Menghitung Rincian Biaya Prosedur Bayi Tabung. Nggak Sedikit, tapi Bisa Dilakukan Asal Menabung

biaya bayi tabung

Seperti kita ketahui, ikhtiar untuk mendapatkan seorang anak banyak dilakukan oleh pasangan baik yang baru menikah atau justru sudah bertahun-tahun namun belum dikaruniai seorang buah hati. Selain memanjatkan doa, usaha yang dilakukan secara natural maupun dengan bantuan teknologi juga semakin mungkin untuk dilakukan, yang paling populer adalah bayi tabung. Beberapa selebritas juga mencoba proses yang satu ini dan banyak pula yang berhasil, antara lain Tya Ariestya dan Tiara Pangestika.

Advertisement

Untuk orang biasa yang memiliki penghasilan juga biasa-biasa saja, pilihan ini mungkin harus dipertimbangkan berulang kali karena biaya bayi tabung yang sudah terkenal mahal hingga puluhan juta dan keberhasilan yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun, sebenarnya biaya sebanyak itu digunakan untuk apa saja sih? Jika kamu penasaran dengan rinciannya, simak penjelasan berikut ini yuk!

Sebelum mengintip biaya yang dihabiskan untuk prosedur yang satu ini, kita kenalan dulu yuk dengan program bayi tabung

Disterilkan/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari Alodokter, bayi tabung atau IVF (in vitro fertilization) adalah program kehamilan di mana pembuahan dilakukan di luar tubuh yaitu di laboratorium, nantinya sel yang sudah dibuahi akan dimasukkan kembali ke dalam rahim ibu. Biasanya pasangan yang melakukan metode ini karena adanya kondisi infertilitas yang menyebabkan sulit hamil. Program ini biasanya akan ideal jika penyebab infertilitas tidak diketahui, tuba falopi sang istri tersumbat, dan program lain yang sudah dicoba tetap tidak berhasil.

Prosedur yang dilewati pun cukup panjang, hal ini pula yang menyebabkan biaya jadi makin mahal

Perlu waktu yang lama/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari SehatQ, ada beberapa rangkaian prosedur yang harus dilakukan meliputi hal-hal berikut:

Advertisement
  • Dokter akan memberikan obat atau injeksi untuk menekan siklus menstruasi
  • Lalu dokter akan memberikan hormon SFH agar semakin banyak sel telur yang diproduksi
  • Sel telur kemudian akan diambil dengan jarum
  • Sel telur yang sudah diambil kemudian diletakkan untuk pembuahan
  • Terakhir, jika sudah terjadi pembuahan maka embrio akan dimasukkan ke dalam rahim

Untuk mengetahui lebih detailnya, kamu bisa melihat di sini.

Setiap rumah sakit memiliki kisaran biaya yang berbeda, namun rata-rata menghabiskan puluhan hingga ratusan juta

Advertisement

Tergantung rumah sakit/ Credit: Unsplash via unsplash.com

Program bayi tabung sudah terkenal dengan biayanya yang mahal, namun di antara kisaran harga yang bahkan bisa sampai ratusan juta itu ada juga beberapa rumah sakit yang menawarkan harga mulai dari Rp20juta. Seperti dilansir dari Lifepal beberapa rumah sakit di Jakarta yaitu RS Family Pluit, RS Bunda Menteng, RS Harapan Kita, RS Hasan Sadikin, hingga RS Daya Medika menyediakan program ini dengan kisaran dana mulai dari Rp20juta hingga Rp80juta dengan penawaran yang berbeda-beda.

Sedangkan di daerah lain seperti RS Siloam Surabaya, harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp 46juta. Di Semarang, RS Telogorejo menetapkan harga minimal Rp60juta. RSKIA Sadewa, Yogyakarta menawarkan harga dimulai dengan Rp50juta.

Biaya yang banyak tersebut menjadi realistis jika mengingat tahap demi tahap panjang yang mesti dilewati

Praktisi/ Credit: Tya Riestya via www.instagram.com

Tya Ariestya pernah membagikan rincian biaya yang dibutuhkan untuk program bayi tabung langsung dari pengalamannya yang  melakukan program ini di klinik Morula IVF. Berikut ini adalah rinciannya:

  • Konsultasi dokter: Rp3.720.000,00
  • Tes laboratorium: Rp5.000.000,00
  • Vitamin: Rp2.600.000,00
  • Stimulasi: Rp31.000.000,00
  • Pengambilan sel telur: Rp37.830.000,00
  • Transfer embrio: Rp17.050.000,00
  • Screening genetik (opsional): Rp50.000.000,00

Sehingga jika ditotal, biaya yang dihabiskan adalah sekitar Rp97.200.000,00 tanpa screening genetik dan Rp147.200.000,00 dengan screening genetik.

Perlu diingat bahwa total biaya tersebut berbeda-beda tergantung rumah sakit dan kondisi ibu saat akan melaksanakan prosedur yang satu ini. Namun rincian biaya bayi tabung yang terlihat mahal kurang lebih digunakan untuk  beberapa pos yang sudah disebutkan. Selain berusaha semaksimal mungkin, jangan lupa untuk mengiringinya dengan doa juga ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE