Katanya Enak dan Bebas Mual, Nyatanya Ada yang Perlu Dipahami Lagi Soal Hamil “Kebo”

hamil kebo adalah

“Aduh aku mual banget nih.”

“Wah, udah berapa bulan?”

Advertisement

Begitulah kira-kira percakapan dengan bumbu guyon ketika ada salah satu temanmu yang merasa mual. Pasalnya, biasanya salah satu gejala yang paling sering dirasakan oleh seseorang yang sedang hamil adalah adanya rasa mual atau populer disebut sebagai morning sickness.

Meskipun demikian, ternyata tidak semua ibu hamil merasakan gejala ini lo, ada yang tidak merasakannya sama sekali selama 9 bulan. Istilah yang populer digunakan adalah ‘hamil kebo.’ Mungkin kamu penasaran apa saja gejala lain dan apakah hamil ini berbahaya bagimu dan janin di perut. Makanya, simak penjelasan selengkapnya yuk!

Ternyata untuk dikatakan seseorang mengalami hamil kebo, maka bukan hanya tidak mual saja cirinya tapi ada gejala yang lain juga

Banyak untungnya/ Credit: drobotdean on Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari Klikdokter, ada beberapa tanda seseorang bisa dikatakan mengalami hamil kebo, yaitu:

Advertisement
  • Tidak mengalami mual dan muntah sehingga bisa makan apapun, padahal hal ini biasanya terjadi mulai dari trimester satu hingga dua kehamilan. Dilansir dari Healthline, faktor ini dipengaruhi oleh tingginya hormon hCG dan menurunnya gula darah. Indra penciuman juga jadi lebih sensitif.
  • Ibu yang hamil kebo juga tidak mengalami nyeri di beberapa bagian tubuhnya, padahal seringkali banyak ibu hamil yang terganggu karena hal ini.
  • Alih-alih sulit tidur hingga jadi sering merasa lelah, ibu yang hamil kebo tetap bisa tidur nyenyak kapan saja
  • Justru ibu yang hamil kebo jadi merasa malas untuk beraktivitas karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk makan dan tidur, meskipun ada juga yang merasa malah lebih bersemangat melakukan banyak kegiatan

Mungkin beberapa orang akan merasa cemas karena tak merasakan gejala yang dirasakan oleh kebanyakan ibu hamil namun justru ada untungnya juga lo

Bisa makan apa saja/ Credit: gpointstudio on Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari Parents, seorang obgyn mengatakan bahwa ada  30% ibu hamil yang tidak mengalami gejala seperti mual. Ia juga menambahkan bahwa hal ini seharusnya menjadi berita yang menyenangkan selama obgyn menyatakan bahwa hormon yang dimiliki sang ibu masih normal. Hal ini menunjukkan bahwa ibu hamil yang tidak merasakan mual bukan memiliki hormon yang rendah namun berarti ia hanya lebih mampu menoleransinya.

Ada keuntungan yang bisa didapatkan dari hal ini lo yaitu karena tak ada gejala mual dan muntah maka ia akan lebih mudah mengonsumsi banyak jenis makanan yang membuat nutrisi janin lebih mudah untuk dicukupi. Ibu hamil yang tidak merasakan nyeri juga akan merasa lebih nyaman dalam beraktivitas, pun jam tidur yang cukup akan membuatnya terhindar dari kelelahan.

Advertisement

Meskipun demikian, ibu hamil harus tetap hati-hati walalupun ia sedang mengalami kehamilan yang terkesan menguntungkan supaya terhindar dari bahayanya

Harus dikontrol/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Hanya karena tak merasakan mual ketika makan apa saja bukan berarti ibu yang hamil kebo bisa bebas makan sembarangan, tetap harus ada kontrol untuk apa yang masuk ke dalam tubuh karena akan berpengaruh terhadap kesehatan janin. Jika gagal mengontrol, ditakutkan bayi akan berpotensi mengalami kelebihan berat badan. Hal lain yang mungkin terjadi adalah jika ibu malas beraktivitas saking nyamannya dengan diri sendiri maka akan berdampak buruk pada kesehatan dari penumpukan lemak sampai gangguan jantung.

Pada dasarnya hamil kebo bukan merupakan sesuatu yang berbahaya namun beberapa ahli malah setuju bahwa hal ini bersifat menguntungkan. Akan tetapi, ada juga kemungkinan lain yang bisa saja membahayakan ibu dan bayi jika ibu tak bisa mengontrol makanan dan aktivitas yang dilakukan. Makanya, tetap terapkan pola hidup sehat ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE