6 Tradisi Unik dalam Upacara Pernikahan di Irlandia. Ada Tradisi Mengikat Tangan Pengantin!

Tradisi pernikahan di Irlandia

Pernikahan menjadi momen sakral sekaligus momen yang diharapkan hanya berlangsung satu kali seumur hidup. Maka dari itu, banyak yang merencanakan pernikahan sebaik mungkin dari segi dekorasi hingga acara. Di Indonesia sendiri, pernikahan biasanya turut diwarnai dengan sejumlah tradisi adat khas daerah asal masing-masing pengantin. Ternyata tradisi tersebut juga terdapat di luar negeri lo, yaitu di negara Irlandia.

Advertisement

Irlandia juga memiliki beberapa tradisi unik saat upacara pernikahan yang masih dilakukan dan dilestarikan hingga saat ini. Penasaran kan kira-kira tradisi unik apa aja sih yang ada di sana? Yuk simak ulasan selengkapnya di sini~

1. Pertama, ada tradisi mengikat tangan pengantin saat upacara pernikahan sebagai simbol persatuan dan komitmen keduanya

Tradisi mengikat tangan pengantin | Credit via Wedding Wire

Handfasting atau ikatan tali pada tangan adalah sebuah ritual sejak zaman Celtic kuno. Tradisi ini biasanya dilakukan pada saat sebelum acara pertukaran cincin yang diawali dengan genggaman tangan antara pengantin, lalu sang pendeta akan melilitkan pita ke kedua tangan pengantin. Selanjutnya, kedua pengantin akan mengucapkan sumpah pernikahan yang dipandu oleh pendeta.

Tradisi mengikat tangan pengantin ini ternyata memiliki makna persatuan dan komitmen kedua mempelai pengantin lo. Dengan ikatan tali tersebut, secara nggak langsung kedua pengantin telah berjanji untuk selalu bersama dan bersatu dalam pernikahan. Pita yang digunakan untuk melakukan tradisi ini juga nggak terpaku hanya satu warna saja, kamu bisa memadukan dengan dekorasi pernikahanmu.

Advertisement

2. Para orang tua pengantin wanita di Irlandia biasanya akan memberikan saputangan dari bahan linen kepada sang putri

Saputangan berbahan linen | Credit via etsy.com

Beberapa orang tua mempelai wanita Irlandia akan memberikan sebuah saputangan kepada sang putri pada hari pernikahannya. Pengantin wanita biasanya menjadikan saputangan tersebut menjadi kain pelapis pada buket bunga pernikahannya. Selain menjadi kain pelapis, biasanya saputangan ini hanya digenggam oleh pengantin wanita untuk membasuh air mata saat upacara pernikahan yang sakral berlangsung.

Setelah hari pernikahan, biasanya sang putri tetap menyimpan saputangan tersebut untuk nantinya digunakan sebagai topi untuk pembaptisan anak pertama mereka. Wah, tradisi ini bisa banget nih diadaptasi karena bisa memberikan barang yang unik sekaligus penuh makna kepada sang anak kelak.

3. Para pengantin di Irlandia juga kerap menggunakan cincin Claddagh dengan simbol telapak tangan yang memegang hati dan mahkota

Advertisement

Cincin Claddagh | Credit via Wedding Wire

Jika di negara lain para pengantin mulai mendesain cincin pernikahannya semodern mungkin, para pengantin di Irlandia justru mengenakan cincin pernikahan dengan desain yang khas dengan budaya zaman dulu. Cincin Claddagh telah menjadi bagian dari tradisi di Irlandia yang berusia 400 tahun. Cincin ini memiliki desain yang menggambarkan dua tangan memegang hati dengan mahkota.

Eitss, jangan salah, meski terkesan jadul, cincin ini ternyata melambangkan cinta, kesetiaan, dan persahabatan lo. Selain untuk cincin pernikahan, biasanya motif cincin ini juga menjadi cincin acara pertunangan. Selain motif Claddagh, cincin dengan tanda salib khas bangsa Celtic juga menjadi salah satu tradisi pernikahan Irlandia yang diminati oleh pasangan pengantin modern.

4. Gaun pengantin berwarna biru juga menjadi pakaian pernikahan khas dari Irlandia

Photo by Kayla Koss on Unsplash

Jauh sebelum warna biru tua menjadi warna yang khas untuk pernikahan bertema bohemian, pengantin di Irlandia telah mengenakan gaun pengantin berwarna biru. Melansir dari laman Brides, warna biru juga dianggap sebagai keberuntungan bagi pengantin, karena merupakan warna kesetiaan dan melambangkan komitmen pengantin wanita kepada suaminya.

Bagi kamu yang pengin mengusung busana dengan konsep yang sedikit berbeda, mungkin gaun pengantin berwarna biru seperti pengantin di Irlandia bisa menjadi referensi untukmu.

5. Sebelum acara pernikahan, pengantin pria akan makan daging angsa bersama dengan keluarga mempelai pengantin wanita

Photo by Valiant Made on Unsplash

Setelah acara tunangan atau malam sebelum acara pernikahan, biasanya calon pengantin pria akan makan daging angsa bersama dengan keluarga pengantin wanita. Tradisi makan daging angsa ini dianggap sebagai kesepakatan bahwa calon pengantin pria akan benar-benar menikahi putrinya. Untuk kamu yang nggak harus menjalani tradisi pingitan, acara makan malam bersama sebelum acara pernikahan ini juga bisa kamu sontek lo untuk saling bercerita dan mempersiapkan hari bahagia bersama.

6. Masyarakat di Irlandia percaya jika tapal kuda bisa membawa keberuntungan sehingga biasanya dekorasi pernikahannya turut dihiasi ornamen tapal kuda

Dekorasi tapal kuda | Credit via etsy.com

Di Irlandia, tapal kuda dianggap sebagai simbol keberuntungan, maka dari itu banyak pengantin di Irlandia yang memasukkan unsur tapal kuda ke dalam dekorasi pernikahannya. Para pengantin memasukkan unsur tapal kuda agar acara pernikahannya dilimpahi dengan keberuntungan. Biasanya ornamen tapal kuda ini bisa menjadi souvenir bagi para tamu atau menjadi hiasan di lokasi pernikahan.

Nah itu dia sederet tradisi pernikahan unik yang berasal dari Irlandia. Bagi kamu yang tertarik untuk mengadopsi tradisi unik ini, kamu bisa memasukkannya ke dalam acara pernikahanmu.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE