Viral Batita Hilang dari Daycare, Tewas Tanpa Kepala. Cermati 6 Hal ini Saat Pilih Penitipan Anak!

tips memilih day care

Sebuah berita meninggalnya batita berumur 4 tahun bernama Yusuf Ahmad Gazali saat dititipkan di sebuah day care di Samarinda belakangan ini mencuat. Alasannya balita tersebut ditemukan tanpa kepala sejauh 4,5 km dari daycare tempatnya dititipkan. Anak tersebut dititipkan pada Jumat 24 November 2019 pukul 11.00 WITA, ia lalu diketahui menghilang pada pukul 14.30 WITA saat hujan deras melanda. Jenazah ditemukan dua minggu setelahnya atau pada 8 Desember 2019 dalam keadaan sudah tanpa kepala.

Advertisement

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti hilang hingga meninggalnya Yusuf. Dilansir dari Detik, Bu Nurdiana selaku kepala sekolah mengaku bahwa ada seseorang yang menjemput Yusuf saat ia keluar sekolah saat hujan sedang deras. Namun, ada juga dugaan bahwa balita ini dimakan oleh reptil karena ada bekas kulit sejenis reptil ditemukan di mayatnya. Terlepas dari alasan yang belum jelas, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih daycare untuk anakmu. Kita simak yuk!

1. Salah satu hal yang paling penting adalah kamu perlu memperhatikan bagaimana mereka memperlakukan anak-anak dan berinteraksi dengan mereka

Harusnya ikut bermain/ Credit: Artidanis via www.artidanis.com

Dilansir dari Parents, idealnya seorang pengasuh yang ada di daycare akan berada di lantai dan bermain bersama anak-anak atau memangku mereka. Demi perkembangannya, bayi yang masih berusia awal akan membutuhkan hubungan yang dekat, penuh rasa sayang, dan interaktif. Menurut Akademi Pediatri Amerika rasio yang ideal adalah satu pengasuh untuk tiga bayi dengan usia maksimal 24 bulan.

2. Walaupun masih berusia sangat muda, bayi justru juga butuh komitmen pengasuh untuk mengawasinya

Pastikan dia berkomitmen/ Credit: Virtual Lab School via www.virtuallabschool.org

Bayi butuh perhatian yang konsisten dan teprediksi. Berdasarkan seorang terapis keluarga bernama Debra K Shatoff, hal tersebut dapat membuat sebuah ikatan yang terjamin antara anak dan pengasuh. Jika kamu memilih seorang pengasuh di rumah, pastikan kamu membuat kontrak selama satu tahun untuk pekerjaan tersebut. Jika memilih menitipkannya di daycare, cek berapa lama seorang pengasuh biasanya bertahan di sana.

3. Di awal-awal kamu melakukan riset terhadap calon day care atau pengasuh untuk anakmu, kamu harus banyak bertanya. Tak usah takut dibilang bawel

Diajarin apa saja sih/ Credit: Market Report Gazette via www.marketreportgazette.com

Kamu perlu mengecek berbagai kebijakan yang ada di sana. Pastikan apakah mereka mengajarkan kedisiplinan dan benar-benar menerapkannya, apa saja menu makanan yang disediakan, kapan waktu untuk tidur dan bagaimana cara mereka menidurkannya, dan lain sebagainya. Yang tak kalah penting adalah kamu perlu menanyakan bagaimana jika anakmu sakit, penyakit seperti apa yang membuatnya boleh tidak masuk. Begitupun dengan pengasuh, tanyakan apakah ada plan B saat pengasuh tak bisa datang.

4. Walau terkesan rewel, tapi kamu perlu memastikan yang terbaik untuk anakmu. Lakukan pengecekan terhadap tempatnya dan pastikan sesuai dengan kebutuhanmu

Pastikan semuanya bersih/Credit: Peace Saginaw via peacesaginaw.org

Kamu perlu mengecek apakah tempat penitipan ini bersih, aman untuk anak-anak, dan memiliki koleksi buku serta mainan yang sesuai dengan umurnya. Sebaiknya anak-anak yang masih kecil juga tidak terlalu banyak terpapar dengan anak-anak dengan usia yang lebih dewasa. Ssst, sesekali datang tiba-tiba untuk mengecek anakmu juga tidak apa-apa lo karena bisa jadi ada hal yang ternyata berbeda saat mereka tak bersiap-siap.

5. Jika anakmu belum bisa berbicara, kamu hanya mendapatkan informasi selama bayimu ditinggalkan dari pengasuh. Jadi, jangan segan untuk banyak mengobrol

Belum bisa bicara/ Credit: EE Health via www.eehealth.org

Pada pagi hari sebelum meninggalkan si kecil, ada baiknya kamu memberi tahu apa yang terjadi padanya di malam sebelumnya. Mungkin terjadi sesuatu pada tubuhnya, giginya, atau tidurnya yang tidak nyenyak. Saat menjemputnya, kamu bisa bertanya terkait informasi yang berkaitan dengan hal tersebut atau hal apapun terkait keadaan si kecil.

Advertisement

6. Jika di tengah jalan kamu menemui permasalahan, lekas bicarakan dan jangan terlalu banyak menunda hingga menumpuk

Credit: reachinghighernh via reachinghighernh.org

Jika kamu merasa menemukan adanya permasalahan dengan pengasuh maupun tempat penitipannya, kamu perlu membicarakan hal ini sesegera mungkin. Beberapa permasalahan bisa diselesaikan dengan cepat, namun beberapa hal yang lain memerlukan diskusi yang lebih dalam. Selalu lakukan diskusi ini dengan menghargai dan mendengarkan pendapat pengasuh ya.

Bagaimanapun, walau si kecil dititipkan ke daycare atau pengasuh, kamu tetap merupakan seorang pengasuh yang perannya paling penting untuknya. Kamu tetap harus memberikan rasa sayang dan dukungan penuh kepadanya. Dengan dukunganmu dan pengasuh pilihanmu, si kecil bisa bahagia dan tumbuh dengan baik.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE