Kehamilan pastinya membawa perubahan yang luar biasa pada tubuh wanita, baik dari segi fisik maupun kebiasaan. Segala bentuk transformasi ini tentu menjadi pengalaman seru dan tak terlupakan, khususnya bagi mereka yang baru merasakan hamil di kali pertamanya. Nggak terkecuali bagi Line Severinsen, seorang ilustrator asal Bergen, Norwegia yang membagikan pengalaman, tantangan dan kehidupan sehari-harinya menjadi ibu hamil lewat komiknya.

Beberapa ilustrasi yang diciptakan oleh Severinsen dalam akun instagramnya @kosogkaos menggambarkan momen-momen menyenangkan, kesulitan, hingga sisi humor yang dialami oleh ibu hamil dalam kesehariannya. Dari sini, kamu bisa melihat bagaimana perjuangan ibu hamil yang direpresentasikan dengan cara yang menyenangkan!

1. Buat ibu hamil, ngidam udah jadi fenomena yang lumrah terjadi. Tiba-tiba pengen yang manis-manis, pengen buah yang lagi nggak musim, sampai pengen-pengen yang lainnya

suka ngidam via www.instagram.com

2. Tingkat hormon yang tinggi bikin kamu cepat sensitif dan emosian. Jangan heran kalau sebentar-sebentar keluar tanduknya

sensitif via www.instagram.com

3. Yah, namanya juga ibu hamil, nggak cuma perutnya aja yang membesar. Telapak kaki yang mirip kaki gajah jangan ditanya lagi

kaki bengkak via www.instagram.com

4. Saat mulai banyak muncul stretch mark alias garis-garis halus di perutmu, yaudah sih, nggak perlu risih, anggap aja itu coraknya macan

stretch mark di perut via www.instagram.com

5. Kaki tiba-tiba kram saat lagi enak-enak tidur? Sudah biasa…

kram kaki via www.instagram.com

6. Begini nih posisi tidur paling nggak nyaman (dan nggak dianjurkan). Kayak sapi yang pura-pura jadi burung mati

posisi tidur telentang yang nggak nyaman via www.instagram.com

7. Pekerjaan sesimpel pakai sepatu aja perlu perjuangan kalau perut udah mulai gede

susah pakai sepatu via www.instagram.com

8. Ini bayi lagi berantem atau gimana, ya?

perut sering ditendang via www.instagram.com

9. Kalau perut lagi besar-besarnya, lebih banyak bantal lebih nyaman buat tidur. “Tolong dong sayang, bantal Inces sebelah kiri tambahin nih…”

pakai banyak bantal saat tidur via www.instagram.com

10. Ada beberapa pertanyaan-pertanyaan yang sebaiknya jangan kamu lontarkan pada ibu hamil. Ingat ya, dia lagi sensitif

Pertanyaan haram buat ibu hamil via www.instagram.com

11. Nggak semua ibu hamil nyaman kalau dipegang-pegang perutnya. Jadi, biasakan izin dulu ya…

Jangan pegang-pegang! via www.instagram.com

12. Suka nonton video-video persalinan, biar nggak kaget dan lebih siap saat melahirkan nanti

nonton video persalinan via www.instagram.com

13. Saking gedenya, perut ibu berasa kayak mau meletus rasanya~

perut kayak mau meletus via www.instagram.com

14. Menjelang persalinan, kamu udah mulai kebingungan memilih nama buat bayimu nanti. Browsing, baca buku, tanya-tanya teman sudah dilakukan, tapi belum juga nemu nama yang pas

memilih nama buat sang bayi via www.instagram.com

15. Memasuki minggu-minggu trimester akhir, kamu sudah mulai mengikuti kelas yoga atau pilates untuk memperlancar persalinan. Sementara suami sibuk menyemangati

ikut kelas hamil via www.instagram.com

16. Nggak ketinggalan, ikut kelas persiapan persalinan bareng suami. Biar dia juga bisa membantu memudahkan proses si ibu melahirkan bayi

ikut kelas persiapan kelahiran bareng suami via www.instagram.com

17. Karena sudah dekat HPL, ibu hamil kadang suka parno sendiri kalau ketubannya tiba-tiba pecah di tempat umum. Duh, jangan sampai deh!

pecah ketuban di tempat umum via www.instagram.com

18. Kamu dan pasangan pun mulai mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk bersalin. “Ibu tenang ya, duduk manis aja, biar Ayah yang siapin semuanya…”

persiapan persalinan via www.instagram.com

19. Hari yang dinanti-nanti pun tiba, kontraksi di perut rasanya nggak bisa ditoleransi lagi. “Yuk, sayang ke rumah sakit aja, aku udah nggak kuat nih!”

menuju tempat bersalin via www.instagram.com

20. Terlepas dari segala kerepotan, kesakitan, dan ketidaknyamanan yang dialami oleh ibu hamil, jauh dari lubuk hati paling dalam ia sangat bangga dan bersyukur menjadi seorang calon ibu

sebentar lagi jadi ibu via www.instagram.com

Advertisement

Beberapa ilustrasi di atas menggambarkan betapa ibu hamil ini melewati banyak pengalaman dan perjuangan yang nggak bisa digantikan oleh siapapun. Jika kamu belum pernah merasakan bagaimana rasanya jadi ibu hamil, semoga gambaran ini bisa jadi pelajaran berharga buatmu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya