8 Tips Rahasia Nikah Super Hemat ala Warganet. Sudah Teruji nih, Berhasil Amankan Bujet!

tips nikah murah

Banyak yang beranggapan bahwa menikah selalu menghabiskan biaya yang sangat mahal. Makanya, banyak pasangan yang akhirnya menunda-nunda atau terpaksa berutang demi terlaksana pesta seperti yang diimpikan (tetangga). Jika tidak banyak  melakukan riset, bisa-bisa biaya ini akan semakin meroket. Tapi, untuk mendapatkan harga terbaik, sekadar melakukan riset dan perbandingan saja ternyata belum cukup lo, kamu masih perlu melakukan berbagai trik.

Advertisement

Melalui berbagai kisah pernikahan viral dan pengalaman beberapa orang, Hipwee Wedding berhasil mengumpulkan berbagai tips nikah murah untuk mengamankan bujet pernikahanmu. Apa saja nih rahasianya, kok bisa menikah hemat bujet?

1. Harga gedung atau venue untuk menikah semakin ke sini semakin mahal, jika tak ingin menggelar resepsi di rumah ada trik untuk dapat harga yang lebih murah

Pilih venue yang masih baru/ Credit: Harpers Bazaar via www.harpersbazaar.com

Dengan menjanjikannya bisnis penyewaan untuk menggelar berbagai acara termasuk pernikahan, banyak pula orang yang memilih bisnis ini dan membangun salah satu venue-nya. Sehingga, kamu bisa memanfaatkan jika ada gedung baru dengan cara menggelar pernikahanmu di sana. Biasanya gedung atau tempat baru ini akan menawarkan harga yang lebih murah karena masih dalam periode promo.

2. Selain gedungnya, start up wedding organizer juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapat harga miring. Tapi, jangan lupa hati-hati ya

WO-nya yang masih baru/ Credit: Bridestory via www.bridestory.com

Memiliki konsep yang sama dengan gedung baru, wedding organizer yang masih merintis juga biasanya memberikan promo-promo tertentu. Tapi, jangan langsung mengiyakan saat mendapatkan harga yang murah. Kamu tetap harus kroscek dan membuat perjanjian agar tak berisiko untuk ditipu. Pastikan juga untuk datang ke kantor dan melakukan tes-tes sebelumnya seperti tes make-up dan makanan.

3. Agar tidak kesulitan mendapatkan gedung, belum lagi harga yang dipatok terlalu mahal, kamu bisa mempertimbangkan waktu pelaksanaan menikahmu

Sudah fully booked via www.grandkarunia.com

Menggelar resepsi di musim pernikahan  berarti harus bersaing dengan pasangan lainnya untuk mendapatkan vendor-vendor yang dibutuhkan. Sehingga harganya pun biasanya akan di puncak. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa mempertimbangkan menikah di tanggal-tanggal yang sepi pernikahan. Bahkan, alih-alih menggelar di akhir pekan, jika mau kamu juga bisa menggelarnya di hari kerja.

4. Biasanya vendor akan memberikan harga yang lebih murah jika kamu memilih satu paket dengan vendor yang lain

Vendor makanan sekaligus dekorasi/ Credit: Aertston Hotel via www.aertsonhotel.com

Misalnya jika ada gedung yang juga menyediakan jasa katering, kamu bisa menggunakan jasanya karena harganya akan lebih murah. Belum lagi, jika kamu menggunakan vendor katering dari luar, pihak gedung biasanya akan memberikan tambahan biaya.

5. Yang satu ini mungkin sudah rahasia umum dan banyak diterapkan, yaitu perihal pembuatan undangan

Bagus juga sih dicetak tapi boros/ Credit: Sweet Letters via www.sweetletters.com.au

Dengan adanya bantuan teknologi, saat ini membuat desain hingga mengirim gambar bisa dilakukan sendiri. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto dan mendesain undanganmu sesuai selera. Apalagi sekarang banyak yang video juga sehingga lebih menarik. Setelahnya, kamu tak perlu menyetak undangan untuk semua tamu. Jika memungkinkan kamu bisa kok mengirimkannya melalui aplikasi pesan saja.

Advertisement

6. Acara ini hanya dilakukan sekali, sehingga tak perlu semuanya dibeli. Pertimbangkan menyewa saja untuk hal-hal tertentu

Gaunnya nyewa aja/ Credit: Inside Wedding via www.insideweddings.com

Hanya karena ingin membuat acara ini berkesan, bukan berarti kamu harus membeli semua hal. Biasanya hal ini berkaitan dengan busana yang akan dipakai. Mungkin kamu bisa custom jika membuatnya sendiri, namun setelah itu bisa jadi tidak kamu gunakan kembali. Makanya alih-alih membeli, kamu bisa menyewanya saja.

7. Kamu juga bisa lo memanfaatkan temanmu untuk acara pernikahan. Namun agar sama-sama menguntungkan, jangan meminta harga teman

Memanfaatkan jasa teman/ Credit: ASTR via astr.tv

Jika memiliki teman yang juga merupakan salah satu vendor pernikahan, kamu bisa minta bantuannya. Temanmu mungkin akan menawarkan harga teman versinya sendiri tanpa kamu meminta, jadi ada baiknya kamu tak minta harga yang terlalu rendah karena dia juga bekerja. Keuntungan lainnya dari minta tolong teman ini, kamu lebih enak untuk berdiskusi dengannya dan kemungkinan besar dia adalah seseorang yang bisa dipercaya karena kamu sudah tahu kinerjanya sebelumnya.

8. Yang terakhir mungkin tak selalu bisa didapatkan, tapi kalau ada bisa kamu pertimbangkan. Hal ini adalah take over acara pernikahan

Tinggak datang aja/ Credit: Green Wedding Shoes via greenweddingshoes.com

Entah dengan alasan apapun, beberapa pasangan bisa tiba-tiba membatalkan pernikahan. Padahal semuanya sudah di-book bahkan ada yang lunas. Nah, biasanya mereka akan berpikir daripada dibatalkan dan kehilangan uang yang tak sedikit, mereka akan memilih menawarkan kepada pasangan yang akan menikah dengan potongan harga yang biasanya lumayan. Kamu bisa memanfaatkan momen ini, tapi tentu tetap dengan hati-hati.

Walau mungkin perbedaannya tak terlalu banyak, jika bisa mendapatkan potongannya dari banyak vendor, selisih yang ada akan sangat terasa. Jangan lupa juga, kamu bisa menikah dengan harga yang murah jika pernikahanmu digelar dengan sederhana.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE