6 Bahan Alami ini Ampuh Atasi Jerawat. Cocok Buat Bumil yang Nggak Bisa Pakai Produk Sembarangan

Bahan alami untuk mengatasi jerawat

Perubahan hormon dan kondisi tubuh bikin ibu hamil rentan mengalami berbagai masalah kulit. Ada sih ibu hamil yang beruntung kulit wajahnya jadi bersinar selama hamil. Tapi ada yang tiba-tiba warna kulitnya menggelap, gatal-gatal, hingga yang biasanya kulit wajah mulus jadi jerawatan parah. Sedih kan kalau hamil malah bikin kulit rusak dan jerawatan.

Advertisement

Sedihnya lagi, meski kulit wajah jerawatan parah, ibu hamil seolah nggak bisa berbuat banyak. Beberapa kandungan pada produk perawatan kulit memang nggak dianjurkan bagi ibu hamil karena berbahaya. Kebanyakan mendiamkan saja. Untungnya ada beberapa bahan alami untuk mengatasi jerawat saat hamil. Apa aja sih?

1. Baking soda yang biasanya digunakan untuk memasak ini ternyata bisa mengeringkan jerawat lo. Tapi sebaiknya hanya dioleskan ke bagian berjerawat aja ya

Baking soda ternyata punya banyak manfaat lo via parenting.firstcry.com

Kalau suka bikin kue, pasti punya deh persediaan baking soda di rumah. Bahan ini ternyata bisa menyerap minyak wajah dan membuat jerawat jadi cepat kering. Caranya gampang kok. Tinggal membuat pasta baking soda dengan mencampurkan baking soda dengan air sampai campurannya kental. Pasta tersebut dioleskan ke bagian yang berjerawat aja. Setelah pasta baking soda kering, bilas pakai air hangat.

2. Selain itu, menambah toner cuka apel dalam rutinitas perawatan kulit wajah bisa mengurangi jerawat. Cuka apel harus diencerkan dahulu sebelum dipakai

Sebaiknya dipilih cuka apel yang masih ‘raw’ dan ‘unfiltered’ untuk hasil maksimal via www.mommypotamus.com

Cuka apel mengandung asam dan enzim yang bisa mengatasi jerawat. Pemakaiannya mirip menggunakan toner. Campurkan cuka apel dengan air. Perbandingannya adalah 1 bagian cuka apel dan 3 bagian air. Setelah itu, toner bisa diusap ke wajah dengan kapas. Fokuskan pada bagian yang berjerawat aja ya.

Advertisement

3. Buah yang asam seperti lemon ternyata juga bisa mengatasi jerawat lo. Oleskan saja sari buahnya ke wajah seperti menggunakan masker

Pakai masker lemon yuk~ via www.india.com

Buah-buahan seperti lemon ternyata punya khasiat mengurangi jerawat lo. Penggunaannya mirip kalau pakai masker. Buah lemon diperasi dan diambil sarinya. Oleskan dengan menggunakan kapas ke wajah. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Buah lemon ternyata adalah exfoliator alami yang punya sifat antibakteri dan bisa mengecilkan pori-pori.

4. Nggak hanya enak dimakan, madu juga baik dioleskan ke kulit wajah untuk mengurangi jerawat. Hal ini karena madu punya khasiat antiseptik dan antibakteri

Pakai madu bisa bikin ‘glowing’ sekaligus mengurangi jerawat via www.alive.com

Kalau kulit mendadak jadi kering tapi jerawatan, sebaiknya bahan-bahan yang asam dan mengurangi minyak di wajah dihindari. Sebagai alternatif, pilih aja pakai madu untuk mengatasi jerawatnya. Caranya gampang kok, tinggal oleskan madu ke wajah yang bersih lalu didiamkan selama 30 menit sebelum dibilas. Madu juga bisa digunakan sebagai masker wajah lo. Tinggal oles ke seluruh wajah aja.

5. Kalau minyak kelapa dikenal punya khasiat antibakteri dan antijamur maka dari itu bisa mengatasi jerawat pada wajah. Minyak kelapa juga melembabkan kulit lo

Minyak kelapa ada yang berbentuk bening cair, ada juga yang putih padat via naturalskincarejunkie.com

Selain madu, minyak kelapa juga bisa mengatasi jerawat tanpa menghilangkan kelembaban kulit wajah. Minyak kelapa dioleskan pada kulit yang sudah dicuci terlebih dahulu pada malam hari. Pijat-pijat kulit wajah secara lembut. Diamkan semalaman agar efektif melawan bakteri serta melembabkan kulit.

Advertisement

6. Bahan yang dikenal merupakan antiseptik alami adalah kunyit. Bubuk kunyit bisa dibuat pasta lalu dioleskan ke bagian jerawat setiap hari untuk hasil maksimal

Antiseptiknya bisa mengurangi jerawat via www.merdeka.com

Salah satu khasiat kunyit adalah sebagai antiseptik makanya bisa mengatasi jerawat secara alami. Gunakan kunyit bubuk yang diberi air agar jadi kental. Kemudian dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama satu jam. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Ini bisa digunakan setiap hari lo.

Meski memang baru akan benar-benar reda setelah melahirkan, nggak ada salahnya lo buat mencoba berbagai cara di atas. Paling nggak agar jerawat yang datang bisa segera mengering dan kempis bertahap. Selain itu, bumil juga sebaiknya menjaga kebersihan wajah agar jerawat nggak makin parah.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE