Jarang Disadari, Ini 4 Sebab Ibu Hamil Sering Susah Tidur. Suami Juga Wajib Tahu!

Gangguan tidur ibu hamil

Tidur itu bukan hanya sekadar kegiatan untuk mengistirahatkan tubuh lo, Moms. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat hanya dengan tidur nyenyak, mulai dari mengurangi stress hingga menjaga fungsi organ tubuh. Tetapi sayangnya, nggak semua orang bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman, kesulitan tidur ini, terkadang juga dirasakn oleh para ibu hamil lo Moms dan Dads!

Advertisement

Perubahan yang terjadi saat hamil, kerap membuat tidur para Moms, menjadi nggak nyenyak dan nggak selelap biasanya. Padahal istirahat yang cukup juga penting lo untuk kesehatan Moms dan bayinya. Nah berikut ini Moms dan Dads bisa melihat beberapa hal yang menyebabkan ibu hamil menjadi kurang nyenyak tidurnya serta cara menanggulanginya!

1. Kram kaki adalah salah satu masalah yang bisa membuat tidur ibu hamil jadi nggak nyenyak. Moms dan Dads bisa mengatasinya dengan peregangan dan pijatan lembut

Memijat kaki, bisa meredakan kram yang dialami | Credit: Anete Lusina via www.pexels.com

Kram kaki merupakan salah satu masalah yang lumayan sering ditemukan pada ibu hamil dan bisa mengganggu tidur ibu hamil. Menurut penelitian penyebab keram kaki ini yang paling umum adalah rendahnya kadar kalsium danĀ  magnesium dalam tubuh ibu hamil. Untuk mengatasinya Moms dan Dads bisa mengatur konsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi, jika ragu Moms dan Dads juga bisa melakukan konsultasi ke dokter untuk meminta suplemen.

Tetapi untuk penanggulangan segera, Moms dan Dads bisa melakukan peregangan pada kaki yang sering keram dengan cara meluruskan kaki dan menggerak-gerakkan jari kaki. Selain itu Moms and Dads juga bisa memijat betis padda kaki yang keram secara lembut dan perlahan untuk melemaskan otot yang tegang pada kaki yang keram tersebut. Oh iya, Moms and Dads juga dianjurkan untuk rutin melakukan peregangan otot sebelum tidur, ya!

Advertisement

2. Memasuki trimester ketiga, biasanya ibu hamil akan mengeluhkan sakit punggung. Jangan panik Moms dan Dads, ini wajar kok!

Sakit punggung bisa diatasi dengan melakukan beberapa olahraga ringan | Credit: Kindel Media via www.pexels.com

Sakit punggung biasanya menjadi sebuah keluhan umum yang diderita oleh para ibu hamil, sering kali sakit di punggung ini juga menyebabkan gangguan tidur karena adanya rasa tidak nyaman. Hal ini sebenaranya terjadi karena adanya tekanan pada punggung ibu hamil, jadi jangan khawatir. Moms dan Dads bisa merubah posisi tidur menjadi menyamping ke arah kiri untuk, hal ini ditujukan untuk melepaskan beban dan tekanan pada punggung. Selain itu posisi ini juga bisa meningkatkan aliran darah dan oksigen ke arah rahim dan janin lo Moms dan Dads!

Selain merubah posisi tidur, hal lain yang bisa Moms dan Dads lakukan adalah dengan melakukan olahraga ringan atau stretching. Beberapa pilihan olahraga yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk mengurangi nyeri punggung trimester ketiga ini contohnya adalah yoga kehamilan, berenang, atau senam hamil

3. Di awal kehamilan, mual juga bisa mengganggu tidur nyenyak ibu hamil, karena harus terbangun terus menerus

Mual atau morning sickness, nggak cuma terjadi di pagi hari aja saat hamil, tetapi bisa juga pada malah hari, bahkan saat tidur | Credit: Anastasia Gepp via pixabay.com

Pernah nggak Moms, ketika sedang hamil dan berbaring, Moms merasakan rasa mual yang lebih sering dari biasanya? Sebenarnya, mual saat hamil bisa terjadi kapan aja, tanpa memikirkan posisi atau waktu, entah pagi, siang, sore atau malam, morning sickness ini biasa dan memang sering terjadi di trimester pertama kehamilan.

Cara mengatasi masalah ini di malam hari cukup mudah lo Moms dan Dads. Jika mengalami hal ini, cukup makan camilan yang memiliki rasa tawar untuk mencegah perut kosong dan mual. Dan jika masih terbangun, Moms dan Dads bisa mengonsumsi lagi makanan tersebut. Selain itu Moms dan Dads juga bisa memposisikan tubuh bagian atas lebih tinggi saat berbaring, dengan begini maka darah akan tersirkulasi dengan lebih baik dan mencegah terjadinya mual.

4. Heartburn juga bisa menjadi faktor lain yang muncul saat kehamilan dan dapat mengganggu tidur

Credit: freepik.com via www.freepik.com

Sensasi perih di ulu hati dan tenggorokan atau biasa kita kenal dengan sebutan heartburn, juga kerap terjadi saat kehamilan dan dapat mengganggu tidur para ibu. Biasanya hal ini dikeluhkan oleh ibu hamil pada saat kehamilan ada di trimester ketiga. Kondisi ini wajar, karena saat hamil, seseorang akan mengalami perubahan kondisi hormon karena semakin besarnya ukuran janin.

Untuk mengatasinya, Moms dan Dads, bisa melakukan cara-cara yang juga biasa dilakukan oleh pengidap heartburn karena masalah lambung, yaitu dengan makan dalam porsi kecil tetapi sering, selain itu makanlah secara perlahan-lahan. Selain itu sebisa mungkin hindari makanan prdas dan berminyak, kafein, berlemak serta asam. Jika heartburn datang pada malam hari hingga membuat terjaga, Moms dan Dads bisa megatasinya dengan cara meminum susu untuk meredakannya.

Nah Moms dan Dads, kira-kira itulah beberapa hal yang bisa muncul dan mengganggu pada masa kehamilan. Semoga bisa membantu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE