Viral Pernikahan Irit Plus Bisa Bulan Madu ke Korea. Serunya, Persiapan Mereka Sebulan Doang!

pernikahan hemat

Menikah dengan bujet sesuai yang direncanakan serta mendapat hasil yang memuaskan mungkin menjadi idaman kebanyakan orang. Baru-baru ini seorang pengguna Twitter dengan akun @clarissca atau bernama asli Clarissa Pratiwi membagikan kisah pernikahannya melalui sebuah utas yang kemudian menjadi viral. Pasalnya, pernikahan ini digelar di Bogor dengan bujet Rp80juta sudah termasuk semuanya. Setelah menikah pun Clarissa dan suami masih bisa berbulan madu ke Korea.

Jika kamu penasaran bagaimana ia mendapatkan vendor-vendor pilihannya dengan bujet yang sudah tertera, kamu bisa membaca penjelasannya di bawah ini. Simak sampai habis ya!

1. Pernikahan ini tidak digelar di rumah, namun ternyata ada pertimbangan sendiri yang membuatnya justru menjadi lebih murah

Venue acara/ Credit: Clarissca via twitter.com

Advertisement

Acara ini digelar di Bogor. Biasanya venue yang strategis memiliki harga sewa yang mahal, sehingga acara pernikahan ini digelar di Club House Arga Padma Nirwana dengan harga super murah, yaitu Rp4juta saja. Hal ini dinilai lebih hemat karena jika pesta digelar di rumah maka perlu mengundang warga RT 1 hingga RT 3 yang mana akan membengkakkan bujet tentunya. Trik lainnya adalah bahwa venue ini hanya 10 menit dari rumah masing-masing sehingga menghemat biaya hotel karena tak perlu menginap.

2. Wedding Organizer yang digunakan pun sudah cukup lengkap dengan vendor-vendor yang ditawarkan

Dua keluarga menjadi satu/ Credit: Clarissca via twitter.com

Ia menggunakan jasa Rina Rahmadi Project yang mana sudah termasuk MC, katering, band akustik, make-up dan busana yang dipakai saat akad serta resepsiĀ  untuk pengantin sendiri, 4 orang tua, dan 4 pagar ayu. Semua ini didapatkan di angka Rp65juta.

3. Katering yang dipakai adalah Blessings Catering yang mana masih satu paket dengan jasa WO yang digunakan

Hari bahagia~/ Credit: Clarissca via twitter.com

Harga termurah jika tidak tergabung dengan paket adalah Rp55.000,00 per porsinya. Katering yang dipilih untuk pernikahan ini adalah nasi putih, nasi goreng oriental, capcay, ayam kungpao, daging lada hitam, gurame asam manis, sop kimlo, dan asinan buah. Menu ini direkomendasikan oleh WO yang sebelumnya memberi tahu mana menu yang enak dan biasa saja.

Advertisement

Clarissa juga memberi tips bahwa jangan hanya menghitung katering dari undangan saja tapi juga setiap orang sedetail mungkin. Jadi, tidak ada kasus kekurangan.

4. Pernikahan ini ternyata hanya disiapkan satu bulan lo. Sehingga mencari baju yang sesuai keinginan agak sulit juga

Make-up dan baju dapat h-1 bulan/ Credit: Clarissca via twitter.com

Baju serta make-up pengantin diberikan oleh Shelo. Karena waktu persiapan yang singkat, pilihan baju yang sebenarnya ada banyak, sudah banyak pula yang mem-booking. Untungnya Clarissa mendapatkan pakaian yang sreg untuk dipakai saat hari-H.

5. Mas kawin adalah sesuatu yang penting saat pernikahan. Di sini keinginannya adalah tak memberatkan calon suami tapi orang tua tetap merasa dihargai

Cincin kawin/ Credit: Clarissca via twitter.com

Saat melamar, calon mempelai laki-laki sudah membawa mas kawin berupa cincin seberat 5 gram dengan harga Rp2,5juta. Saat acara pernikahan, ditambah lagi cincin emas seberat 5 gram lagi sehingga totalnya 10 gram dengan harga Rp5juta.

6. Selain mas kawin, seserahan juga menjadi sesuatu yang biasanya dibawa calon suami. Tak harus mahal, kalau bisa yang terpakai

Seserahan/ Credit: Clarissa via twitter.com

Seserahan ini terdiri dari beberapa barang yang biasanya akan sering dipakai, yaitu:

  • Tas Rp350.000,00
  • Sepatu heels Rp350.000,00
  • Baju tidur satu set sekitar Rp200.000,00
  • Make-up Rp600.000,00
  • Peralatan mandi Rp450.000,00

Kotak seserahannya dibeli di pasar dengan harga Rp200.000,00 berisi 5 kotak. Setelah tawar menawar, 5 kotak ditambah sebuah kotak cincin didapatkan dengan harga Rp230.000,00. Sehingga jika dibulatkan, harga yang dibayar adalah sebesar Rp2,2juta.

7. Beberapa undangan tidak dikirim secara fisik, tapi melalui aplikasi mengiriman pesan. Dibuatnya pun bisa sendiri dengan aplikasi yang lain!

Undangan bikin sendiri/ Credit: Clarissca via twitter.com

Undangan ini dibuat menggunakan aplikasi Canva. Di sana ada beberapa desain yang bisa digunakan dan tinggal otak atik sendiri saja. Ia juga hanya mencetak 250 undangan dengan harga satuan Rp8.000,00. Namun, undangan yang seharusnya berharga Rp2juta, bisa didapatkan dengan harga Rp1,75juta.

8. Sahabat-sahabat yang diminta untuk menjadi bridesmaid dibekali dengan kain yang dibeli dengan harga kurang dari Rp1juta

Bridesmaid paket hemat/ Credit: Clarissca via www.instagram.com

Untuk memberikan bahan busana bridesmaid ini, uang yang dipakai adalah sebanyak Rp800.000,00 dikumpulkan dari uang jajan sang mempelai perempuan. Terlihat kompak kan?

Untuk suvenir, Clarissa dibantu oleh mama karena semua biaya pernikahan murni dari uang miliknya dan pasangan, sehingga sang mama ingin bantu andil juga. Terakhir, ia juga berpesan bahwa jika memiliki bujet Rp100juta, tak harus dipakai semua kok apalagi sampai utang. Kan lumayan sisanya masih bisa dipakai untukĀ  jalan-jalan.

Bujet Rp80juta mungkin bujet yang cukup bagi pasangan ini, tapi mungkin juga berbeda untuk pasangan lain yang bisa menghabiskan miliaran tapi merasa biasa saja atau bujet kurang dari Rp50juta tapi merasa sudah cukup mahal. Intinya, inspirasi ini bisa kamu pertimbangkan jika bujetmu serupa. Sesuai kemampuan saja~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE