4 Cara Aman Mengatasi Kelilipan pada Balita. Mudah dan Minim Risiko!

Mengatasi Kelilipan Pada Balita

Hal yang kerap kali dialami anak-anak ketika bermain di luar ruangan adalah kelilipan. Kelilipan sangat umum terjadi khususnya mereka yang menyukai aktivitas terbuka. Tak dimungkiri kalau usia balita merupakan masa-masa yang mengasyikkan karena mereka akan lebih explore banyak permainan khususnya di ruangan bebas. Tak heran jika anak seringkali mengalami kelilipan. Bagi mereka mungkin langsung dikucek karena merasa nggak nyaman lantaran ada hal yang mengganggu seputar mata.

Advertisement

Kelilipan sebenarnya nggak hanya dialami ketika anak bermain di luar ruangan saja. Mereka yang bermain di dalam rumah pun juga bisa mengalaminya. Anak yang mengalami kelilipan di dalam rumah dan didapati oleh ibunya, biasanya akan diminta ibunya untuk  membuka matanya untuk ditiup. Cara tersebut dilakukan agar debu atau benda lain yang menyebabkan kelilipan bisa keluar dan anak merasa nyaman lagi.

Namun cara tersebut ternyata kurang efektif lo, Moms. Agar lebih aman, berikut ada beberapa cara paling mudah dan aman mengatasi kelilipan pada anak!

1.Memanfaatkan cotton buds atau kapas basah yang sudah dibasahi dengan air matang

Photo by Olivier Bergeron on Unsplash

Akan lebih praktis menggunakan cotton buds, namun jika nggak ada bisa menggunakan kapas. Moms bisa membasahi kapas atau cotton buds dengan air matang, kemudian usapkan pada bagian ujung mata ke arah luar. Cara ini efektif untuk menganggat debu atau kotoran penyebab kelilipan.

Advertisement

2.Membasuh mata si kecil dengan air bersih. Usahakan memakai air hangat ya, Moms

Photo by Caleb Woods on Unsplash

Cara yang bisa dilakukan di sini adalah dengan menyiapkan wadah kecil yang diisi dengan air hangat. Selanjutnya, Moms bisa meminta si kecil untuk memcelupkan matanya yang kelilipan ke dalam wadah tersebut sambil mengedipkannya. Ini dilakukan agar kotoran yang membuat kelilipan akhirnya ikut keluar.

3.Menggunakan tetes mata khusus untuk anak-anak agar lebih aman

Photo by Hans Reniers on Unsplash

Pasalnya, tetes mata orang dewasa memiliki komposisi yang berbeda untuk anak-anak. Moms bisa memberi si kecil tetes mata khusus anak-anak ketika mereka kelilipan. Ini akan membantu partikel debu keluar secara alami sehingga mata akan kembali nyaman.

4.Jangan biarkan si kecil mengucek mata karena hanya akan membuat mata merah dan iritasi

Advertisement

Photo by Jelleke Vanooteghem on Unsplash

Secara spontan, anak akan mengucek matanya ketika kelilipan. Hal ini justru akan menyebabkan iritasi pada mata. Ketika Moms kebetulan tidak mendapati anak saat mengalami kelilipan, sebaiknya berikan edukasi karena kondisi tangan anak tidak selalu bersih sehingga saat menguceknya justru akan semakin iritasi.

Reaksi anak-anak ketika mengalami kelilipan memang berbeda-beda. Ada yang spontan mengucek bahkan ada yang menangis karena tidak nyaman. Untuk itu, pentng bagi para Moms untuk memberi tahu si kecil agar tidak langsung menguceknya. Mengucek hanya akan membuatnya iritasi, terlebih jika tangannya kotor. Itulah cara aman mengatasi kelilipan pada balita. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Follow Mamin di Instagram @hipweeyoungmom atau gabung ke Support Group di Whatsapp juga yuk. Media curhat yang fun, menghadirkan konten-konten inspiratif dan terpercaya buat para moms #KarenaSemuaIbuBerhakBahagia
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

belum lengkap kalau belum ngopi item

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE