Meski Tanpa Disengaja, Ini 5 Ucapan yang Bisa Bikin Ibu Hamil Merasa Down

Ibu hamil down

Kehamilan adalah momen yang paling ditunggu oleh pasangan baru, jika mereka nggak ingin menunda momongan. Akan tetapi, bagi perempuan yang baru pertama kali hamil seringkali merasa tegang dan stres. Salah satu alasannya adalah karena mereka khawatir nggak bisa memberikan nutrisi terbaik untuk dirinya yang akan berpengaruh pada perkembangan kehamilannya. Ada juga ibu hamil yang merasa down karena ucapan orang sekitar. Terlebih kehamilan pertama, tentu akan sangat menjadi beban pikiran.

Advertisement

Periode kehamilan nggak hanya penting mendapatkan dukungan dari suami tetapi juga orang-orang sekitar seperti keluarga, kerabat dekat hingga lingkungan sekitarnya. Hal tersebut karena dukungan mampu membangkitkan rasa percaya diri agar lebih siap menjadi seorang ibu. Namun kenyataanya, banyak ucapan yang malah membuat ibu hamil merasa down, lo.

1.”Kok perutnya besar banget, jangan-jangan anaknya kembar, coba deh rajin check-up

Photo by Jonathan Borba from Pexels

Berat badan ibu selama masa kehamilan memang naik drastis, namun bukan berarti bayinya kembar. Apalagi harus meminta check-up juga. Ibu yang sedang hamil pastinya juga sering check-up tanpa disuruh-suruh. Segala sesuatunya pasti sudah diselesaikan dengan baik, kok.

2.”Nanti mau lahiran di mana? Mau memilih fasilitas apa saja? Mulai dipikir dari sekarang lo, Jeng?”

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Terkadang orang buru-buru memikirkan hal yang masih jauh. Baru juga hamil muda dan masih fokus dengan nutrisi yang tepat untuk perkembangan janin, eh malah ditanya macem-macem. Alangkah lebih baik memberikan rekomendasi rumah sakit saja tanpa menanyakan hal-hal yang membuat ibu hamil kepikiran. Urusan tempat, biar menjadi urusan pribadi masing-masing.

Advertisement

3.”Kok mukanya jadi nggak fresh lagi selama hamil, nggak perawatan ya?”

Photo by Icaro Mendes from Pexels

Ibu hamil seringkali merasakan perubahan pada pigmentasi kulit seperti munculnya jerawat, wajah tampak kusam dan masalah kulit lainnya. Bahkan ada dokter yang menyarankan bahwa saat hamil sebaiknya nggak perawatan dulu. Jadi, jangan banyak komentar kalau wajah ibu hamil terlihat kurang fresh karena pengaruh hormon juga.

4.”Anak masih kecil kok hamil lagi sih? Apa nanti ngurusnya nggak ribet?”

Photo by PNW Production from Pexels

Biasanya ini dialami oleh ibu muda yang hamil lagi padahal anaknya masih kecil. Ucapan yang dianggap candaan seperti itu justru membuat ibu merasa bersalah dan stres. Urusan punya anak adalah urusan masing-masing. Toh yang berkomentar juga nggak ikut membiayai, kan?

5.”Banyakin olahraga biar nanti bisa lahiran normal dan menjadi ibu yang sesungguhnya”

Advertisement

Photo by Daniel Reche from Pexels

Bagi perempuan yang baru pertama kali menjalani kehamilan memang harus diberi dukungan. Ucapan lahiran  harus normal tersebut hanya akan membuat ibu hamil  merasa tertekan. Hal ini karena kondisi kehamilan berbeda-beda dan ada yang mengharuskan untuk caesar. Melahirkan secara caesar juga sama sakitnya. Jadi, omongan orang nggak perlu diambil hati, Moms!

Bagi mereka yang hamil muda tentunya akan sangat sensitif terhadap ucapan yang kadang dibuat bercandaan. Untuk itu, perlu dukungan dari suami dan keluarga dekat agar ibu hamil selalu bahagia. Kondisi psikis saat hamil juga akan memengaruhi janin, lo. Untuk itu, usahakan agar perasaan Moms selalu happy, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

belum lengkap kalau belum ngopi item

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE