5 Tips Mudik Ibu Hamil dengan Berbagai Moda Transportasi. Silaturahmi Lancar, Ibu dan Janin Aman!

mudik ibu hamil aman

Tak terasa Idulfitri sebentar lagi tiba. Banyak yang sudah memesan tiket berbagai moda transportasi, demi bertemu dengan keluarga. Termasuk mungkin kamu yang saat ini sedang mengandung calon buah hati. Bisa jadi, diam-diam kamu sedikit  khawatir saat menghadapi hal ini, bahkan ragu-ragu untuk benar-benar mudik dengan perut yang mulai membesar. Aman nggak ya?

Advertisement

Tenang,  kamu tetap bisa kok mudik dengan aman walau sedang hamil, asal kamu memperhatikan beberapa hal berikut saat memakai moda transportasi mudik yang berbeda. Cek ulasannya berikut ini sampai habis ya!

1. Mudik naik motor mungkin terdengar murah dan cepat karena bisa menyalip-nyalip. Tapi sebenarnya mudik naik motor aman nggak sih?

Duh, mending jangan deh via merahputih.com

Jika kamu berpikir mudik dengan motor akan aman saat kamu sedang hamil apalagi hamil muda, sebaiknya kamu mempertimbangkan ulang. Walau baby bump-mu belum terlihat, janinmu sedang dalam proses tumbuh lo. Mudik pakai motor berbahaya karena kemungkinan melewati jalanan yang tidak rata hingga kelelahan di jalan akan mengganggu kesahatanmu dan sang buah hati.

2. Mobil biasanya menjadi pilihan yang sering dipertimbangkan saat mudik karena tak perlu bergantung pada pihak yang lain

Jangan lupa pakai seatbelt via www.stocksy.com

Saat mudik dengan mobil pribadi, kamu bisa membuat tempat dudukmu senyaman mungkin apalagi jika perjalanan yang ditempuh jauh. Bawalah bantal untuk kennyamanan. Pilih baju-baju yanng longgar dan dapat menyerap keringat. Kamu juga perlu istirahat setiap dua jam sekali dan tidak perlu terburu-buru. Jangan lupa bawa makanan dan minuman yang alami. Usahakan untuk tidak menyetir sendiri ya.

Advertisement
3. Selain karena biaya yang relatif terjangkau, kereta api sering dipilih untuk mudik karena nyaman dan tak perlu menyetir sendiri. Ya, kecuali jika kamu masinisnya sih~

Naik kereta api via www.babycenter.com

Saat memesan tiket kereta api, jika memiliki bujet yang cukup kamu bisa memilih kereta yang memiliki fasilitas yang membuatmu lebih nyaman walau dengan harga yang lebih mahal. Jangan lupa pilih tempat duduk yang dekat dengan toilet. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi rasa mual yang sering terjadi. Pun ibu hamil biasanya lebih sering merasa ingin buang air kecil. Siapkan juga baju yang nyaman dan makanan untuk bekal dan jangan lupa untuk rutin berdiri dan berjalan-jalan sedikit dalam kereta per 1 jam sekali.

4. Jika ingin lebih cepat, mudik dengan pesawat adalah jawaban. Dengan catatan kalau kamu punya cukup uang ya

Hamil dan naik pesawat via parenting.firstcry.com

Walaupun bersifat aman, tapi mudik dengan pesawat saat hamil juga memiliki beberapa risiko terlebih jika sebelumnya kamu memiliki masalah dengan kandunganmu. Masalah tersebut  seperti keguguran di kehamilan sebelumnya, mengandung bayi kembar, hingga pendarahan. Jadi, sebaiknya diskusikan dulu dengan doktermu ya. Selama di perjalanan kamu bisa melakukan peregangan setiap 15 menit sekali. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak air putih.

5. Alternatif yang bisa dipilih saat kampung halamanmu berada di seberang lautan dan kamu tak ingin menggunakan pesawat adalah dengan naik kapal

Advertisement

Sesuaikan bajumu dengan keadaan dan susana via www.cruisecritic.com

Hal pertama yang perlu kamu cek adalah apakah kapal yang akan kamu tumpangi memperbolehkan ibu hamil menjadi penumpang. Lalu, jangan lupa cek juga kapal tersebut akan berhenti dimana saja jika terjadi keadaan darurat. Fasilitas yang terdapat di dalam kapal juga penting lo kamu teliti agar saat di dalamnya nanti, kamu bisa memilih kegiatan apa yang bisa kamu lakukan.

Walaupun kemungkinan akan aman-aman saja melakukan perjalanan jauh dengan berbagai moda transportasi, tak ada salahnya untuk mengecek dan berdiskusi tentang kehamilanmu dengan dokter terlebih dahulu. Intinya sih, selalu pantau kondisi kesehatanmu dan si calon bayi, agar momen lebaran tetap berjalan lancar dan menyenangkan. Selamat mempersiapkan mudik dan semoga nggak ada banyak #DramaMudik yang berarti ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE