Ketika mendapat kabar kehamilan pasti orang tua bahagia dong, apalagi kalau ada tambahan berita baik bahwa dalam kandungan ada dua nyawa yang hidup alias bayi kembar. Wah, rasanya kebahagiaan makin berlipat ganda. Sudah dibayangkan deh serunya punya anak yang kembar.

Ternyata di balik kebahagiaan itu, ada ibu yang berjuang setengah mati untuk menjaga pertumbuhan janin di dalam rahim. Ibu hamil biasa sih menghidupi dua nyawa yaitu nyawanya sendiri dan bayi yang dikandungnya. Tapi ibu hamil dengan bayi kembar punya tambahan dua nyawa yang bergantung padanya. Pertumbuhan tiap minggunya pun menurut Babycenter sangat menakjubkan. Yuk kita intip gimana sih bayi bertumbuh kembar di dalam rahim sang ibu bersama-sama~

1. Pada saat kehamilan memasuki usia minggu ketiga, bayi kembar dari telur yang berbeda ini masih berupa bola yang sangat kecil

Lihat deh bakal janin ini awalnya cuma berbentuk bola kecil aja via www.babycenter.com

2. Setelah minggu keempat, baru deh terbentuk dua embrio di mana organ tubuh calon bayi akan terbentuk dan bertumbuh

Sekarang mereka sudah siap buat bertumbuh via www.babycenter.com

3. Meski masih sangat kecil, di minggu kedelapan, kedua janin sudah membentuk lengan dan kaki. Bahkan, jantung mereka udah berdetak lo

Bakal bayi sudah terlihat meski belum sempurna via www.babycenter.com

4. Memasuki minggu ke-12, kedua janin makin terlihat wujudnya. Jari-jari sudah mulai terbentuk dan matanya pun sudah tertutupi oleh kelopak

Beberapa bagian sudah mulai terlihat jelas via www.babycenter.com

5. Kedua bayi sudah bisa diperkirakan jenis kelaminnya melalui USG saat usianya sudah 16 minggu. Wah makin nggak sabar kan buat buru-buru tahu~

Cewek atau cowok ya? via www.babycenter.com

6. Pada minggu ke-20, bayi kembar bisa mendengar suara kita lo. Selain itu, rambut juga mulai tumbuh di kepalanya dan di kulitnya terbentuk lapisan putih berminyak

Rambut sudah mulai tumbuh via www.babycenter.com

7. Tunas gigi sudah ada di minggu ke-24. Kulit bayi kembar ini juga jadi berkeriput serta berwarna merah muda. Paru-parunya juga mulai sempurna

Paru-parunya sudah mulai terbentuk nyaris sempurna nih~ via www.babycenter.com

8. Kedua bayi mulai aktif bergerak-gerak saat usia kandungan 28 minggu. Pasti ibu bakal senang deh setiap kali bayi sering menendang-nendang perut

Bayi aktif bergerak dan bikin ibu bahagia via www.babycenter.com

9. Setelah 32 minggu, nafas ibu bakal lebih pendek karena dua bayi menekan dada. Kuku bayi juga terbentuk. Saat ini nih pertumbuhan rambut bayi sudah sempurna

Bayi makin besar sampai menekan diafragma ibu. Ibu jadi nafasnya pendek deh via www.babycenter.com

10. Ketika usia kandungan sudah 36 minggu, kontraksi-kontraksi akan sering terjadi. Posisi bayi kembar juga sudah lebih ‘turun’ dan tinggal menunggu lahiran aja deh

Biasanya, bayi kembar lahir di usia kehamilan 36 minggu via www.babycenter.com

Advertisement

Melihat bagaimana dua nyawa itu tumbuh bersama-sama dan bergantung sama ibunya bikin takjub ya. Salut deh buat ibu hamil kembar di luar sana. Semoga proses lahirannya dilancarkan ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya