Libur IdulFitri dan cuti bersama tinggal menghitung hari. Mudik barangkali akan menjadi hal yang menyenangkan sekaligus melelahkan, apalagi saat membawa si kecil bersama. Tantrum dan rewel bisa terjadi kapan saja. Duh, tambah pusing ya membayangkannya?

Tapi kamu bisa mengenali alasan si kecil rewel. Salah satunya penyebabnya mungkin karena dia lapar. Itulah sebabnya walau masih menyusui, jika si kecil sudah mengonsumsi MPASI kamu perlu mempersiapkannya. Kalau bisa sih yang travel friendly. Simak yuk apa saja bahannya!

1. Makanan-makanan kering seperti biskuit dan camilan yang bisa digenggam (finger foods) lainnya perlu kamu siapkan. Pastikan yang alami dan sesuai dengan umurnya ya~

Bisa bikin sendiri kalau sempat via mamapapabubba.com

Advertisement

Camilan kering cenderung awet dan praktis. Pun karena disesuaikan untuk bayi, biasanya bentuknya juga lucu-lucu. Hal ini dapat menggugah selera si kecil yang mungkin nafsu makannya sedikit berkurang saat di perjalanan. Namun perlu diingat, jangan pilih makanan dengan kandungan pengawet dan sesuaikan juga dengan umurnya.

2. Selain memiliki banyak nutrisi, buah-buahan yang lembut juga lebih mudah dicerna oleh si kecil. Praktis juga untuk dibawa

Mengandung banyak vitamin via idnews.co.id

Buah-buahan layaknya alpukat dan pisang bisa kamu bawa di perjalanan mudikmu. Alpukat mengandung folat dan kalium yang bisa membantu mengatur tekanan darah sedangkan pisang mengandung gula alami yang dapat mengembalikan energi si kecil. Kamu hanya perlu menghaluskan buah-buah tersebut dengan tambahan ASI dan unsalted butter.

3. Kentang rebus merupakan sumber karbohidrat yang mudah dibuat dan sudah enak rasanya. Sehingga cocok untuk dibawa mudik

Bergizi via www.mooimom.id

Kentang juga mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan. Kentang juga baik untuk sistem kekebalan tubuh sehingga si kecil tak mudah masuk angin. Kandungan potasiumnya berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga metabolismenya terjaga dengan baik. Kamu bisa merebus atau mengukus kentang di rumah, lalu menghaluskannya dengan sendok garpu. Tambahkan dengan unsalted butter, keju parut, olive oil, dan sedikit oregano.

4. Salah satu bahan makanan praktis yang lain adalah oatmeal. Jika terlupa bisa mampir ke supermarket dulu untuk membeli

Praktis dan awet via www.mooimom.id

Advertisement

Bahan yang satu ini tergolong awet sehingga bisa kamu andalkan saat di perjalanan. Kamu bisa menyimpan oatmeal yang sudah dihaluskan dengan blender di sebuah wadah. Sehingga di perjalanan nanti kamu tinggal menyiapkan dengan mencampur oatmeal dengan ASI untuk menjadikannya bubur.

5. Jika ingin lebih bervariasi tapi tetap praktis, kamu bisa membuat puree labu dan wortel. Warnanya yang cantik juga sangat menggugah selera

Puree labu dan wortel via www.mpasi.org

Warna oranye yang menyolok akan mencuri perhatian si kecil sehingga kemungkinan nafsu makannya akan naik. Puree dari labu dan wortel ini cukup mudah dibuat yaitu dengan membersihkan, memotong, dan mengukus labu dan wortel lalu menyimpannya di wadah. Saat akan dikonsumsi, kamu bisa menghaluskan potongan-potongan tersebut dengan hand blender. Setelah menjadi puree atau bubur, kamu tinggal mencampurkannya dengan kaldu ayam atau sapi tanpa tambahan MSG.

Selain menyiapkan berbagai bahan untuk dibuat MPASI, hal yang juga tak boleh kamu tinggalkan adalah peralatan untuk menyiapkannya seperti wadah, lumpang, saringan, sendok, tempat makan bayi hingga tisu. Jika bayi sudah memiliki makanan kesukaan tertentu yang praktis untuk disiapkan, kamu juga bisa membuatnya agar lebih aman. Selamat mempersiapkan mudik!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya