Selain pesona alamnya yang luar biasa indah, Indonesia juga diakui sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Lebih dari 80% dari total seluruh penduduk di Indonesia memeluk agama Islam. Karena itu sudah sewajarnya muslim Indonesia diperhatikan oleh dunia. Termasuk dalam daftar The 500 Most Influential Muslims“. Dalam daftar muslim paling berpengaruh di dunia pada tahun 2017 ini, ada 4 nama orang Indonesia di dalam top 50-nya.

Penasaran siapa saja dan bagaimana kisahnya? Nih Hipwee News & Feature punya ceritanya…

‘The 500 Most Influential Muslims’ ini memulai daftarnya dari top 50. Nah 450 nama sisanya dibagi dalam 13 kategori

Ada 4 nama Indonesia di daftar 50 besar via hipwee.com

Kalau kamu membuka daftarnya, buku ini akan mulai dengan sebuah esai tentang kondisi muslim dunia. Pada edisi tahun 2017 ini yang jadi fokusnya adalah keadaan Aleppo dan peperangan yang tengah ada di mana-mana. Seperti yang kita tahu, Aleppo dibombardir dan luluh lantak karena perang. Ini yang disesalkan oleh seluruh muslim dunia. Setelah esai, baru kamu akan menemukan daftar muslim berpengaruhnya.

Di list pertama, kamu akan disuguhi oleh daftar 50 besar muslim berpengaruh dunia. Di dalam list ini adalah tokoh muslim paling penting di mata dunia saat ini. Nah sisa 450 nama lain baru dibagi berdasarkan kategori. Nah kategori-kateroinya antara lain:

Advertisement
  1. Scholarly
  2. Political
  3. Administration of Religious Affairs
  4. Preachers & Spiritual Guides
  5. Philanthropy, Charity & Development
  6. Social Issues
  7. Business
  8. Science & Technology
  9. Arts & Culture
  10. Qur’an Reciters
  11. Media
  12. Celebrities & Sports Stars
  13. Top Extremists

Nah sama seperti edisi 2016 silam, pada tahun ini ada 4 nama Indonesia yang berhasil masuk daftar 50 besarnya. Mulai dari negarawan sampai ulama, ada!

Bahkan Presiden Jokowi pada tahun 2016 duduk di posisi 11 via www.padang-today.com

Salah satu yang wajib kita banggakan adalah terpilihnya 4 orang Indonesia yang masuk dalam daftar 50 besar. Nggak cuma satu, tapi ada 4 nama yang masuk dalam daftar 50 besar. Nama Habib Luthfi Yahya sebagai salah satu ulama Indonesia duduk di posisi 45, Profesor Din Syamsudin berada pada posisi 41 sementara nama KH. Said Aqil selaku ketua NU berada pada posisi 20.

Nah selain 3 pemuka agama yang dihormati di Indonesia tersebut, ada nama Presiden Joko Widodo yang juga masuk dalam daftar 50 besar. Nama Jokowi selaku presiden Indonesia duduk di peringkat 13. Hebatnya, keempat nama di atas juga pada tahun sebelumnya juga masuk dalam “The 500 Most Influential Muslims” edisi 2016 loh.

Meski bukan ulama, nama-nama petinggi negara banyak yang masuk dalam daftarnya. Mereka masuk daftar karena dianggap muslim yang punya pengaruh besar

Bahkan sampai ekstrimis juga masuk daftar via www.thesun.co.uk

Kalau melihat nama-nama dari daftar 50 besar tersebut, kamu akan menemukan cukup banyak nama-nama petinggi negara yang masuk dalam daftarnya. Hal ini karena daftar ini tak cuma fokus pada sisi religius dan sisi ritual keagamaan yang dilakukan saja, namun juga melihat sisi sepak terjangnya dalam berbagai bidang sebagai seorang muslim. Jadi dalam daftar 50 besar ini adalah sosok-sosok muslim yang dianggap penting dalam dunia Islam sebagai penjaga kedamaian dunia.

Jokowi misalnya, meskipun bukan seorang ulama namun ia masuk ke dalam daftar 50 besar karena sebagai muslim kualitas dan kemampuannya memimpin sudah diakui dunia. Track record- nya sejak menjadi seorang penjual mebel hingga menjadi walikota Surakarta, Gubernur Jakarta dan sekarang menjadi Presiden Indonesia, termasuk catatan yang diperhitungkan.

Nah kalau kamu baca kategori yang ada di sana kamu pasti paham kalau tak cuma faktor religiusnya saja yang dihitung. Apalagi dalam daftar 450 nama selain 50 besar. Mulai dari yang politisi hingga nama-nama pemimpin kelompok ekstrimis yang seperti Al-Qaeda ada di dalamnya. Pengen baca selengkapnya, nih baca di sini aja.

Daftar 500 Muslim Berpengaruh tersebut sudah mulai dirilis rutin secara tahunan sejak 2009 silam. Pada tahun 2011 silam bahkan nama SBY pernah duduk di posisi 10 besar karena posisi dan kemampuannya sebagai presiden Indonesia. Hal ini jelas jadi bukti bahwa Indonesia tak pernah dipandang sebelah mata sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya