Kelahiran bayi adalah salah satu momen membahagiakan yang ditunggu-tunggu para orangtua, terutama orangtua baru alias newbie yang masih awam dan minim pengalaman. Selain deg-degan, banyak di antara orangtua baru yang kebingungan saat akan mempersiapkan kebutuhan bayinya. Selain mempersiapkan baju-baju bayi, tentu produk-produk esensial seperti sabun mandi, krim anti ruam dan minyak telon jadi produk yang (kamu pikir) jadi produk yang masuk daftar belanja.

Nah, kalau selama ini kamu mungkin tahunya hanya mempersiapkan bedak dan minyak telon, sederet daftar yang sudah dirangkum Hipwee Young Mom ini mungkin bisa jadi pencerahan. Buat yang sedang berdebar-debar dan semangat belanja untuk persiapan kelahiran sang buah hati, yuk catat dan simak baik-baik ulasan kali ini!

1. Kata siapa bayi newborn nggak butuh popok sekali pakai? Percayalah, teknologi ini akan sangat-sangat membantumu beristirahat sejenak dari rutinitas ganti-pasang-ganti popok!

Oke, ini mungkin bukan termasuk perawatan, tapi ini salah satu produk yang sangat ESENSIAL demi kewarasan ibu via money.cnn.com

Advertisement

Memang sih, bayi baru lahir itu kulitnya sangat sensitif sehingga para orangtua (dan para kakek nenek yang hadir memberi wejangan) akan lebih memilih memakaikan popok kain yang sangat nggak praktis dengan alasan nggak tega. Tapi percaya deh, punya stok selusin popok sekali pakai khusus bayi baru lahir cadangan akan sangat membantu kalian para orangtua, terutama di malam-malam begadang yang super melelahkan. Ingat, gunakan sesekali di masa-masa darurat saja ya!

Demi mencegah kulit adik bayi iritasi, pilih popok bayi yang berkualitas baik dan sangat lembut ya. Meski harganya relatif agak mahal, percaya deh kualitasnya nggak akan bohong.

2. Untuk mencegah area bokong dan pantat bayi iritasi, pastikan kamu sudah mempersiapkan krim anti ruam berkualitas baik

Pilih krim popok yang punya zinc oxide untuk meredakan iritasi ya! via www.khnsaa.ps

Jangan sayang-sayang duit demi membeli ini, karena kesehatan kulit bayimu jadi taruhannya!

Advertisement

Banyak krim anti ruam yang beredar, jadi pastikan kamu memilih yang baik dan berkualitas, bukan asal murah apalagi sekadar ‘lagi diskon’. Ya memang sih, harga nggak jadi jaminan, tapi seenggaknya belilah produk yang memang ditujukan untuk kulit sensitif bayi baru lahir. Ini penting, karena adik bayi baru lahir akan banyak pup dan pipis sehingga area tersebut wajib jadi salah satu perhatian utama.

3. Sabun bayi tentu jadi salah satu produk yang pasti akan kamu beli. Pilih sabun bayi yang khusus ditujukan untuk bayi baru lahir dan berkulit sensitif

Lucu banget yaa via www.babycenter.com

Kulit bayi baru lahir sangat halus, tipis dan rentan iritasi. Pastikan kamu memilih sabun mandi bayi yang aman dan memang ditujukan untuk kulit sensitif. Lebih baik lagi kalau soap free, bebas parfum, bebas paraben dan sls free. Tapi ingat, seiring waktu sebaiknya mulai biasakan adik bayi untuk menggunakan sabun bayi biasa yang beredar di pasaran, kecuali kalau dia punya kebutuhan kulit khusus.

4. Baby shampoo mungkin terkesan sepele, tapi pastikan kamu pun memilih yang cocok untuk kulit sensitif dan nggak pedih di mata ya!

Wajib ekstra hati-hati ya! via www.babycenter.com

Kamu hanya akan butuh sedikit cairan sampo sedangkan kalau beli botol besar habisnya akan sangat lama. Jadi kalem aja, nggak perlu sampai beli botol sampo ukuran besar ya! Ya kecuali kamu memang niatnya ogah ganti-ganti lagi dalam waktu lama.

5. Hindari sebaiknya membeli bedak bayi konvensional yang bubuknya bisa bertebaran dan terhirup bayi. Fungsinya yang sama bisa dapatkan di produk liquid talk yang lebih aman buat bayi

Demi amannya lebih baik hindari menggunakan bedak bayi via www.momjunction.com

Produk liquid talk akan memberikan kesan kulit seperti mengenakan bedak karena dia berbentuk krim cair yang akan berubah menjadi lapisan bedak halus yang menjaga kulit bayi tetap kering dan bebas biang keringat.

6. Minyak telon pasti akan dibutuhkan. Pilih yang berkualitas baik dan punya kelebihan anti nyamuk ya!

Gunakan secukupnya saja, jangan berlebihan ya! via www.haibunda.com

Minyak telon berfungsi memberikan rasa hangat pada bayi, terlebih sehabis mandi. Tapi perhatikan penggunaanya, jangan sampai berlebih dan kalau ternyata anak alergi, segera hentikan penggunaannya ya.

7. Krim pelembap tubuh untuk kulit bayi yang sensitif. Biar kulit bayi terjaga kesehatan dan kelembapannya~

Pilih yang bebas pewangi dan bebas pewarna agar aman untuk kulit sensitif bayi ya.

8. Krim wajah khusus bayi. Penting nih, agar kulit wajah, khususnya untuk area pipi bayi yang bakal sering dicium-cium

Pakainya tipis-tipis saja, Sis! via www.pinterest.co.uk

Asyiknya zaman sekarang, sudah tersedia produk yang bisa membantu melindungi kulit wajah bayi, terutama area pipi agar nggak jadi kering dan jadi tempat pertumbuhan bakteri berkat teknologi krim antiseptik lembut yang disisipkan dalam krim wajah yang diformulasikan khusus bayi.

9. Jangan lupa siapkan balm atau krim khusus anti iritasi untuk jaga-jaga kalau suatu saat kulit bayi entah kenapa tiba-tiba gatal atau iritasi ringan

Sedia krim anti iritasi selalu ya, Mom! via momlovesbest.com

Sekarang kamu sudah bisa menemukan banyak pilihan krim anti iritasi yang bisa kamu beli untuk jaga-jaga di rumah. Mau yang bentuknya gel, krim atau balm semua bisa tergantung selera dan kebutuhan saja~

10. Tisu basah dan tisu kering khusus untuk bayi dan sebisa mungkin bebas pewangi dan alkohol karena kulit bayi baru lahir itu super sensitif~

Pilih yang bebas bahan pemicur iritasi seperti pewangi, pengawet atau alkohol ya! via www.aryanto.id

Yang wangi-wangi simpan dulu untuk setidaknya setelah adik bayi berusia di atas 3 bulan ya!

Nah, sudah nggak bingung lagi ‘kan mau beli apa untuk kebutuhan bayi yang baru lahir? Jangan lupa, belilah dalam jumlah secukupnya dulu, jadi kalau nanti seandainya ada produk yang nggak cocok, kamu nggak rugi banyak, hehe. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mempersiapkan kelahiran sang buah hati tercinta ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya