8 Tren Undangan Nikah di Tahun 2020. Bakal Lebih Murah Apa Makin Mahal dan Ribet nih?

tren undangan 2020

Tren pernikahan di tahun 2020 adalah pernikahan yang dekat dengan alam dan fokus pada hal-hal yang bersifat personal. Hal ini berlaku di berbagai elemennya, mulai dari konsep besar pernikahan itu sendiri hingga elemen detail seperti pada undangan. Semakin canggihnya teknologi dan berkembangnya krativitas manusia, undangan pun semakin beragam. Namun, tak melulu yang bersifat glamor, undangan yang minimalis juga tetap menjadi primadona di tahun 2020.

Advertisement

Ternyata tren membagikan undangan yang dicetak dan dibagikan secara konvensional masih tak semudah itu digantikan undangan online lo. Sehingga pemilihan kertas dan tinta masih juga menjadi salah satu fokus utama. Jika kamu penasaran bagaimana modelnya, kita simak yuk bersama!

1. Desain undangan pernikahan di tahun 2020 semakin kreatif. Mulai dari yang digambar sendiri hingga desain minimalis masih menjadi primadona

WWatercolor dengan font handwriting/ Credit: Elegant Wedding via www.elegantweddinginvites.com

Karena sifatnya yang personal, undangan dengan desain yang dibuat dengan gambar tangan juga akan menjadi sebuah pilihan yang banyak dipertimbangkan termasuk salah satunya adalah undangan watercolor. Namun demikian, konsep undangan minimalis dengan bentuk gambar-gambar geometris masih tak kalah populer di tahun mendatang.

2. Jika biasanya undangan berbentuk kotak biasa, tahun 2020 akan semakin beragam pemilihan bentuknya

Dipotong geometris/ Credit: Marry Me by Amoretti via www.marrymebyamoretti.co.uk

Bentuk undangan konvensional adalah persegi yang dilipat atau terdiri dari beberapa lembar. Meskipun masih banyak digemari, namun bentuk undangan akan semakin beragam di tahun 2020. Salah satu yang populer adalah bentuk geometris yang sudah disebutkan di atas.

Advertisement

3. Kertas Jasmine yang biasanya digunakan untuk membuat undangan pernikahan kini digantikan dengan berbagai bahan transparan

Kertasnya transparan/ Credit: Elegant Wedding Invites via www.elegantweddinginvites.com

Kertas yang kini menjadi tren adalah kertas tembus pandang seperti kertas kalkir. Jika kertas ini masih sedikit semi transparan, penggunaan akrilik yang benar-benar transparan juga menjadi salah satu yang populer tahun depan. Kekurangannya jadi tak bisa ditulis bolak-balik.

4. Jika biasanya ditutup penggunakan plastik saja atau sebuah tali, kini wax seal akan menjadi lebih banyak digunakan

Bisa kustom/ Credit: Make Me Happy Memories via www.makehappymemories.com

Undangan yang dilipat biasanya akan langsung dimasukkan ke plastik atau diikat menggunakan tali dan pita. Namun saat ini ada pilihan lain yang mulai banyak diterapkan hingga tahun depan yaitu pengaplikasian wax seal yang biasanya menggunakan stempel untuk menerapkannya.

5. Jika ingin memunculkan sisi glamor pada undangan, tambahan sesuatu yang berkilauan akan tak kalah sering diterapkan

Hanya hint/ Credit: Toast Wedding Invitation via www.toastweddinginvitations.co.uk

Kertas tipis yang berisi keterangan atau detail pelaksannaan pernikahan bisa ditempel ke sebuah kertas glitter yang akan menambah kesan mewah pada undanganmu. Walau selama ini sudah sering diterapkan, namun kini penggunaannya tidak secara berlebihan. Aplikasi kertas ini hanya sebagai sebuah hint.

Advertisement

6. Bukan hanya kertas yang dilipat lalu dibuka begitu saja, penggunaan amplop yang membuatnya lebih personal juga banyak diterapkan

Dimasukkan ke dalam amplop yang personal/ Credit: Pinterest via id.pinterest.com

Alih-alih membungkusnya dengan plastik transparan, untuk menambah kesan personal, undangan akan dimasukkan ke sebuah amplop yang di depannya diberikan sebuah nama penerima dengan font handwriting. Amplop ini nantinya bisa ditutup dengan wax seal atau dengan pita yang cantik.

7. Sebuah metode foil printing yang memungkinkan membuat tulisan berkilau akan sering diterapkan

Foil printing/ Credit: Oh So Beautiful Paper via ohsobeautifulpaper.com

Untuk menghasilkan tulisan yang seolah timbul dan berkilau, sebuah metode bernama foil printing pun sering dipilih. Metode ini nantinya juga akan membuat tulisanmu memiliki tekstur yang tidak didapatkan dari metode yang lain. Undangan dengan tulisan berwarna emas atau perak akan cocok dengan metode ini.

8. Tidak hanya yang dicetak, undangan online yang mulai dipilih juga menjadi salah satu tren di tahun 2020

Undangan online tapi tetap personal/ Credit: Brilliant Brides via www.brilliantbridal.com

Dengan berkembangnnya teknologi, pasangan yang akan menikah bisa mendesain undangan online sendiri, bahkan bisa juga dibuat dalam format video. Karena tren yang mendatang adalah personal, desainnya bisa disesuaikan dengan kepribadian pasangan.

Tren undangan 2020 yang semakin beragam akan membuat pasangan calon pengantin lebih mudah dalam menyesuaikan dan meletakkan kepribadian masing-masing ke sebuah halaman. Akhirnya sebuah undangan yang bersifat personal dan intim sudah siap untuk dikirim. Nah, soal biaya undangan semua tentu akan kembali ke bujet masing-masing. Kalau duitmu berlebih sih, mungkin nggak masalah pilih yang agak mahal dan ribet. Tapi kalau mau irit, pakai yang modelnya minimalis dan perbanyak versi digital juga tetap sip kok!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE