Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

produk perawatan bayi baru lahir newborn wajib

Kelahiran bayi adalah salah satu momen membahagiakan yang ditunggu-tunggu para orang tua, terutama orang tua baru alias newbie yang masih awam dan minim pengalaman. Selain deg-degan, banyak di antara orang tua baru yang kebingungan saat akan mempersiapkan kebutuhan bayinya. Selain mempersiapkan baju-baju bayi, tentu produk-produk esensial seperti sabun mandi, krim anti ruam dan pelembab jadi produk yang (kamu pikir) perlu masuk daftar belanja.

Nah, kalau selama ini kamu mungkin tahunya hanya mempersiapkan bedak dan pelembab, sederet daftar yang sudah Hipwee Young Mom rangkum berikut ini mungkin bisa jadi pencerahan. Buat yang sedang berdebar-debar dan semangat belanja untuk persiapan kelahiran sang buah hati, yuk catat dan simak baik-baik ulasan kali ini!

ADVERTISEMENT

1. Kata siapa bayi newborn nggak butuh popok sekali pakai? Percayalah, teknologi ini akan sangat-sangat membantumu beristirahat sejenak dari rutinitas ganti-pasang-ganti popok!

Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

Oke, ini mungkin bukan termasuk perawatan, tapi ini salah satu produk yang sangat ESENSIAL demi kewarasan ibu via money.cnn.com

Memang sih, bayi baru lahir itu kulitnya sangat sensitif sehingga para orang tua (dan para kakek nenek yang hadir memberi wejangan) akan lebih memilih memakaikan popok kain yang sangat nggak praktis dengan alasan nggak tega. Tapi percaya deh, punya stok selusin popok sekali pakai khusus bayi baru lahir cadangan akan sangat membantu kalian para orang tua, terutama di malam-malam begadang yang super melelahkan. Ingat,  gunakan sesekali di masa-masa darurat saja, ya!

Demi mencegah kulit adik bayi iritasi, pilih popok bayi yang berkualitas baik dan sangat lembut, ya. Meski harganya relatif agak mahal, percaya deh kualitasnya nggak akan bohong.

ADVERTISEMENT

2. Untuk mencegah area bokong dan pantat bayi iritasi, gunakan diaper cream sebelum menggunakan popok

Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

Pilih krim popok yang punya zinc oxide untuk meredakan iritasi ya! via www.khnsaa.ps

Gejala ruam popok biasanya terjadi pada daerah kulit bayi di area pemakaian popok, yaitu bokong, lipatan paha dan sekitar alat kelamin. Kulit yang mengalami ruam akan tampak kemerahan, bengkak dan juga terasa hangat sehingga membuat bayi tidak nyaman.

Selain timbul ruam kemerahan, area kulit tersebut juga bisa ditumbuhi luka lepuh atau menggelembung. Karena sangat tidak nyaman, bayi yang mengalami ruam popok biasanya akan rewel, apalagi saat area yang mengalami ruam dibersihkan atau saat popoknya akan diganti.

Nah, untuk menghindari ruam popok ini, Moms bisa menggunakan diaper baby cream sebelum mengenakan popok pada si kecil. Selain dapat mencegah terjadinya ruam popok, diaper baby cream juga bisa mencegah iritasi pada kulit bayi. 

Salah satu diaper baby cream yang bisa Moms gunakan adalah PUREBB Diaper Cream. PUREBB Diaper Cream ini dapat mencegah timbulnya ruam popok berkat kandungan castor oil sebagai pelumas alami yang dapat mengatasi dan mencegah lecet, kandungan zinc oxide sebagai anti bakteri untuk mencegah ruam serta iritasi, dan sun flower seed oil sebagai pelembab yang dapat membantu regenerasi kulit. 

Cara penggunaan diaper baby cream juga sangat mudah. Sebelum mengenakan popok, bersihkan terlebih dahulu bagian kulit yang sering tertutup popok dengan air mengalir atau baby wipes sampai bersih, lalu keringkan. Setelah itu, oleskan PUREBB Diaper Cream ke kulit bayi tipis-tipis dan pijat bayi secara lembut. Hindari penggunaan bedak bayi, karena dapat memicu iritasi kulit.

PUREBB Diaper Cream ini dapat Moms gunakan setiap hari sebelum menggunakan popok. Jangan sayang-sayang duit demi membeli produk seperti ini, karena kesehatan kulit bayi jadi taruhannya!

Banyak krim anti ruam yang beredar. Namun, pastikan Moms memilih yang baik dan berkualitas, bukan asal murah apalagi sekadar ‘lagi diskon’. Belilah produk yang memang ditujukan untuk kulit sensitif bayi baru lahir. Ini penting, karena adik bayi baru lahir akan banyak pup dan pipis sehingga area tersebut wajib jadi salah satu perhatian utama.

ADVERTISEMENT

3. Sabun bayi tentu jadi salah satu produk yang pasti akan kamu beli. Pilih sabun bayi yang khusus ditujukan untuk bayi baru lahir dan berkulit sensitif

Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

Lucu banget yaa via www.babycenter.com

Kulit bayi baru lahir sangat halus, tipis dan rentan iritasi. Pastikan Moms memilih sabun mandi bayi yang aman dan memang ditujukan untuk kulit sensitif, ya. Lebih baik lagi kalau soap free, bebas parfum, bebas paraben dan SLS free. Dengan kata lain, Moms harus jeli memerhatikan komposisi yang ada dalam sabun mandi bayi sebelum membelinya. 

Adapun SLS merupakan singkatan dari Sodium Lauryl Sulfate, atau Sodium Laureth Sulfate. SLS adalah bahan dasar aktif yang dipakai hampir di seluruh sabun mandi, shampoo, pencuci baju, pasta gigi, pencuci botol dan produk pembersih lainnya, termasuk sabun dan shampoo bayi yang beredar di pasaran. Fungsi utama dari SLS adalah sebagai pembuat busa (foam booster). Jadi, jika produk yang digunakan memiliki busa melimpah, bisa jadi produk tersebut mengandung SLS. 

Mengapa SLS free penting dalam produk kebersihan bayi? Ini karena SLS pada kulit manusia memiliki efek melucuti lapisan minyak untuk kemudian mengiritasi dan mengikis kelembapan alami kulit. Dalam berbagai penelitian, SLS terindikasi dapat menyebabkan gangguan sistem imun khususnya yang berhubungan dengan lapisan kulit. 

Efek dari SLS ini pada kulit bayi dapat langsung terlihat, salah satunya kemerahan dan iritasi pada kulit, terutama pada bayi baru lahir dengan jenis kulit yang sensitif karena SLS menyerap kelembapan alami kulit hingga kulit menjadi lebih kering. Sementara untuk efek jangka panjang, penggunaan SLS bahkan dapat memicu timbulnya kanker kulit. 

Nah, untuk nanti dicermati, SLS ini punya banyak nama lain, di antaranya Sodium Lauryl Ether Sulfate, Sodium Myreth Sulfate, Sodium Dedocyl Sulfate, Sodium Salt Sulfate, Anionik Surfaktan. Kalau Moms menemukan satu di antara nama-nama di atas pada produk kebersihan bayi, sebaiknya dihindari, ya.

Sebagai gantinya, Moms bisa memilih sabun mandi bayi aman yang SLS free. Ada banyak pilihan sabun mandi bayi yang SLS free. Salah satunya PUREBB Liquid Soap, yang sudah teruji Dermatologically Tested dengan pH 5,5. PUREBB Liquid Soap ini juga bisa jadi sabun mandi andalan bagi newborn dan bayi lahir prematur karena mampu membersihkan dan membantu mengatasi iritasi dan gangguan kulit bayi lainnya berkat kandungan utamanya yaitu oat kernel yang berfungsi menyejukkan serta menenangkan permukaan kulit dari rasa gatal dan perih, chamomile sebagai anti inflamasi serta allantoin dan panthenol yang berfungsi mengatasi kemerahan akibat iritasi pada kulit bayi sekaligus dapat meregenerasi sel kulit.

PUREBB Liquid Soap ini juga mengusung formula Low Hazard Active Ingredients, sebuah konsep internasional terbaru yang menyerukan produksi produk bayi menggunakan bahan baku serta material yang safety (Green Index), dan diproduksi di perusahaan farmasi dengan standar GMP (Good Manufacturing Practice). Moms bisa mendapatkan PUREBB Liquid Soap ini di sini .

ADVERTISEMENT

4. Baby shampoo mungkin terkesan sepele, tapi pastikan kamu pun memilih yang cocok untuk kulit sensitif dan nggak pedih di mata, ya!

Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

Wajib ekstra hati-hati ya! via www.babycenter.com

Walaupun banyak sabun bayi yang juga bisa digunakan untuk rambut, tapi sebaiknya Moms tetap memilih shampoo untuk merawat rambut si adik kecil. Ini karena rambut bayi memerlukan perawatan sejak baru lahir, sementara sabun 2-in-1 hanya bekerja untuk membersihkan bukan merawat. 

Dengan menggunakan sabun sebagai shampoo, Moms tentu tidak akan mendapatkan hasil yang baik untuk rambut bayi. Meski ada bayi yang terlahir dengan rambut lebat, tetapi tetap harus menggunakan shampoo bayi dengan kandungan yang dapat menumbuhkan serta menutrisi agar rambutnya tetap sehat. Pasti Moms ingin si kecil memiliki rambut yang sehat, tebal dan hitam, kan?

Nah, karena shampoo merupakan daily essential yang digunakan oleh bayi tiap kali mandi, pastikan Moms memilih shampoo yang aman untuk bayi. Salah satu indikator aman yang bisa Moms perhatikan yaitu SLS free, seperti bisa didapatkan dalam PUREBB Shampoo dengan pH 5,5 dan juga tidak perih dimata. PUREBB Shampoo dengan kandungan Ekstrak Kemiri dan Ekstrak Seledri ini juga dapat menghitamkan, menebalkan dan menyuburkan rambut.

ADVERTISEMENT

5. Lotion untuk rambut untuk bayi, agar tumbuh sehat dan tebal. Eits, pastikan tidak mengandung alkohol, ya   

Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

| dok. Photo by Singkham from Pexels

Agar rambut adik bayi tumbuh maksimal, penggunaan hair lotion juga diperlukan sejak baru lahir. Akan tetapi, pastikan hair lotion pilihan Moms tidak mengandung alkohol, ya. Kandungan alkohol pada hair lotion dapat membuat kulit kepala menjadi kering, kusam dan berkerut, juga memicu timbulnya ruam, iritasi hingga kemerahan. 

Salah satu rekomendasi hair lotion yang bisa jadi pilihan adalah PUREBB Hair Lotion. Selain tidak mengandung alkohol, PUREBB Hair Lotion juga sudah teruji Dermatologically Tested dan Low Hazard. PUREBB Hair Lotion ini memiliki kandungan ekstrak kemiri dan ekstrak seledri yang berfungsi untuk menghitamkan, menebalkan dan menyuburkan rambut serta Pro Vit B5 atau panthenol yang mampu menutrisi serta meregenerasi kulit. Hair lotion ini bisa Moms aplikasikan di kulit kepala bayi sambil sedikit dipijit setiap selesai mandi.

ADVERTISEMENT

6. Jangan lupa siapkan baby cream sebagai pelembab kulit bayi

Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

PUREBB Soothing Cream | dok. PUREBB

Salah satu persoalan yang tampak sepele tetapi perlu disikapi dengan serius adalah kulit kering pada bayi. Yup, meski terlihat sepele bagi orang dewasa, kulit kering pada bayi bisa menimbulkan kemerahan, iritasi hingga membuat si kecil nggak nyaman lo. Untuk dapat mengatasinya, baby cream adalah must have item karena bisa diandalkan. 

Nah, salah satu baby cream yang bisa jadi pilihan untuk si kecil adalah PUREBB Soothing Moisturizer Cream, moisturizer yang dapat melembapkan dan mengatasi masalah seperti kulit kering, kemerahan, alergi, eksim, biang keringat dan masalah lainnya. Secara keseluruhan, PUREBB Soothing Moisturizer Cream adalah pelembab bayi aman yang cocok digunakan newborn dan bayi lahir prematur karena dapat mengatasi eksim ringan, dermatitis atopik, hingga seboroik. 

PUREBB Soothing Cream ini memiliki kandungan sun flower seed oil yang dapat membantu kulit bayi untuk beregenerasi. Selain itu, krim ini juga memiliki Kandungan olive leaf yang berperan sebagai anti-inflamasi untuk mengatasi jamur serta bakteri, kandungan oat kernel yang dapat menyejukkan kulit dan membantu mengatasi iritasi dan masalah kulit. Gunakan PUREBB Soothing Cream ke seluruh tubuh setiap habis mandi, agar kulit si kecil tetap lembab selama 24 jam. Moms bisa mendapatkan PUREBB Soothing Cream ini di sini .

7. Krim wajah khusus bayi. Penting nih, khususnya untuk area pipi bayi yang bakal sering dicium-cium

Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

Pakainya tipis-tipis saja, Sis! via www.pinterest.co.uk

Asyiknya zaman sekarang, sudah tersedia banyak pilihan produk yang bisa membantu melindungi kulit wajah bayi, terutama area pipi biar nggak kering dan jadi tempat pertumbuhan bakteri. Dalam hal ini, Moms juga bisa menggunakan PUREBB Soothing Cream untuk diaplikasikan pada wajah bayi sebagai pengganti bedak.

Secara umum, PUREBB Soothing Cream ini bisa Moms aplikasikan ke seluruh bagian tubuh dan juga wajah bayi. PUREBB Soothing Cream juga sudah Low Hazard (Green Index), sehingga Moms nggak perlu khawatir kalau setelah pakai cream ini si kecil tidak sengaja memasukan tangannya ke dalam mulut.

8. Untuk aktifitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menjaga kulit bayi dari paparan sinar matahari 

Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

| dok. hellosehat.com

Tidak hanya orang dewasa saja yang harus menggunakan sunblock saat sebelum keluar rumah. Bayi dan anak-anak juga perlu Moms. Apalagi tiap bayi akan dijemur, atau saat si kecil ingin berenang, perlu menggunakan sunblock untuk melindungi kulitnya yang masih sensitif dari bahaya radiasi sinar ultraviolet yang dipaparkan sinar matahari.

Sebagai rekomendasi, PUREBB Sunblock bisa jadi pilihan sunblock pertama yang dapat digunakan sejak bayi baru lahir. PUREBB Sunblock mengandung zinc oxide micronized particle yang bisa melindungi kulit dari buruknya sinar UVA dan UVB dengan SPF 25. Produk ini tidak mengandung paraben alias pengawet, alkohol dan parfum karena kandungan tersebut dapat memicu terjadinya iritasi.

9. Tisu basah dan tisu kering khusus untuk bayi dan sebisa mungkin bebas pewangi dan alkohol karena kulit bayi baru lahir itu super sensitif~

Bukan Bedak Bayi, Ini 9 Produk Esensial yang Wajib Ibu Baru Punya!

Pilih yang bebas bahan pemicur iritasi seperti pewangi, pengawet atau alkohol ya! via www.aryanto.id

Untuk bayi terutama yang baru lahir, hindari produk dengan wangi menyengat atau yang mengandung fragrance sintetis. Selain dapat memicu iritasi, kulit bayi masih tipis dan indra penciumannya masih sensitif. Jadi, pilih produk yang natural fragrance ya, Moms.

Nah, sudah nggak bingung lagi ‘kan mau beli apa saja untuk kebutuhan bayi baru lahir? Jangan lupa, belilah dalam jumlah secukupnya dulu, jadi kalau nanti seandainya ada produk yang nggak cocok, Moms nggak rugi banyak, hehe. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mempersiapkan kelahiran sang buah hati tercinta, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An avid reader and bookshop lover.