Mengenal Ciri-ciri Kehamilan Usia 1 Minggu. Benarkah Kram Perut Salah Satunya?

gejala hamil minggu pertama

Setelah menikah, kehamilan biasanya jadi hal yang dinanti-nantikan oleh kebanyakan pasangan. Nggak heran, banyak pasangan yang nggak sabar mengetahui, apa saja tanda-tanda kehamilan sejak dini. Bahkan, banyak yang penasaran, seminggu setelah berhubungan badan, apakah gejala kehamilan sudah terdeteksi?

Advertisement

Demi menjawab rasa penasaranmu, Hipwee Young Mom kali ini akah kupas soal gejala paling dini kehamilan yang bisa dideteksi maupun yang kerap nggak disadari. Apa saja sih gejala kehamilan di minggu pertamanya? Simak yuk ulasannya!

1. Dikutip dari Alodokter, usia kehamilan biasanya dihitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Jika berdasarkan perhitungan ini, maka sebenarnya perempuan belum benar-benar hamil di minggu pertama

Credit: Friso via www.friso.co.id

Dalam perhitungan ini, kehamilan terhitung baru terjadi pada akhir minggu ke-2 atau awal minggu ke-3, tergantung masa subur atau ovulasi. Di masa ovulasi, ovarium akan melepaskan sel telur yang bergerak ke arah tuba fallopi. Untuk bisa hamil, sel telur harus bertemu sperma pada tuba fallopi.

2. Gejala pertama paling dini kehamilan di minggu-minggu awal yang bisa kamu rasakan adalah telat haid. Ini terjadi karena telurmu sudah berhasil dibuahi

Credit: Happifyourworld via www.happifyourworld.com

Telat haid mungkin tidak akan serta merta kamu sadari segera setelah proses pembuahan terjadi. Tapi ini biasanya jadi tanda awal paling umum yang gampang dideteksi. Selain itu, ada juga beberapa gejala lain yang mungkin bakal kamu alami di minggu pertama setelah pembuahan terjadi.

Advertisement

3. Selain telat haid, di minggu pertama kehamilan biasanya payudara akan mulai terasa bengkak dan sakit

Credit: Medicalnewstoday via www.medicalnewstoday.com

Di minggu pertama kehamilan, calon ibu bisa saja merasakan payudaranya lebih bengkak, sensitif dan nyeri. Tapi tidak semua calon ibu mengalami gejala ini di minggu pertama kehamilannya.

4. Di minggu ketiga kehamilan, calon ibu mungkin akan mengalami mual dengan muntah, atau mual tanpa muntah

Credit: Beremennuyu via beremennuyu.ru

Ini pun belum tentu pasti akan dialami semua calon ibu, karena masing-masing kehamilan itu berbeda. Namun ini bisa gejala umum yang terjadi.

5. Selain mual, sakit pinggang bagian bawah juga mungkin bakal terasa. Rasanya mirip-mirip kayak pas mau haid lo

Credit: Healthline via www.healthline.com

Di minggu-minggu awal kehamilan, ibu mungkin saja bakal mengalami rasa nyeri di pinggang bagian bawah. Ini mungkin saja akan terus berlanjut sepanjang kehamilan, diikuti oleh pertambahan berat badan dan perubahan pada postur tubuh.

Advertisement

6. Gampang lelah dan sakit kepala juga mungkin banget dialami di minggu-minggu awal kehamilan~

Credit: Shutterstock via www.shutterstock.com

Gampang lelah dan sakit kepala kerap pula dialami di awal kehamilan, dikarenakan perubahan hormon saat hamil. Selain itu, di minggu-minggu berikutnya, calon ibu bakal merasakan sembelit dan kembung karena sistem pencernaan ibu hamil melambat.

Meski tak mudah menentukan ciri kehamilan 1 minggu, kamu yang sedang harap-harap cemas menunggu nggak perlu khawatir karena biasanya beberapa minggu ke depan, kamu bisa memastikannya dengan testpack dan gejala-gejala yang semakin terasa. Bila memang dibutuhkan, kamu memastikan kehamilan usia 1 minggu kamu dengan memeriksakannya ke dokter kandungan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE