Teknologi yang makin canggih dipercaya membuat kualitas komunikasi dengan orang terdekat makin rendah. Salah satunya budaya mendongeng pada anak. Pada masa sekarang, kebanyakan orang tua lebih sibuk dengan gadgetnya. Parahnya, supaya si anak betah dan nggak banyak bertingkah, nggak sedikit orangtua yang menyogok anaknya dengan gadget.

Nah kali ini Hipwee mau mengajak calon-calon ibu dan ayah buat mengetahui manfaat mendongeng  pada anak-anakmu kelak sebelum mereka tidur. Simak yuk apa aja manfaatnya!

1. Menanamkan ingatan betapa berkesannya hidup sebagai anak ‘yang sesungguhnya’ di masa kecil

Hidup lebih berkesan via www.mindfulmum.co.uk

“Bu, Ibu mau dongeng apa malam ini?” tanyamu saat itu.

“Ibu mau dongeng si kancil yang suka mencuri ketimun ya,” jawab ibu dengan senyum tulusnya.

“Asikkk!” ucapmu dengan nada senang sambil merebahkan badan.

Bagi kamu yang masa anak-anak seperti itu, Hipwee yakin kamu masih punya ingatan bagaimana orangtuamu menemanimu sebelum tidur sambil mendongeng. Dinasihati secara halus, ditanya konklusi dari dongeng yang telah diceritakan, hingga dibimbing berdoa sebelum benar-benar tertidur. Kini, kamu pasti sadar begitu beruntungnya kamu memiliki masa kecil, dimana kamu merasakan jadi anak-anak yang semestinya.

Advertisement

Begitulah yang bakal tertanam pada anak-anakmu di masa depan jika rajin mendongeng padanya. Kedekatan itulah yang membuat mereka berpikir betapa beruntungnya memilik orangtua sepertimu.

2. Lewat dongeng, anak-anak jadi lebih mudah kalau diinstruksikan orangtuanya 

Nggak susah disuruh via i.ytimg.com

Hipwee yakin, beberapa dari kita pernah mendapatkan kebahagiaan seperti ini saat kecil. Sedikit banyak, kamu yang pernah didongengi oleh orangtua bisa mendapatkan banyak pelajaran. Mendongeng sebelum anak tidur dapat membantu orangtua menginstruksikan sesuatu kepada anak-anak. Jadi kalau susah disuruh, kamu bisa menakut-natutinya dengan tokoh yang nggak baik di cerita yang pernah kamu ceritakan.

 

3. Dongeng menumbuhkan rangsangan anak untuk terlibat ketika bergaul dengan dunia luar

Merangsan kepekaan anak ketika hidup bersosial via www.pkolino.com

“Komunikasi adalah keterlibatan,” begitulah bunyi salah satu prinsip tentang komunikasi. Dan menceritakan dongeng pada anak-anakmu adalah cara terbaik untuk menetapkan hal-hal umum dalam duniannya. Misalnya: menjalin pertemanan, memahami asumsi dan pandangan anak-anak dalam melihat dunia. Sehingga secara tak langsung, budaya dongeng mampu membentuk kepribadian anak di dunia luarnya saat bersosial.

 

4. Orangtua yang rajin mendongeng bisa melahirkan anak-anak yang di dalam otaknya penuh inspirasi ketika menghadapi masalah

Penuh inspirasi via www.childrenandnature.org

Pernah nggak sih kamu ketika kecil disuruh memecahkan satu masalah dengan cara yang terinspirasi dari dongeng? Buat kamu yang kecilnya sering diceritakan dongeng pasti pernah merasakan. Mendongeng nggak hanya jadi kesempatan mendekatkan diri dengan anak, tapi juga memberikan banyak inspirasi dalam diri anak untuk menghadapi dunia.

5. Semakin kamu melibatkan anakmu ke dalam dongeng, semakin besar tingkat pemahaman anak dalam menghadapi dunia

Meningkatkan pemahaman dunia via static.boredpanda.com

Banyak kisah — entah fiksi maupun non fiksi — di luar sana yang bisa kamu ‘sunting’ ketika bercerita. Kamu bisa melibatkan anakmu untuk masuk ke dalam cerita. Ketika kamu bercerita yang melibatkan anakmu, maka setiap anak mempunyai visual masing-masing bagaimana dirinya. Tujuan akhirnya mengaplikasikannya pada dunia nyata dan meningkatkan pemahaman anak dalam menghadapi dunia.

6. Kecerdasan anak datang bisa karena kegemaran membacanya. Dan dongeng ikut andil dalam menanamkan budaya membaca anak

Bikin gemar baca via freedomtoteach.collins.co.uk

Anak memiliki rasa penasaran yang tinggi pada banyak hal. Dan ketika kamu rajin menceritakan dongeng pada anakmu menjelang tidurnya, anak menjadi punya motivasi keingintahuan lebih tinggi. “Anak yang dibiasakan mendengar dongeng dari kecil akan terbiasa memotivasi diri membaca tanpa dipaksa,” kata Yanti Sugarda, ketua umum Yayasan Anak Indonesia Suka Baca, dikutip dari Berita Satu.

Dengan rasa ingin tahu tinggi, anak akan bertanya atau mencari tahunya dengan membaca. Kecerdasan anak pun dapat terasah lewat kegemaran membaca. Pertanyaannya, siapa sih yang nggak mau punya anak cerdas? Makanya, jika kamu jadi orangtua nanti, berikan waktumu jelang waktu tidur anak untuk mendongeng.

7. Dongeng menjaga kedekatan dengan anakmu, meskipun kamu hidup di tengah terpaan kesibukan

Obat sibuk buat anak via www.whatsupfagans.com

Kamu adalah orang yang sibuk dengan pekerjaan kantor dan rumah tangga. Di sisi lain, kamu telah berjanji akan mengajaknya berlibur ke kebun binatang. Karena banyak hal, kamu harus menunda janji tersebut. Namun berkat dongeng, kamu bisa mengajaknya ke kebun binatang secara visual di kamar. Kamu bisa menceritakan bagaimana kisah-kisah dongeng tentang binatang dan bisa memberikan gambaran sifat umum binatang di masyarakat lewat buku dongeng menjelang waktu tidurnya. Kedekatanmu pun bisa terjaga lewat hal itu sembari menunggu waktu luang untuk mengajaknya berlibur.

8. Mendongeng membuat pikiran anakmu belajar untuk menganalisis situasi lewat cerita-cerita yang kamu beri

Melatih anak untuk menganalisis via theintelligentnest.files.wordpress.com

Alasan utama untuk dongeng adalah untuk mengasah pikiran anak untuk terus berpikir dan menganalisis situasi yang disajikan dalam cerita. Lewat dongeng, anak memperoleh pengetahuan untuk memahami dunia. Maka, tanggungjawabmu adalah memulai proses di mana alam takkan membiarkan anaAnda tahu betapa besar anak-anak sampai Anda memiliki mereka,” Saya membaca tempat ini pada kutipan dari suatu tempat.

9. Anakmu lebih kenal dengan berbagai kisah dari negaramu, utamanya soal kearifan lokal yang dimiliki setiap daerah

Mengenalkan kearifan lokal pada anak via www.ibudanbalita.com

Dongeng yang akan kamu ceritakan pasti lebih banyak berasal dari negeri sendiri. Istilah tenarnya sih cerita rakyat. Itulah kesempatan untukmu mengenalkan berbagai budaya dan kearifan lokal yang ada di berbagai pelosok Indonesia. Apalagi cerita rakyat biasanya memiliki nilai-nilai positif yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari si anak.

Kamu nggak harus jadi story teller yang baik kok untuk berdongeng. Tapi yang kamu perlu adalah meluangkan waktumu untuk anakmu jelang tidurnya. Soal bahan cerita, kamu bisa beli buku-buku dongeng, kemudian cukup membacakannya menjelang waktu tidur anakmu.

Banyak banget ‘kan manfaat membacakan dongeng untuk anakmu? Hipwee yakin kamu semua ingin menanamkan masa kecil yang bahagia pada anak-anakmu. Dan salah satu cara gampang untuk memberikan itu adalah dongengmu sebelum tidur padanya.