Mengulik ‘Rainbow Baby’ Irish Bella; Apa yang Harus Dilakukan Saat Hamil Lagi Setelah Keguguran?

rainbow baby

Setelah sempat melalui masa-masa sulit karena harus kehilangan dua bayi sekaligus pada bulan Oktober 2019 lalu, kini Irish Bella dan Ammar Zoni tampak tengah berbahagia. Pasalnya, pasangan ini kembali akan dikaruniai seorang bayi! Kabar ini disampaikan melalui sebuah video Youtube dengan konten Wishper Challenge dimana Irish memberi tahu kejutan tersebut kepada suaminya. Namun, walau kabar tersebut terdengar membahagiakan, Irish juga merasakan kebingungan setelah memeriksakan kehamilan tersebut ke rumah sakit. Ia diberi tahu bahwa kandungannya masih lemah sehingga harus bed rest dan nggak boleh kemana-mana untuk sementara.

Advertisement

Kehamilan setelah keguguran ini biasanya disebut sebagai rainbow baby. Hal ini menjadi sangat berarti bagi pasangan yang sebelumnya pernah merasakan kehilangan karena keguguran. Untuk selengkapnya, simak penjelasan Hipwee Young Mom berikut ini yuk!

Istilah rainbow baby merujuk pada kehadiran janin di dalam rahim setelah terjadi sesuatu pada kehamilan sebelumnya

Sempat kehilangan bayi kembar/ Credit: Irish Bella via www.instagram.com

Dilansir dari Parents, menurut seorang obgyn yang bersertifikat, Jennifer Kulp-Makarov, M.D., FACOG menjelaskan bahwa rainbow baby adalah kehadiran janin setelah terjadinya keguguran, stillbirth, atau kematian neonatal. Disebut rainbow baby karena kehamilan tersebut dianggap seperti pelangi yang hadir setelah badai atau sesuatu yang indah setelah sesuatu yang gelap dan menyeramkan. Kehilangan seorang bayi juga dianggap sebagai sesuatu yang menguras secara emosional sehingga bisa hamil kembali dianggap sebagai keajaiban.

Menurut penelitian ternyata prinsip hamil setelah keguguran adalah lebih cepat, lebih baik. Simak dulu nih penjelasannya

Credit: Babycenter via www.babycenter.com

Dilansir dari Hello Sehat, ternyata seorang wanita bisa mencoba untuk hamil lagi secara langsung setelah kondisi pulih dan siap secara fisik maupun mental. Bahkan menurut penelitian, wanita yang hamil dalam kurun waktu 6 bulan sejak keguguran akan memiliki kehamilan yang lebih baik serta komplikasi yang lebih rendah daripada mereka yang malah menunggu lama untuk hamil lagi. Namun, hal ini tidak bisa sembarang dilakukan di semua kondisi. Jika wanita menunjukkan tanda-tanda infeksi atau justru mengalami prosedur yang traumatis, maka kehamilan tidak perlu buru-buru dilakukan.

Advertisement

Jika menurut penelitian sebaiknya kehamilan pasca keguguran dipercepat, justru berbeda dengan saran WHO yang harus menunggu beberapa bulan terlebih dahulu jika ingin hamil lagi

Credit: The Bump via www.thebump.com

Masih dilansir dari sumber yang sama, WHO ternyata memiliki perbedaan pendapat perihal yang satu ini. Mereka merekomendasikan untuk menunggu paling tidak 6 bulan pasca keguguran bahkan ada juga yang harus menunggu sampai 18 bulan. Jika tes atau pengobatan penyebab keguguran tidak dilakukan maka menurut American Pregnancy Association setidaknya harus menunggu sampai dua atau tiga periode menstruasi. Hal ini disebabkan jika tubuh masih belum siap, yang ditakutkan justru keguguran malah terjadi kembali. Sekaligus kondisi rahim juga perlu beberapa waktu untuk kembali pulih.

Seperti Irish Bella, perasaan wanita yang sedang mengalami rainbow baby tak melulu senang tapi bisa cemas juga dan hal ini perlu menjadi perhatian

Harus didukung/ Credit: Aish TV Youtube via www.youtube.com

Dilansir dari Healthline, perasaan campur aduk memang wajar terjadi pada saat mengalami rainbow baby. Perasaan tersebut seperti sedih karena masih berduka, merasa bersalah, senang, dan gembira. Wanita-wanita ini juga memiliki kemungkinan lebih tinggi dalam mengalami depresi postpartum. Memproses emosi-emosi ini penting dan dukungan dari partner juga merupakan sesuatu yang perlu. Kamu juga perlu berkonsultasi dengan tim medis yang profesional serta berkoneksi dengan orang yang memiliki pengalaman serupa.

Walaupun disebut rainbow dan terdengar sebagai kabar baik, namun bukan berarti wanita yang sedang mengalami hal ini bakal sepenuhnya merasakan kebahagiaan karena biasanya juga akan bercampur cemas nan was-was. Oleh karena itu, dukungan dari suami amat sangat diperlukan. Melakukan pengecekan secara intensif ke profesional juga wajib dilakukan demi mengetahui apa saja yang terjadi pada tubuh ibu dan janin. Jika saat ini kamu sedang mengalami hal serupa seperti Irish Bella, semangat dan semoga kehamilanmu sehat selalu ya!

Follow Mamin di Instagram @hipweeyoungmom atau gabung ke Support Group di Whatsapp juga yuk. Media curhat yang fun, menghadirkan konten-konten inspiratif dan terpercaya buat para moms #KarenaSemuaIbuBerhakBahagia
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE