Rambut Mendadak Rontok Pasca-Melahirkan Jangan Sampai Bikin Tambah Stres, ini Trik Mengatasinya

rambut rontok setelah melahirkan

Menjadi ibu adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh para wanita. Namun beberapa ibu muda atau ibu baru sering kali merasa cemas karena rambutnya tiba-tiba rontok sehingga berpikiran yang macam-macam.

Advertisement

“Duh gimana nih? Kok rambutku jadi rontok gini ya? Kenapa ya?”

Untukmu para calon ibu dan ibu muda, kerontokan rambut setelah melahirkan adalah hal normal selama beberapa bulan awal sejak melahirkan, bahkan bisa hingga usia anak mencapai satu tahun. Ini bukan disebabkan oleh stres atau salah sampo kok. Yuk kita ulas lebih jauh lagi bagaimana kerontokan bisa terjadi pada ibu setelah melahirkan!

Saat hamil, rambut cenderung tumbuh lebih lebat, namun setelah melahirkan justru terjadi kerontokan hebat

rontok setelah melahirkan itu normal via dhiglobal.com

Hal ini wajar terjadi, karena hormon tubuhmu akan berubah secara signifikan setelah melahirkan. Dilansir dari laman Alodokter, kadar homor estrogen di dalam tubuh ketika hamil mengalami kenaikan sehingga mempercepat pertumbuhan rambut. Sedangkan setelah melahirkan produksi ekstrogen akan kembali normal. Nah, inilah alasan di balik banyaknya rambut rontok setelah melahirkan. Dengan kata lain, kerontokan rambut setelah melahirkan erat kaitannya dengan kadar hormon di dalam tubuh. Jadi, jangan terlalu panik ya, Guys!

Kerontokan rambut setelah melahirkan memang wajar terjadi, namun kamu bisa melakukan beberapa perawatan pada rambut agar mengalami kebotakan

nutrisi untuk rambut rontok via cararambutku.blogspot.com

Dilansir dari laman Alodokter, sangat wajar jika rambutmu menjadi lebih tipis setelah melahirkan. Namun sayangnya, sejauh ini, belum ada cara yang terbukti dapat mencegah kerontokan rambut setelah persalinan. Jika kamu khawatir, kamu bisa mencoba beberapa hal berikut untuk membuat rambutmu terlihat lebih lebat dan sehat:

1. Perlakukan rambut dengan lembut

Perlakuan lembut yang bisa dilakukan biasanya dengan tidak mengaplikasikan gaya rambut yang neko-neko. Oleh karena itu hindari mengikat rambut apalagi mengepangnya. Ketika menyisir pun kamu bisa gunakan sisir yang lebih renggang dan sisirlah dengan pelan.

2. Kurangi menggunakan pengering rambut atau tatanan rambut lainnya

Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer atau melakukan tatanan langsung dengan alat-alat elektronik dapat memberi suhu panas pada rambut sehingga membuat rambut jadi lebih tipis.

Advertisement
3. Memakai kondisioner juga tidak disarankan ya, Guys!

Karena tidak sabar ingin rambutmu cepat tumbuh, kamu justru menggunakan kondisioner untuk menyiasatinya, padahal keliru! Kondisioner justru akan membuat rambut tipismu jadi lebih lepek sehingga terlihat lebih tipis.

4. Konsumsi makanan sehat dan vitamin yang cukup

Untuk membantu pertumbuhan rambut kembali, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan vitamin. Misalnya telur, susu, sayuran, dan buah-buahan. Zat besi, vitamin D, vitamin C, magnesium, dan omega 3 merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan rambut sehat.

Jika teknis mengatasi kerontokan rambut ini belum berhasil dan kerontokan yang kamu alami masih berlanjut hingga anak berusia satu tahun, kamu bisa berkonsultasi dengan deramtologis. Hal ini dapat kamu lakukan agar meyakinkan bahwa kerontokan yang terjadi bukan hanya efek dari persalinan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

CLOSE