5 Rekomendasi Pasta Gigi Bebas Fluoride untuk Anak yang Baru Belajar Sikat Gigi. Aman Buat Bayi

pasta gigi anak tanpa fluoride

Tahukah ibu bahwa gusi dan gigi si kecil sebaiknya dirawat sedini mungkin agar bisa tumbuh sehat dan kuat? Salah satu cara yang bisa dilakukan sejak bayi, bahkan saat gigi belum tumbuh adalah dengan rajin membersihkannya dengan kain lembut atau kain kasa yang dibasahi air hangat. Saat gigi si kecil mulai tumbuh, ibu bisa mulai menyikatnya dengan sikat gigi silikon atau sikat gigi khusus bayi dan pasta gigi bebas fluoride.

Advertisement

Kenapa pasta gigi bayi di bawah 2 tahun harus bebas fluoride? Karena bayi di bawah 2 tahun biasanya belum paham cara berkumur yang baik sehingga dibutuhkan pasta gigi yang tetap aman digunakan meski tak sengaja tertelan. Kandungan fluoride jika tertelan anak berisiko mengakibatkan anak mual, muntah bahkan diare. Untungnya sekarang ada banyak banget di pasaran pasta gigi bebas fluoride yang bisa ibu coba untuk merawat gigi si kecil. Cek yuk rekomendasinya berikut ini!

1. Yang pertama ada merek Pigeon yang mungkin sudah sering kamu lihat di toko bayi. Harganya juga relatif sangat terjangkau, Moms

Credit: Bukalapak Review via review.bukalapak.com

Pasta gigi Pigeon punya beberapa varian rasa yang disukai anak seperti stroberi dan jeruk untuk si kecil. Dibuat khusus untuk bayi dan balita, pasta gigi ini nggak mengandung fluoride tapi tetap mampu membersihkan gigi dan gusi si kecil dengan efektif. Harganya juga relatif sangat terjangkau yaitu sekitar Rp15.500,00 saja untuk 45 gram dan bisa ibu beli di sini.

2. Berikutnya ada merek Dr. Brown’s yang juga jadi favorit banyak ibu untuk menyikat gigi bayi. Sedikit mahal, tapi habisnya cukup lama juga karena pakainya nggak usah banyak

Credit: Kumparan via kumparan.com

Pasta gigi bayi ini punya 2 varian rasa yaitu pir+apel dan stroberi. Pastanya yang agak bening cukup digunakan sedikit saja untuk membersihkan gusi dan gigi anak. Dibandrol dengan harga Rp153.200,00 untuk kemasan 40 gram, produk ini relatif sedikit lebih mahal tapi nggak cepat habis karena dipakai sedikit saja sudah cukup. Kelebihannya, pasta gigi diklaim tidak berbusa, tidak mengandung pengawet dan pewarna sintetis. Pasta gigi ini bisa ibu beli di sini ya.

Advertisement

3. Chicco Dentifricio Toothpaste juga bisa jadi pilihan pasta gigi bebas fluoride untuk anak lo, Moms

Credit: Chicco Indonesia via chicco.co.id

Yang ini mungkin masih jarang terdengar, tapi bisa jadi pilihan juga kalau anak bosan atau enggan mencoba varian yang sudah Hipwee sebutkan sebelumnya. Pasta gigi ini bebas fluoride dan punya varian rasa stroberi yang disukai anak-anak. Formulanya lembut membersihkan plak tanpa merusak lapisan enamel gigi bayi. Harganya Rp99.900,00 dan bisa kamu dapatkan di sini.

4. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste mungkin masih jarang terdengar di telingamu, tapi di beberapa toko bayi besar dan marketplace produk ini cukup banyak kok dijual

Credit: Mooimom via www.mooimom.id

Berikur ada merek Little Tree yang diformulasikan dengan Xylitol, kalsium, ekstrak daun Blueberry, Vitamin C & E, dan juga kandungan bahan-bahan alami lainnya. Aman buat si kecil karena bebas fluoride. Rasanya ada banyak banget, tinggal pilih yang yang paling disukai si kecil. Ada 5 varian rasa yang ditawarkan, yaitu stroberi, anggur, apel, jeruk, dan melon. Nah, untuk 70 gram, harganya dibandrol sekitar Rp99.000,00. Bisa ibu beli di sini ya.

5. Terakhir ada pasta gigi Jack n’ Jill yang juga banyak digunakan mama-mama selebgram untuk bayi mereka. Rasanya ada beraneka ragam!

Advertisement

Credit: Tokopedia Mitra Rezeki via www.tokopedia.com

Diklaim dibuat dari bahan-bahan organik dan natural, pasta gigi anak bebas fluoride ini aman untuk si kecil dan punya 5 varian rasa yang enak seperti pisang, blackcurrant, stroberi, blueberry, dan raspberry. Pasta gigi Jack N’ Jill ini diklaim bebas bahan alergen (zat pencetus alergi) jadi sangat aman jika tertelan. Pasta gigi ini bebas Sodium Lauryl Sulphate (SLS), pemanis buatan seperti sakarin, sorbitol, sucralose, flouride, pewarna buatan dan pengawet. Harganya bervariasi, mulai sekitar Rp56.000,00 untuk 50 gram dan bisa ibu beli di sini.

Yuk ajak si kecil rajin sikat gigi dan membersihkan mulut sejak dini. Biar giginya sehat terus dan pas gede, bisa selalu tersenyum dengan percaya diri. Selamat memilih pasta gigi, Moms!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE