Mengenal Acroyoga, Tren Olahraga di Kalangan Artis Hamil. Terlihat Ekstrem, Tapi Aman!

Tren Acroyoga artis

Detik-detik menjelang persalinan pastinya bikin deg-degan. Apalagi kalau Moms baru pertama kali mengandung buah hati. Keresahan dan ketakutan lumrah banget dirasakan. Beberapa cara dilakukan demi mengantisipasi kemungkinan buruk saat persalinan nanti. Salah satunya dengan berolahraga rutin untuk menguatkan pinggul dan melatih pernapasan. Di kalangan figur publik, olahraga acroyoga cukup nge-tren, lo. Mulai dari Fairuz A. Rafi, Andien, sampai Tya Ariestya pernah mengikuti yoga dengan gabungan akrobatik ini. Sekilas olahraga ini memang bikin ngilu karena terlihat ekstrem, tapi sebenarnya aman dipraktikkan.

Advertisement

Acroyoga, olahraga yang masih belum populer ini memang bikin orang bertanya-tanya. Banyak orang mungkin bingung acroyoga yang kelihatannya berbahaya dilakukan oleh ibu hamil, justru disebut-sebut malah memudahkan proses persalinan. Supaya Moms nggak salah paham soal acroyoga, yuk kenalan dulu dengan olahraga satu ini.

Fajar Putra, orang di balik naiknya popularitas acroyoga untuk bumil

Istilah acroyoga memang baru terdengar beberapa tahun belakangan. Para artis yang tengah hamil pun terbilang baru menjajal olahraga acroyoga sekitar tahun 2012. Masuknya acroyoga ke Indonesia dan menjadi tren gaya hidup sehat, ternyata nggak bisa dilepaskan dari sosok Fajar Putra. Ialah instruktur acroyoga yang membidik kalangan artis sebagai pesertanya.

Advertisement

Minat pada yoga tumbuh sejak 18 tahun silam. Fajar Putra yang memiliki latar belakang sebagai lulusan Ilmu Komunikasi justru menemukan passion baru di dunia yoga. Pun ia akhirnya menekuni yoga dan menimba ilmu dari instruktur yoga kelas dunia, Honza dan Claudine. Bahkan ia membuka studio yoga miliknya sendiri yang diberi nama Union Yoga. Terhitung selama 15 tahun ia mengajar yoga. Sementara itu, ia mulai mengajar acroyoga sejak 12 tahun lalu. Sejak itu, Fajar menjadi langganan instruktur yoga maupun acroyoga untuk para artis, baik artis yang memang pengin yoga atau sedang menyiapkan diri jelang waktu persalinan.

Memadukan yoga dan akrobatik, gerakanacroyoga kerap bikin khawatir orang awam. Apalagi kalau dilakukan oleh bumil, bikin deg-degan~

Advertisement

Berbeda dengan yoga biasa, acroyoga memang cenderung lebih ekstrem lantaran memadukan gerakan yoga dan akrobatik. Jadi jangan heran misal seseorang harus diangkat ketika mengikuti gerakan acroyoga. Bayangkan bila bumil yang tengah hamil besar diangkat oleh pasangannya dengan kedua kaki, Moms pasti merasa khawatir jika terjadi sesuatu pada sang ibu dan si janin. Kekhawatiran itu wajar, tapi acroyoga tak menakutkan seperti yang dipikirkan kebanyakan orang.

Orang awam yang belum paham soal acroyoga mungkin akan menuding olahraga ini berbahaya. Padahal sebaliknya, acroyoga malah baik untuk ibu hamil. Gerakan acroyoga ternyata mampu membantu bumil melatih pernapasan. Sehingga pernapasannya cukup stabil ketika menjalani persalinan. Selain itu, bumil bisa menguatkan dan melonggarkan area pinggul yang sangat penting dalam proses melahirkan. Mengingat manfaat ini, pantas aja Fajar Putra laris-manis jadi instruktur acroyoga untuk selebritas yang sedang berbadan dua.

Meski terlihat esktrem, acroyoga nyatanya aman kok. Lagipula banyak manfaatnya untuk kesehatan bumil

Secara umum, acroyoga memang menguatkan otot tubuh. Olahraga ini juga bermanfaat memperbaiki struktur tulang, meningkatkan fokus, dan mengencangkan miss V. Bila dilakukan bumil, acroyoga pun memberikan keuntungan terutama menjelang waktu melahirkan. Tubuh Moms akan lebih kuat dan otot pun jadi lebih elastis. Apalagi gerakan yoga memberikan efek relaksasi. Alhasil Moms bisa meredakan stres dan jauh lebih rileks saat waktu persalinan udah di depan mata.

Bumil memang boleh jalani acroyoga, tapi konsultasikan dulu dengan dokter, ya. Ada syarat usia kandungan yang perlu diperhatikan

Walaupun aman dilakukan bumil, ada baiknya Moms berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.  Acroyoga memang memberi rasa nyaman untuk bumil karena otot tubuhnya alami peregangan. Namun, Fajar mengingatkan kalau beberapa gerakan acroyoga cukup berisiko. Melalui Wolipop Detik, Fajar menekankan kalau acroyoga umumnya bisa dijalani bumil kalau usia kandungan udah lebih dari 3 bulan.

Setelah menerima ‘lampu hijau’ dari dokter kandungan, Moms nggak bisa langsung memeragakan acroyoga sendirian. Nggak boleh sembarangan melakukan setiap gerakannya, Moms harus didampingi instruktur terpercaya. Jadi jangan coba-coba melakukan acroyoga di rumah tanpa pengawasan dari instruktur, ya. Bila acroyoga memang cukup rawan untuk janin dan diri sendiri, Moms sebaiknya memilih olahraga lain yang lebih ringan dan nggak neko-neko.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE