5 Tren Konsep Pernikahan Tahun 2020, Memasukkan Sentuhan Personal Hingga Ramah Lingkungan

Tren pernikahan 2020

Tahun 2019 sudah hampir habis, namun jika ingin menikah tahun depan kamu masih bisa kok mempersiapkannya dari sekarang. Akan tetapi, kamu mesti tahu dulu konsep pernikahan apa yang tahun ini sudah hits atau justru yang sudah basi. Kamu juga perlu tahu tren baru apa saja yang akan menjadi primadona di tahun 2020 nanti agar acaramu tetap berkesan.

Advertisement

Kabar baik dari tren pernikahan 2020 sebenarnya terletak pada kesannya yang personal sehingga kamu sebenarnya bebas memilih konsep pernikahan apa saja sesuai dengan kepribadian antara kamu dan pasangan. Namun demikian, tetap ada konsep-konsep pernikahan yang menjadi tema besar tahun depan. Kita simak yuk apa saja!

1. Tahun 2020 akan semakin banyak yang sadar dengan kelangsungan alam, termasuk dalam konsep pernikahan sekalipun

Pernikahan ramah lingkungan/ Credit: greenacreswoodlandweddings via www.greenacreswoodlandweddings.co.uk

Gerakan cinta alam diwujudkan dalam banyak hal termasuk pernikahan. Banyaknya tamu yang diundang sering membuat sampah yang tertinggal pun sama banyaknya. Makanya akan ada gerakan yang menggunakan plastik seminimal mungkin mulai dari dekorasi hingga suvenir. Sebagai ganti, barang-barang yang bisa didaur ulang atau lebih ramah lingkungan akan semakin banyak digunakan. Suvenir sedotan dari kayu hingga pemilihan venue yang dekat dengan alam juga akan banyak dipilih.

2. Akan semakin banyak bunga yang digunakan di pernikahan tahun depan, tak hanya sebagai buket saja lo

Monokromatik/ Credit: chameleonchair via chameleonchair.com

Jika bunga-bunga biasanya digunakan untuk banyak tema termasuk tema rustic, tahun depan bunga ini akan digunakan sebagai hiasan untuk membentuk sebuah tekstur dan bentuk dalam warna monokromatik. Bahkan bunga-bunga ini juga dimasukkan ke dalam unsur makanan maupun minuman lo. Sejalan dengan konsep pernikahan yang sebelumnya yaitu ramah lingkungan, bunga-bunga yang digunakan pun bunga kering yang bisa digunakan beberapa kali atau bunga liar dan bunga musiman.

Advertisement

3. Konsep tradisional tetap akan berjaya di tahun depan walau sudah ada banyak konsep yang lebih modern

Pernikahan tradisional/ Credit: Pinterest via id.pinterest.com

Konsep yang satu ini merupakan salah satu pilihan yang tak lekang oleh waktu. Walau serangkaian prosesi yang panjang pada beberapa tradisi tak selalu dilaksanakan, namun beberapa di antaranya masih dilakukan saat resepsi. Pun, make-up yang diterapkan merupakan make-up yang lebih natural walau berkonsep tradisional. Banyak juga yang menggelar pernikahan dengan konsep modern heritage yang mana menggabungkan prosesi ttradisional dengan dekorasi bertema internasional.

4. Seperti yang sudah diawali di tahun ini, pernikahan intimate masih akan menjadi tren dan hal yang biasa pada kalangan milenial

Intimate wedding/ Credit: U2.MX via u2.mx.tl

Walau generasi boomers masih banyak yang menganggap konsep pernikahan intimate ini bukan hal yang umum, namun banyak pula terselenggara pernikahan dengan tema yang satu ini. Undangan yang minim memang membuat tamu undangan sedikit, namun biasanya jamuan yang disediakan memiliki standar yang lebih tinggi. Berbagai hal yang berakaitan dengan pernikahan ini juga biasanya bersifat lebih personal, mulai dari undangan dengan font tulis tangan hingga suvenir yang di-custom yang menunjukkan ciri khas pengantin.

5. Statement lighting akan menjadi salah satu tema yang menyolok di tahun 2020 selain yang berhubungan dengan bunga

Advertisement

Statement lighting/ Credit: littlepineapple via www.littlepineapple.com.au

Saat ini tulisan neon berisi nama pengantin sudah banyak diterapkan, namun tahun depan permainan cahaya lampu untuk membangun mood di pernikahan akan semakin banyak dipilih. Lampu yang digantung, sign dari LED, atau bahkan lampu chandelier pun akan banyak diterapkan di pernikahan yang digelar di dalam ruangan seperti gedung pernikahan. Lampu-lampu gantung berwarna kuning juga akan banyak diterapkan di pernikahan luar ruangan.

Itu dia beberapa konsep besar yang bisa kamu terapkan dan akan menjadi tren di tahun 2020 mendatang. Namun, kamu bisa juga kok berkreasi sekreatif mungkinĀ  dan mempersonalisasi pernikahan sesuai dengan yang kamu dan pasangan inginkan.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE