Fakta Pola Asuh Nagita Slavina ke Rafathar. Sopan Santun dan Rendah Hati yang Terpenting!

Parenting Nagita Slavina

Sikap rendah hati adalah karakter penting yang harus dimiliki oleh tiap individu. Sikap ini nggak bisa dipelajari secara instan, karena perlu pembiasaan dan butuh pengalaman hidup yang membentuk sikap rendah hati ini. Untuk itu, Moms perlu menanamkan sikap rendah hati pada anak sejak dini. Hal ini juga dilakukan oleh artis  cantik Nagita Slavina, lo!

Advertisement

Nagita atau yang akrab disapa Gigi, menyadari bahwa pendidikan karakter anak nggak semuanya bisa didapatkan di sekolah. Sehingga ia dan Raffi Ahmad, suaminya berusaha menanamkan sikap-sikap positif dari lingkungan keluarga. Salah satu prioritas Gigi adalah menanamkan sikap rendah hati pada anak sejak dini. Yuk Moms, intip cara Gigi menanamkan sikap rendah hati pada Rafathar, putranya. Moms juga bisa coba, ya!

Orang tua dan lingkungan tempat tinggal adalah role model bagi anak untuk bersikap rendah hati. Hal ini pun disadari betul oleh Gigi

Dilansir dari Viva, Gigi menuturkan bahwa dalam mendidik Rafathar ia harus memberi contoh dengan tindakan nyata. Usia anak-anak memang masih sulit menerima kalimat-kalimat yang menuntut, karena mereka masih kesulitan untuk berpikir abstrak. Sehingga, memberi contoh atau menjadi role model bagi anak adalah cara paling tepat untuk menanamkan sikap rendah hati pada anak.

Advertisement

Nggak hanya Moms dan Dads saja yang bisa menjadi contoh bagi anak, Moms juga bisa meminta dukungan lingkungan misalnya kakek, nenek, atau orang dewasa lainnya yang dekat dengan anak. Hal ini juga dilakukan oleh Gigi, lo. “Karena dia (Rafathar) aku ajari sejak umur 3 tahun, dimulai dari orangtua dan lingkungannya dengan mengingatkan orang yang lebih dewasa mencontohkan sikap yang baik,” tutur Gigi, dinukil dari Viva.

Nagita senantiasa mengajak anaknya berbagi, demi melatih empati dan menanamkan nilai-nilai rendah rendah hati

Gigi dan Raffi sering sekali mengajak Rafathar ketika melakukan kegiatan sosial. Entah berbagi kepada karyawan maupun orang lain di luar lingkungan tempat tinggal. Gigi mengaku hal ini untuk melatih Rafathar supaya terbiasa berbagi apa pun yang ia miliki.

Moms juga bisa mencontoh Gigi untuk mengajak anak berbagi. Misalnya memilih pakaian pantas pakai untuk disumbangkan ke yayasan sosial atau menyisihkan sebagian uang jajan untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Menerapkan 3 magic words: maaf, tolong, dan terima kasih. Menurut Gigi, hal sederhana ini akan mengejarkan anak memahami sopan santun hingga ia dewasa nanti

Sopan santun adalah hal penting dalam menanamkan sikap rendah hati. Hal ini akan mengajarkan anak cara menanggapi perilaku orang lain dengan cara menghargai mereka. Seperti yang dilakukan Gigi, Moms bisa menerapkan kata-kata sederhana seperti “maaf,” ketika melakukan kesalahan. “Tolong”, ketika membutuhkan sesuatu. Dan “terima kasih,” setelah menerima atau mendapatkan sesuatu.

Bukan hanya pada Gigi dan Raffi, Rafathar juga dididik untuk menghormati orang lain di rumahnya seperti ART atau karyawan RANS sendiri

Kedekatan Rafathar dengan Lala, pengasuhnya, sering menjadi sorotan media. Maklum, Lala selalu ada untuk Rafathar ketika Gigi dan Raffi sibuk, apalagi Lala sudah mengasuh Rafathar sejak ia masih bayi. Namun, ternyata Gigi juga yang mengajarkan Rafathar untuk bersikap baik dan sopan pada Lala. Nggak segan-segan, Gigi bersikap tegas jika Rafathar nggak mau menurut dengan arahan Lala. Bahkan, meski memiliki pengasuh sendiri, Gigi tetap mengajarkan Rafathar untuk melakukan hal yang bisa ia lakukan sendiri, tanpa meminta bantuan Lala.

Melatih spiritual anak dengan hal kecil, Gigi pun selalu menanamkan nilai-nilai agama ke Rafatahar baik dengan rutin mengaji atau berdoa sebelum mau melakukan sesuatu

Nggak bisa dipungkiri bahwa spiritual anak bisa mengajarkannya kesabaran, di mana kesabaran merupakan hal penting dalam sikap rendah hati. Hal ini pula yang dilakukan Gigi saat Rafathar ingin memiliki adik. Gigi meminta Rafathar untuk bersabar dan berdoa, supaya bisa memiliki adik. Gigi juga meminta Rafathar untuk menyayangi saudara-saudaranya yang masih kecil sembari menunggu bisa memiliki adik sendiri.

Moms, juga bisa lakukan ini ya, ketika anak punya permintaan yang belum bisa Moms wujudkan. Hal yang paling penting, Moms bisa memberi pengertian pada anak dengan bahasa yang sederhana.

Nah, Moms bisa melihat sendiri ya bagaimana sikap Rafathar yang sering disorot media dan menuai pujian dari warganet. Moms juga bisa lo, belajar dari cara Gigi ini dalam menanamkan sikap rendah hati pada anak. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE