4 Orang yang Sebaiknya Nggak Dicurhati Soal Masalah Rumah Tangga. Bisa Runyam ke Depannya!

curhat masalah rumah tangga

“Kesel deh. Jadi suamiku akhir-akhir ini tuh…”

“Heran, kenapa sih istriku sekarang…”

Advertisement

Hayo, hayo. Siapa di sini yang kalau curhat soal masalah rumah tangga suka nggak dipilah-pilah tempatnya? Kadang para istri atau suami suka kelepasan curhat saking sudah gemasnya sama pasangan. Padahal curhat urusan rumah tangga itu nggak boleh sembarangan, lo. Bukannya kasih solusi, biasanya kebiasaan ini malah bisa bikin masalah baru. Misalnya, curhat ke orang yang salah dan dia membocorkan permasalahan yang notabene harus dijaga rapat-rapat ini.

Biar kamu lebih waspada, Hipwee YoungMom cuma mau mengingatkan kamu lagi untuk berhati-hati saat ingin curhat sama 5 golongan orang ini. Malah nambah-nambahin masalah baru sih kalau begini. Please, jangan!

1. Yang pertama keluarga dekat. Bukannya bikin lega, takutnya malah menimbulkan bermacam prasangka

Credit: Andrea Piacquadio for Pexels via www.pexels.com

Biasanya keluarga dekat, terutama orang tua cenderung sulit untuk bersikap obyektif. Jadi kalau kamu curhat soal pasangan, ada kecenderungan orang tua jadi ingin membela dan melindungi kita. Kalau urusannya nggak sampai menyangkut KDRT, ada baiknya pikir-pikir lagi deh, ya. Bukannya apa-apa, nggak mau kan orang tua dan saudara-saudara kita malah jadi punya prasangka jelek sama pasangan kita? Menjaga relasi pasangan dan keluarga dekat kita itu penting juga, lo!

Advertisement

2. Orang-orang yang punya pandangan negatif tentang pernikahan juga sebaiknya dihindari. Kemungkinan besar malah justru ngomporin nih!

Credit: Ben White for Unsplash via unsplash.com

Curhat sama orang yang pesimis sama urusan pernikahan bisa saja justru memberikan afirmasi negatif. Bukannya menyelesaikan masalah, masalah kalian bisa jadi malah dikomporin biar makin panas! Mereka kurang peka terhadap segala permasalahan yang terjadi dalam sebuah pernikahan, makanya kamu perlu menghindarinya supaya nggak membuat kepusinganmu bertambah.

3. Hayo, siapa di sini yang masih suka curhat soal masalah rumah tangga sama lawan jenis? Hati-hati, ya…

Credit: Mentatdgt for Pexels via www.pexels.com

Curhat sama lawan jenis justru lebih mudaratnya daripada manfaat. Selain jadi terkesan kalian menjelek-jelekan pasangan, bisa berpotensi menimbulkan rasa nyaman. Kalau sudah begini, tebak sendiri deh nanti lama-lama arahnya kemana. Ini nih yang kurang disadari oleh banyak orang, sehingga akan menimbulkan banyak masalah di masa mendatang.

4. Orang-orang yang kurang suka dengan pasangan kita. Bisa-bisa mereka malah jadi punya hidden agenda buat rumah tanggamu dan pasangan

Credit: Gustavo Fring for Pexels via www.pexels.com

Ya, kalau ini jelas, ya. Masa kamu curhat sama orang yang nggak suka sama pasangan? Mungkin awalnya kedengaran enak karena kamu langsung dibela. Tapi, hati-hati karena bisa jadi mereka juga membawa hidden agenda untuk hubunganmu ke depannya. Jangan sampai, ia malah menjadi aktor utama kehancuran rumah tanggamu.

Advertisement

5. Curhat di media sosial. Bukannya solusi yang didapat, kamu hanya akan dicemooh di belakang

Credit: Tracy Le Blanc for Pexels via www.pexels.com

Curhat masalah rumah tangga di media sosial kebanyakan nggak memberikan banyak solusi, berpotensi membuat pernikahan kalian makin runyam. Hati-hati dan sebaiknya dihindari agar rumah tanggamu tetap utuh meski ada saja permasalahan yang datang. Nggak mau kan urusan keluargamu dicemooh di belakang?

Jadi, yakin masih mau curhat sama 5 orang ini, Moms? Berkeluh kesah memang nggak salah sih, tapi pastikan tempat kamu curhat adalah orang yang nggak punya hubungan langsung dengan pasangan dan bisa dipercaya bisa memberikan pendapat yang obyektif. Wajib pilih-pilih dan jauh-jauh dari ‘tukang kompor’, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE