Hampir semua orang memiliki pernikahan impian, tapi beberapa yang lainnya mungkin masih bingung pernikahan seperti apa sih yang sebaiknya dipilih agar hari istimewa semakin tak terlupakan. Sebelum menentukan tema yang lebih spesifik, kamu dan pasangan sebaiknya menentukan terlebih dahulu mau menikah secara adat alias tradisional atau secara internasional karena masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Jika kamu masih bingung mau pilih yang mana, sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa hal ini.

1. Pernikahan dengan tema adat mungkin terkesan ribet, tapi setiap prosesinya punya makna yang bisa jadi sekaligus doa

Prosesi pernikahan Jawa via www.seputarpernikahan.com

Indonesia terdiri dari berbagai suku yang memiliki adat dan tradisi yang berbeda-beda, termasuk dalam hal melaksanakan pernikahan. Prosesinya cenderung lebih banyak daripada di pernikahan dengan tema internasional. Tapi biasanya prosesi demi prosesi yang dilalui ini sarat akan makna, bahkan biasanya berisi doa-doa untuk pernikahanmu ke depannya.

2. Kalau kamu dan pasangan ingin pernikahan yang lebih santai, pernikahan internasional mungkin akan lebih cocok untukmu

Pernikahan tema internasional via www.idntimes.com

Advertisement

Pernikahan dengan tema internasional biasanya memiliki suasana yang lebih santai. Kamu nggak perlu menyiapkan terlalu banyak hal untuk serangkaian prosesi seperti di pernikahan adat. Make-up dan gaun yang kamu pakai pun bisa kamu sesuaikan dengan keinginan, mau glamor atau minimalis. Pun rambut yang bahkan bisa kamu uraikan begitu saja.

3. Saat menikah secara tradisional padahal keluarga memiliki latar belakang berbeda, pastikan tidak ada yang rewel pada adat mana yang dipilih

Dua-duanya sekaligus via www.weddingku.com

Jika keluarga kedua calon mempelai berasal dari adat yang sama mungkin kamu nggak akan kesulitan memilih adat mana yang akan dipakai, namun jika memiliki dua adat yang berbeda pastikan adat yang dipilih sudah sesuai pembicaraan bersama. Mau pilih satu saja atau jutsru dua-duanya. Tapi, kalau memilih dua-duanya kemungkinan besar bujet akan menjadi dua kali lipat. Sedangkan tema internasional lebih fleksibel.

4. Makanan juga bisa jadi bahan pertimbangan, kamu dan tamu lebih suka makanan tradisional atau yang kebarat-baratan?

Catering masakan tradisional via www.goodnewsfromindonesia.id

Makanan yang ada di pernikahanmu juga menjadi salah satu yang akan meninggalkan kesan. Dua-duanya mungkin sama-sama menarik. Dengan tema tradisional, kamu bisa sekaligus memperkenalkan makanan yang menjadi tradisi di daerahmu, tamu yang jarang mencoba akan senang dan penasaran. Sedangkan di tema internasional makanannya biasanya kebarat-baratan. Salah satu yang menjadi ikon di pernikahan internasional adalah kue pengantinnya.

5. Yang paling krusial untuk dipertimbangkan biasanya adalah bujet. Kira-kira salah satunya bisa lebih hemat nggak ya~

Kembali ke dana~ via www.today.com

Advertisement

Ternyata baik menikah secara tradisional ataupun internasional, bujetnya nggak selisih terlalu banyak kok. Dua-duanya bisa disesuaikan dengan bujet yang kamu punya. Tapi biasanya pernikahan internasional lebih sering dilaksanakan di hotel daripada di gedung biasa yang membuat bujetnya menjadi lebih banyak.

Mau menikah secara tradisional maupun internasional nggak masalah, asal sudah sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak dan pertimbangan yang matang. Baru setelah itu kamu bisa mempertimbangkan untuk konsep yang lebih spesifik. Intinya, apapun gaya pernikahanmu yang pentingĀ happy dan sesuai bujet. Setuju?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya