Kata Ahlinya, 6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Ganggu Kesuburan Lo. Yuk, Lebih Diwaspadai!

bahan makanan yang bisa ganggu kesuburan

Bagi pasangan yang sudah menikah, kehamilan jadi salah satu hal yang paling dinanti-nantikan. Ada begitu banyak cara rela dilakukan demi bisa berhasil hamil. Dalam berusaha, selain berhubungan seks secara teratur, makan makanan bergizi serta cukup istirahat, tentu menjauhi beberapa makanan tertentu juga perlu dilakukan, agar nggak sampai ganggu kesuburan kamu dan pasangan.

Advertisement

Menurut Dr. Marra Francis, OBGYN tersertifikasi dan Executive Medical Director di EverlyWell, penelitian membuktikan kalau diet atau pola makan sangat erat pengaruhnya dengan ovulasi dan kesuburan. Misalnya nih, lemak baik di avokad dan ikan bisa memberikan dampak baik untuk kesuburan pria maupun wanita. Sedangkan, makanan seperti gorengan dapat berpotensi menurunkan kesuburan. Jadi, apa saja nih makanan yang sebaiknya dihindari oleh kamu yang ingin segera hamil tahun ini? Simak ulasannya berikut ini ya!

1.  Makan makanan yang memicu alergimu bisa mempengaruhi kesuburan lo. Jadi kalau alergi terhadap makanan tertentu, seenak apapun sih baiknya dihindari dulu

Makanan pemicu alergi via www.pathway.com

Mengecek berkala suhu basal tubuh bisa jadi cara perempuan untuk memantau masa subur. Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh ketika tubuhmu beristirahat penuh dan ovulasi diketahui juga meningkatkan suhu tubuhmu. Menurut Planned Parenthood, metode memperhatikan basal tubuh ini punya tingkat kesuksesan 76 sampai 88 persen lo. Nah, beberapa reaksi alergi dapat meningkatkan suhu ini sehingga akan memengaruhi ovulasi dan memperpanjang siklus haid bulananmu.

2. Makanan atau minuman di kemasan plastik juga sebaiknya mulai dikurangi dari sekarang. Selain memengaruhi kesuburan, juga nggak baik untuk kesehatan jangka panjang

Kurang-kurangin ya! via www.dailystar.co.uk

Carolyn Gundell, MS, ahli nutrisi untuk kesuburan dari Reproductive Medicine Associates of Connecticut mengungkapkan betapa pentingnya mewaspadai makanan kemasan yang menggunakan plastik atau kemasan yang mengandung BPA bahkan styrofoam. BPA, plastik, panci anti lengket, phthalates, paraben dan bahan alami sintetis lainnya dapat berefek buruk pada endokrin yang bisa membahayakan kesuburan. Yuk, mulai dikurangi makan atau minum dari produk kemasan!

Advertisement

3. Mengonsumsi makanan atau minuman apapun yang mengandung kafein secara berlebihan juga bisa mengurangi tingkat kesuburan, lo

Apalagi kopi sama cola begini ya? via www.thechronicle.com.au

Menurut sebuah studi di Denmark, kafein dalam cola bisa menyebabkan pria cenderung memiliki jumlah sperma yang 30 persen lebih rendah daripada yang tidak minum cola. Bahkan menurut ahli kandungan Dr. Niels Lauersen, riset menunjukkan bahwa kafein meningkatkan pergerakan sperma. Plus terlalu banyak gula dapat menyebabkan resistensi insulin, yang mengganggu kesuburan.

4. Perhatikan juga minuman susu yang kamu konsumsi. Susu skim berlebihan ketimbang susu dengan lemak biasa cenderung punya tingkat kesuburan lebih rendah

Mending susu utuh daripada skim milk via health.clevelandclinic.org

Menurut hasil riset, mereka yang mengonsumsi susu skim punya kecenderungan punya tingkat kesuburan lebih rendah daripada mereka yang minum susu sapi biasa. Kalau kamu memang berencana hamil, sebaiknya tunda dulu deh diet-diet yang berlebihan. Kecuali diet dari jajan makanan nggak sehat ya.

5. Makanan berbasis kedelai juga sebaiknya dibatasi agar nggak berlebihan karena menurut riset pun, ini bisa memengaruhi kesuburan

Susu kedelai jangan berlebihan via o4uxrk33.com

Para pria yang mengonsumsi makanan berbasis kedelai dalam jumlah besar konon menghasilkan sperma 32 persen lebih sedikit per mililiter. Meskipun wanita yang menopause menemukan makanan berbasis kedelai dapat membantu karena efek estrogenik yang ringan, namun sebaliknya justru dapat membahayakan kesuburan pria lo. Jadi batasi dulu minum susu kedelai meski kamu sangat suka mengonsumsinya ya.

Advertisement

6. Tak cuma ganggu kesehatan secara umum, mengonsumsi makanan junk food dan gorengan juga nggak disarankan bagi kamu yang sedang program hamil

Stop ah makan makanan sampah via www.youtube.com

Selain mengandum banyak lemak jahat, makanan ini juga bersifat karsinogenik jadi sebaiknya jangan rajin dikonsumsi terlalu banyak. Kalau bisa ya dihindari dan pilih makanan yang lebih sehat.

Selain itu, menghindari rokok minuman beralkohol juga perlu, supaya kesuburan nggak terganggu. Ingat, bukan para istri saja lo yang harus proaktif menjaga gaya hidup sehat, tapi suami pun wajib berusaha untuk menjalani hidup sehat dan mengonsumsi bahan makanan yang tepat agar bisa segera mendapatkan anak. Jangan lupa istirahat cukup dan bebas stres juga penting, agar kesuburan bisa terjaga. Semoga berhasil ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE