Kertas jasmine bagian merah via www.etsy.com

Kertas ini biasanya tidak direkomendasikan untuk digunakan jika prosesnya pencetakan karena tekstur yang dimiliki membuatnya tak mudah menyerap tinta. Kertas ini akan memiliki waktu yang cenderung lama untuk kering. Namun, menurut laman U Print, kertas ini bisa digunakan jika menggunakan teknik bernama emboss atau deboss. Jadi, kamu tetap bisa mendapatkan undangan cantik dengan kertas ini.

Kertas ini juga bisa lo dipakai sebagai cover seperti pada gambar

Advertisement

2. Kertas Concorde biasanya digunakan untuk membuat kartu nama atau sertifikat, tapi kini kertas ini juga dipakai untuk membuat undangan

Kertas concorde via www.bukalapak.com

Kertas ini memiliki ciri khas berupa permukaan yang penuh serat garis tak beraturan. Jika ingin membuat undangan dari kertas yang satu ini, kamu bisa memilih kertas Concorde yang tebal. Akan tetapi, biasanya kertas ini akan menimbulkan bekas seperti patah-patah saat dilipat.

3. Art Paper biasanya dipakai untuk membuat kalender dinding, tapi biasa juga digunakan sebagai isi undangan dengan hard cover

Art paper bagian dalam via www.sennurnikahsekerleri.com

Art Paper biasanya memiliki permukaan yang licin. Jika kamu memiliki kalender dinding yang mengkilap, mungkin saja kalender tersebut dibuat dengan kertas yang satu ini. Undangan selain dipakai untuk menuliskan isi, bisa juga kok digunakan sebagai pelapis hard cover undanganmu.

4. Mirip dengan kertas Art Paper, kertas Art Carton memiliki tekstur yang sedikit lebih tebal

Art carton via undangan123.com

Karena lebih tebal daripada kertas Art Paper, kertas yang satu ini tak perlu dibungkus lagi dengan hard cover. Kamu bisa memanfaatkan satu lembar saja kertas ini untuk membuat sebuah undangan yang cantik. Untuk contohnya, kertas ini biasanya juga dibuat untuk product tag.

Advertisement

5. Kertas Matt Paper juga memiliki kemiripan dengan Art Paper, namun ada beberapa perbedaannya

Matt paper via theroyalwo.com

Meskipun terlihat mirip dengan Art Paper jika dilihat sekilas, Matt Paper tidak memiliki warna dan tekstur yang glossy atau mengkilap sehinga akan lebih cepat menyerap tinta. Karena hal itulah, kertas ini sering juga digunakan sebagai kertas undangan pernikahan.

6. Mungkin kamu sudah tak asing dengan kertas ivory. Kertas ini sangat cocok dipakai untuk membuat undangan dengan desain-desain yang cantik

Matt paper via uprint.id

Kertas ini merupakan perpaduan antara beberapa jenis kertas yang lain seperti Art Paper, Art Carton, dan Matt Paper. Selain cocok dipakai sebagai bahan untuk poster, kamu bisa mencetak desain-desain yang penuh warna dan gambar untuk undangan pernikahanmu yang cantik.

Sekarang selain mendapatkan desain yang lucu, kamu juga bisa menentukan kertas yang mana yang akan kamu pilih demi undanganmu yang cantik sempurna. Jadi, tak perlu takut lagi memesan undangan secara online.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE