Acara pernikahan itu mahal! Makanya kamu perlu mikir bener – bener ketika kamu memutuskan untuk menikah. Salah satu hal yang harus bener-bener kamu pertimbangkan ketika menikah adalah memilih tema acara di hari pernikahanmu. Pastinya semua cewek ingin menikah dengan dekorasi yang paling cantik dan sesuai dengan keinginannya. Tapi apa daya karena terkadang pernikahan membutuhkan banyak dana terutama kalau kamu banyak maunya. Untungnya budget pernikahan selalu bisa kamu akalin. Salah satu tema yang bisa menekan budget acaramu adalah pernikahan yang bertemakan outdoor.

Salah satu tempat yang paling lucu untuk dijadikan venue menikah adalah peternakan atau perkebunan. Oleh karena itu sekarang lagi sering-seringnya kita melihat tema outdoor farm wedding. Hari ini Hipwee mau kasih kamu sedikit inspirasi tentang pernikahan bertemakan outdoor farm wedding yang bisa banget menghemat budget pernikahan kamu. Cek yuk!

Nggak perlu uang sewa gedung, menikah di halaman terbuka justru lebih indah, apalagi kalau di sebuah perkebunan yang lucu!

outdoor wedding via www.instagram.com

(kredit: Wulan Yeni)

altar pernikahan cantik ala outdoor! via www.instagram.com

Advertisement

Outdoor farm wedding adalah salah satu alternatif tema pernikahan yang nggak cuma lucu tapi juga hemat biaya. Kita semua tahu bahwa segala macam yang ada di perkotaan pasti mahal. Nyewa gedung untuk pernikahan itu nggak akan murah, makanya mending kamu nyewa halaman terbuka yang pastinya bakalan lebih murah tapi nggak kalah cantik sama gedung yang megah itu. Bahkan halaman terbuka seperti perkebunan atau peternakan akan menjadi kanvas kosong yang bisa kamu dekorasi sesuai selera. Contohnya adalah pernikahan outdoor serba putih seperti yang di atas ini.

Pernikahan di atas mengusung tema serba putih dimana kursi tamu pun diselimuti oleh kain satin putih yang terlihat megah. Jalan altarnya pun ditaburi dengan kelopak bunga mawar putih yang membuat suasana tidak hanya romantis tapi juga suci dan bersih. Bagaikan taman eden, tema pernikahan yang satu ini bakalan bikin acaramu tak terlupakan!

Atau kamu juga bisa melakukan resepsi pernikahan di dalam kandang atau lumbung padi!

lumbung yang disulap jadi gedung pernikahan! via www.heartloveweddings.com

kandang sapi yang disulap menjadi gedung pernikahan via www.deerpearlflowers.com

romantis dan intim via www.confettidaydreams.com

Karena temanya perkebunan, kamu bisa menggunakan tumpukan-tumpukan jerami sebagai kursi dan meja, bebas biaya sewa furnitur!

kursi tamu dari jerami via www.inspiredbythis.com

tinggal pakai papan dan jerami untuk tempat duduk saat upacara pernikahan! via indeeddecor.com

Sewa kursi dan meja untuk pernikahan kamu mungkin jadi salah satu hal yang memakan biaya. Tentunya kamu bisa mengganti perabot-perabot tersebut dengan yang tersedia di kebun atau pertanian yaitu jerami atau ilalang. Jerami-jerami atau ilalang kering dapat ditumpuk dan dijadikan furnitur-furnitur lucu baik sebagai meja maupun kursi. Lucu kan?

Biar tambah lucu, coba deh ganti perabot porselenmu dengan perabot pedesaan seperti mason jar dan piring kayu.

pakai piring kayu lucu juga deh! via www.bradaustin.com

Agar nuansa pernikahan kamu semakin menyatu dengan tempat sekitar, coba deh ganti perabot-perabot keramik kamu dengan yang lebih lucu seperti piring kayu. Selain menyatu dengan pedesaan dan perkebunan, mereka juga membuat pernikahan kamu terlihat unik dan beda. Tentunya mereka juga akan jauh lebih murah daripada pperabot-perabot yang terbuat dari keramik,

Dekorasi lampion-lampion atau lampu minyak khas pedesaan membuat suasana nikahan kamu khusyuk dan romantis!

lampu minyak bikin romantis! via www.tulleandchantilly.com

Untuk mengusung tema pernikahan kebun atau taman, kamu nggak perlu lampu-lampu yang terlalu megah meskipun pernikahan kamu diselenggarakan malam hari. Kamu bisa mengganti lampu-lampu yang mahal itu dengan lampu lampion atau lampu minyak. Selain memberikan nuansa khas pedesaan, lampu minyak dan lampion memiliki nuansa yang jauh lebih romantis dan intim. Pernikahan kamu seakan-akan terlaksana dengan jauh lebih khusyuk.

Karena kamu sedang di alam, makeup yang natural pun adalah wajib. Hemat di biaya MUA kan?

makeup yang natural via www.stylemepretty.com

sedikit makeup namun tetap cantik! via ruffledblog.com

Makeup yang paling cocok dengan pernikahan tema kebun atau taman adalah makeup yang natural dan terlihat alami. Kamu tidak perlu memakai makeup yang terlalu menor karena yang paling penting kamu terlihat fresh di tengah-tengah alam. Dengan makeup yang minimalis seperti contoh diatas, kamu bisa menghemat biaya MUA.

Gaunnya pun nggak harus megah, memakai gaun sederhana ala bohemian bakalan lebih cantik!

gaun pengantin yang simpel via whimsicalwonderlandweddings.com

gaun simpel dan penuh renda via www.luulla.com

Kalau kamu mengusung tema pernikahan outdoor ala kebun atau taman, memakai gaun yang terlalu megah justru akan bikin kamu salah kostum. Tentunya di udara yang panas kamu butuh pakaian yang dingin, oleh karena itu akan lebih baik apabila kamu memakai gaun tipis dengan renda-renda ala bohemian seperti gaun-gaun di atas. Selain cantik dan menyatu pada alam, kamu pun terlihat lebih sederhana tanpa menghilangkan esensi pentingnya hari pernikahan kamu!

Suvenir produk lokal bisa jadi alternatif yang lucu daripada suvenir-suvenir biasa.

selai untuk suvenir? yummy! via ruffledblog.com

tanaman bumbu untuk suvenir via www.intimateweddings.com

Suvenir macam kipas, asbak, atau tempat tisu rasanya sudah terlalu mainstream untuk dijadikan buah tangan pernikahan. Agar acara kamu lebih menarik, coba deh menggabungkan bahan-bahan atau produk-produk lokal di kebun tersebut ke pernikahan kamu. Contohnya, kamu bisa menjadikan selai stroberi sebagai suvenir pernikahan kamu ketika kamu melakukan pernikahan di kebun stroberi. Atau kamu juga bisa menjadikan tanaman-tanaman bumbu seperti oregano dan rosemary sebagai suvenir.

Nah, buat kamu yang sedang mencari tema pernikahan yang beda, tema yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan yang pas. Tentunya banyak hal yang harus kamu pertimbangkan ketika memutuskan untuk menikah. Menikah itu bukan hal yang gampang dan kamu harus berhati-hati dalam menentukan segala macam yang berhubungan dengan hari besarmu itu. Tentunya hal tersebut bukan berarti pernikahan harus mahal. Mengusung tema pernikahan yang seperti inipun relatif akan menjadi lebih murah tanpa mengorbankan keindahan hari perikahan kamu!