Lebaran sudah di depan mata, banyak di antara kalian papa mama muda mungkin sedang sibuk mempersiapkan mudik, bahkan mungkin sudah dalam perjalanan. Mudik bisa jadi sedikit menyita waktu dan perhatian, terutama jika mudikmu tahun ini bersama si kecil. Hmm, bisa kebayang deh sibuknya!

Mudik bersama bayi atau balita bisa jadi tantangan tersendiri bagi orang tua baru, karena anak bisa jadi ‘kaget’ saat harus melakukan perjalanan panjang pertama kali. Nah, kali ini Hipwee Young Mom akan memberimu sedikit tips untuk menjaga stamina si kecil, agar ia tidak mudah sakit. Yuk, simak ulasannya!

1. Agar si kecil tidak kecapekan saat mudik, usahakan si kecil untuk istirahat dengan cukup

Istirahat yang cukup via www.pexels.com

Advertisement

Si kecil memang perlu melakukan kegiatan-kegiatan untuk mengembangkan kreativitasnya, tetapi ia juga butuh istirahat lo. Pastikan jam tidurnya cukup dan berkualitas sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak dan tidak sering terbangun-bangun. Meski sedang dalam perjalanan mudik, tetap sediakan tempat dan waktu bagi anak tidur ya!

2. Kebersihan selalu jadi hal utama yang harus kamu perhatikan, agar si kecil terhindar dari kuman dan penyakit berbahaya

Jaga kebersihan ya! via www.pexels.com

Kebersihan tubuh, pakaian, makanan atau minuman dan lingkungan si kecil perlu menjadi perhatian utamamu. Pasalnya kuman bisa ada dimana-mana dan membuat si kecil rawan sakit. Dengan polah tingkah si kecil yang tidak bisa diam, ini membuat mereka memiliki risiko tinggi terpapar oleh kuman-kuman yang ada. Bukan berarti anak harus steril 100%, tapi penting lo menjaga agar tak ada virus atau kuman berbahaya menyerang si kecil.

3. Ajak si kecil untuk melakukan olahraga secara rutin agar tubuhnya tetap sehat dan bugar. Nggak harus yang susah-susah, cukup dengan mengajaknya bermain dengan ceria dan menggerakan anggota tubuhnya

Olahraga ringan via parenting.firstcry.com

Olahraga secara rutin dipercaya dapat meningkatkan sel imun alami pada anak. Nah, jika usia si kecil sudah memungkinkan untuk melakukan olahraga, kamu perlu mengajak si kecil berolahraga ringan setiap harinya dengan mengajaknya bangun pagi dan berjalan-jalan santai.

4. Meski masih kecil, si kecil bisa saja lo mengalami stres seperti kita yang dewasa ini. Demi kesehatan dan stamina yang terjaga, bantu anak agar bisa terhindar dari stres dan tetap bisa menikmati setiap waktunya

Jangan biarkan anak stress via www.pexels.com

Advertisement

Stres selama persiapan bahkan menjalani mudik bisa saja terjadi. Ini bisa dicegah, dengan orang tua yang terlebih dulu menghindari stres dan bisa membantu anak untuk memiliki mood yang terjaga baik dan menyenangkan selama liburan. Memberikan pemahaman pada si kecil tentang lelah dan hectic-nya situasi mudik juga perlu diberikan jika anak sudah mampu diajak berkomunikasi, agar anak tahu apa yang dirasakannya wajar dan bisa diatasi.

5. Selain aktivitas fisik yang terjaga baik, si kecil juga perlu multivitamin yang akan membuatnya bugar dan tak mudah terserang penyakit

Minum multivitamin dong via www.wonderopolis.org

Anak bisa jadi memiliki daya tahan tubuh yang belum sebaik orang dewasa, sehingga membuat mereka rawan terserang penyakit. Nah, agar si kecil tidak mudah sakit dan lelah saat mudik, kamu perlu memberi mereka multivitamin khusus anak lo. Ini akan membantu melindungi daya tahan tubuh mereka di perjalanan yang melelahkan.

Itu tadi tips yang bisa kamu lakukan agar stamina si kecil tetap terjaga ketika mudik nanti. Selamat mudik, semoga perjalanan kalian menyenangkan dan selamat sampai tujuan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya