Entah melalui proses persalinan cesar atau normal, melahirkan selalu punya segudang cerita di baliknya. Mulai dari yang berjalan asyik dan mulus-mulus saja sampai yang banyak dramanya, semua bisa terjadi di saat proses persalinan terjadi. Bukannya menakut-nakuti, tapi faktanya memang nggak semua persalinan itu mulus kayak jalan tol. Terkadang ada juga lo peristiwa di ruang lahiran, yang membuat risih, malu bahkan tak nyaman.

Untuk kamu yang berencana menikah dan punya anak di masa depan atau malah sedang di detik-detik jelang lahiran, nggak ada salahnya melakukan persiapan mental dan fisik dari sekarang. Ya, bukannya bermaksud membuat kamu ogah melahirkan, 6 kisah pengalaman ‘horor’ dari responden Hipwee berikut ini harapannya bisa membuat kamu nggak merasa sendirian dan lebih tangguh menghadapi apa pun yang nanti terjadi di ruang persalinan. Siap-siap, jangan ngilu ya bacanya!

Kisah horor #1 : Melahirkan itu rasanya memang antara kram menstruasi ditambah mulas ingin buang air besar. Jadi nggak heran, pas ngeden yang keluar bukan cuma bayi tapi…

Jangan panik, katanya itu biasa~ via www.parents.com

Advertisement

Besar kemungkinan, saat melahirkan dan ngeden…pupmu juga akan keluar di luar kendali. Hal ini nih yang dialami oleh T, emak beranak dua yang saat melahirkan anak pertamanya merasa kesakitan luar biasa lantaran melahirkan dengan bantuan induksi buatan. Akibatnya, rasa mulas dan kontraksinya luar biasa, sehingga pas ngeden sekuat tenaga pun, tanpa sengaja pup ikut keluar. Malu sih iya, tapi untungnya sih dokter dan perawat yang menangani sudah biasa jadi hal semacam ini nggak mengagetkan mereka. Ugh, tapi T bilang, kalau diingat-ingat peristiwa itu memang memalukan sih.

Tapi tenang, Buibu! Kejadian semacam ini sangat lumrah terjadi. Nggak perlu panik dan heboh minta maaf sama perawat dan dokter atau bidan yang menangani. Mereka toh nggak peduli, yang penting bayimu sehat dan tak kurang suatu apapun!

Kisah horor #2 : Nggak ada yang bilang kepada R, kalau ternyata tangan masuk ke vagina buat ngecek bukaan itu rasanya sangar risih dan nggak nyaman. Ugh, sampai mau marah-marah rasanya!

Nggak geli, malah ngilu 🙁 via www.tinystep.in

Kejadian horor kedua dialami R, saat dicek bukaan jelang lahiran. Selama ini R mengaku nggak tau, kalau cek bukaan ternyata rasanya super nggak nyaman. Pas mengalami…ugh, tangan si bidan rasanya pengen dicekal karena ‘ngobok’ area bawah dengan agak kasar. Si bidan bilang sih, si R yang panikan. Kenyataannya, tangannya pas masuk ke vagina buat cek bukaan itu nggak halus dan tanpa aba-aba sehingga wajar rasanya menyebalkan. Kata R, salah satu adegan persalinan yang bikin trauma tuh ya pas cek bukaan ini~

Kisah horor #3 : Siapa bilang sih cesar itu enak dan nggak ada sakit-sakitnya? Ini nih pengakuan A, waktu doi menjalani proses persalinan secara cesar!

Ngilu-ngilu gimana gitu! via www.parents.com

Advertisement

A mengaku selalu sebal, tiap ada yang bilang orang yang melahirkan cesar itu lebih enak dan ‘mudah’ bebas ngeden kayak orang lahiran normal. Padahal menurut A, melahirkan cesar pun banyak nggak nyamannya lo! Pertama, kejadian tak nyaman terjadi setelah seluruh baju dibuka dan doi siap-siap buat dibius.  Doi digeletakan begitu saja di atas meja operasi, merasa kedinginan dan lupa belum dikasih selimut sehingga dalam keadaan tubuh tak berdaya, harus tergeletak telanjang sementara para perawat wara-wiri di ruang operasi. Malu! Udah kedinginan, eh, bisa-bisanya pula ada perawat cowok nyelonong masuk. Kesal nggak sih? Terus setelah operasi kelar, masih harus menanggung ngilu karena area bekas operasi yang ‘diobok-obok’ buat mengeluarkan bayi dan bekas luka jahitan yang masih belum kering tapi nggak boleh berbaring leha-leha kelamaan. Intinya sih, mau lahiran macam apa pun pasti ada suka dukanya lah~

Kisah horor #4 : Kejadian horor yang biasanya paling ditakuti para cewek-cewek lajang adalah vagina ‘sobek’ dan harus dijahit pas lahiran. Sengilu itu nggak sih? Ini ceritanya si C buat pembaca Hipwee!

Sakitnya berkurang sih, tiap lihat imutnya si buah hati via www.bypseguro.com

C sebenarnya sudah menyiapkan mental dan fisik sematang mungkin, demi menghadapi proses lahiran yang katanya nggak gampang. Meski sempat paranoid, namun jelang hari H, C berusaha sebisa mungkin menerima dan mensugesti diri sepositif mungkin, bahwa lahiran itu nggak sesakit yang dibayangkan. Fakta di lapangan, C sempat syok mendengar suara gunting yang nyaring saat bayinya lahir. Kaget dong, ternyata jalan lahirnya digunting seperti yang selama ini doi bayangkan! Nggak sakit karena kontraksinya lebih sakit, tapi tetap saja syok. Yang ngilu itu pas dijahit, karena suntik biusnya telat tapi jarum jahitnya sudah keduluan beraksi. Ngilu kayak digigit semut seember! Tangan dokternya sampai berkali-kali dipegangin sama C gara-gara kesakitan katanya. Horor!

Tapi C mengaku nggak kapok melahirkan. Toh menurutnya, ‘hadiah’ berupaya bayi yang lucu lebih tak ternilai ketimbang drama jahitan di ruang persalinan.

Kisah horor #5 : Terakhir, S berbagi cerita soal takutnya doi selepas si bayi keluar yaitu mengeluarkan plasenta. Katanya parno lo usus-ususnya bakal ikut ketarik juga, hehe

Nggak sakit kok via www.self.com

Selain ngilu pas cek bukaan, S mengaku juga sempat merasa nggak nyaman dan takut saat plasenta dikeluarkan. Sebenarnya proses ini nggak sakit sih, karena setelah sedikit ngeden dan perut diurut sedikit, maka plasentanya akan keluar dengan sendirinya. Tapi tetap saja, pas plasenta ditarik S tetap sempat panik dan takut ususnya bisa nggak sengaja keluar juga. Duh, ada-ada saja ya, hehe.

Melahirkan itu adalah pengalaman personal yang luar biasa. Meski cerita masing-masing orang berbeda, tapi biasanya pasti akan berkesan dan layak dikenang. Kalau kamu sudah siap mental dan finansial, plus lingkunganmu pun suportif harusnya sih nggak ada masalah berarti selama persalinan, apa pun yang terjadi. Yang penting tetap semangat dan berpikir positif serta percaya pada dokter atau bidan yang menanganimu. Nggak usah parno, apalagi takut karena dibanding melahirkan, pengalaman baru sebagai ibu itu pasti akan lebih mendebarkan dan melelahkan. Semangat selalu ya, Hipwee’s Mommies!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya