Super Canggih, Bund! 6 Mainan Anak ini Mungkin Bakal Populer Banget di Masa Depan Nanti

mainan anak masa depan

Saat ini banyak anak yang menghabiskan banyak waktunya di depan layar laptop maupun telepon pintar milik para orang tua, begitulah teknologi saat ini dipakai sebagai pengganti permainan untuk si kecil supaya mereka tenang dan tak merasakan kesepian. Mereka melupakan permainan konvensional yang membuat lebih aktif dan terlibat ketika memainkannya. Ternyata beberapa perusahaan pencipta mainan melihat peluang ini untuk membuat mainan anak yang bentuknya mungkin tak beda jauh dengan permainan zaman dulu namun dengan sentuhan teknologi.

Advertisement

Fitur-fitur yang ada dikembangkan sedemikian rupa hingga membuat si kecil bisa makin betah dan otaknya juga terasah. Mereka juga tetap bisa menjadi pemain yang aktif dan terlibat ke dalam beberapa ‘permainan dari masa depan ini.’ Yuk simak apa saja!

1. Dinosaurus menjadi hewan yang berkembang di imajinasi anak-anak. Cognitoys Dino merupakan permainan berbentuk dinosaurus yang interaktif

Cognitoys/ Credit: Trendhunter via www.trendhunter.com

Cognitoys Dino merupakan sebuah permainan berbentuk dinosaurus plastik yang menggunakan teknologi artificial intelegent milik IBM’s Watson dan sebuah sistem Elemental Path’s Friendgine yang membuat dino ini belajar dan beradaptasi. Terdapat Wi-fi di tubuhnya yang memungkinkan mainan ini berkembang sesuai dengan apa yang ia dengar dari si kecil yang bermain dengannya sehingga bisa mengadaptasi programnya sesuai dengan usia serta kemampuan edukasi. Dino ini bisa menghapal nama anak, mendongeng, menjawab pertanyaan, dan memainkan games berkaitan dengan matematika dan bahasa.

2. Permainan jenga bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga, kini permainan ini di-upgrade menjadi lebih canggih bernama Hoverkraft

Hoverkraft/ Credit: entertainmentearth via www.entertainmentearth.com

Kamu mungkin biasanya memainkan permainan ini ketika sedang berkumpul termasuk dengan si kecil. Jenga biasanya dimainkan dengan alas yang datar, dirasa kurang menantang akhirnya ada permainan Hoverkraft yang dimainkan dengan cara yang mirip. Bedanya, pemain harus menumpuk beberapa objek di alas yang mengambang dan menjaganya agar tak jatuh berantakan.

Advertisement

3. Bermain sekaligus mengeksplor keahlian si kecil bisa dilakukan dengan menggunakan Thymio yang akan mengajari anak coding dengan fun

Thymio/ Credit: robot advance via www.robot-advance.com

Thymio merupakan sebuah permainan yang akan mengajarkan anak-anak mengenai dasar robotika dan komputer dengan cara yang menyenangkan. Mainan ini sudah diprogram sebelumnya namun anak-anak juga memiliki pilihan untuk memprogramnya sendiri dengan cara yang sangat sederhana.

4. Roominate 2.0 didesain untuk para anak perempuan yang tertarik di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika

Roominate/ Credit: Solid Smack via www.solidsmack.com

Dengan permainan ini, anak-anak perempuan bisa menciptakan dunianya sendiri. Mereka bebas membuat desain, mempraktikkan untuk menaruh kabel sesuai dengan tujuan, dan membangun apapun yang ingin mereka buat. Mereka bisa membuat rumah-rumahan yang bisa bergerak di beberapa sisinya, membuat ayunan, hingga pencuci mobil dalam bentuk sikat yang berputar.

5. Pasir kinetik mungkin sekarang sudah mulai bisa ditemui di beberapa tempat, namun mainan ini merupakan inovasi yang kreatif lo

Pasir kinetik/ Credit: thesprucecrafts via www.thesprucecrafts.com

Jika sebelumnya anak-anak harus pergi ke pantai jika ingin bermain pasir, kini mereka bisa bebas bermain pasir di dalam ruangan. Yang menjadi nilai plus dari permainan sederhana ini adalah pasirnya yang tak akan berceceran dan membuat  ruangan berantakan karena sengaja dirancang supaya mudah menyatu layaknya magnet dan mudah pula untuk dibentuk.

Advertisement

6. Menghidupkan sedotan dalam bentuk robot sederhana bisa dilakukan dengan mainan bernama Quirkbot

Quirkbot/ Credit: Strawbees via strawbees.com

Jika selama ini si kecil senang dengan mainan lego, Quirkbot menawarkan versi lebih lanjut dari mainan tersebut. Rangkaian benda yang disusun akan menjadi lebih hidup berkat pemrograman yang bisa dilakukan. Akan tetapi, benda yang disusun merupakan sedotan yang sudah disiapkan satu paket dengan peralatan lainnya. Anak-anak sudah mulai bisa memainkannya karena menurut klaim, pemograman cukup mudah untuk dilakukan.

Wah, semakin ada-ada saja ya permainan anak zaman sekarang. Tak hanya memainkan bentuk jadinya saja, bahkan mereka juga bisa mulai membuat robot sendiri dengan pemrograman sederhana. Tak hanya bermain, otaknya juga akan terus berkembang karena berbagai pelajaran tersembunyi di balik permainan canggih dari masa depan ini. Nggak kebayang bakal secanggih apa nanti mainan cucu dan cicit kita ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE