19 April 2017 jadi hari penting bagi warga Jakarta. Rangkaian pilkada yang super “meriah” ini akhirnya mencapai puncaknya, dan pendukung paslon nomor urut 2 harus berlapang dada. Menurut Quick Count alias hitung cepat, pasangan Anies – Sandi unggul dengan 56% suara. Ya walaupun belum resmi diumumkan oleh KPU, tapi kira-kira kita sudah tahu lah siapa yang akan menjabat jadi Gubernur DKI Selanjutnya.

Setelah proses melelahkan yang membuat netizen bosan sendiri karena banyaknya kontroversi dan isu lain yang bermunculan, akhirnya pesta demokrasi untuk memilih pemimpin ibukota ini selesai. Pilkada Jakarta tahun ini benar-benar menyita perhatian bukan hanya orang Jakarta, tapi sampai penduduk kota lain yang nggak akan ikut nyoblos juga. Semoga setelah ini, media sosial nggak lagi menjadi padang kurusetra bagi dua kubu yang berbeda.

Masih ada 6 bulan masa jabatan gubernur petahana. Setelah itu, calon terpilih akan memulai langkah awal dengan serangkaian program barunya. Nah, masih ingat nggak nih program apa saja yang dijanjikan pasangan Anies – Sandi? Nah, mumpung masih anget-angetnya, Hipwee News & Feature akan ingatkan lagi beberapa programnya, biar nanti kalau mereka lupa kita bisa ingatkan.

1. Yang paling ditunggu-tunggu tentu program rumah DP 0 Rupiah. Entah bagaimana nanti realisasinya tapi, yang penting ikut seneng dulu aja ya

Bukan begini kan konsep rumah Rp.0 Dp nya? via www.nerdbits.com

Inilah program unggulan Anies – Sandi yang mengguncang netizen. Rumah murah untuk penduduk dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Dengan program ini yang punya penghasilan Rp.7 juta perbulan bisa membeli rumah yang layak di area Jakarta. Harga rumah ini sekitar Rp.350 juta, yang semakin membuat netizen ternganga. Paslon ini nggak menyebutkan lokasi pastinya, tapi dipastikan di tengah kota dengan akses transportasi yang mudah.

Advertisement

Rumah seharga Rp.350 juta tanpa DP di Jakarta tentu bagai mukjizat. Saking spektakulernya, gubernur BI sempat melarang pula program ini karena dianggap mustahil. Atau mungkin Pak Anies ingin mencoba teknologi gedung digantung ke asteroid yang sekarang jadi pembicaraan itu. Mungkin bisa murah karena gedungnya nggak napak tanah. Tapi ke sananya harus naik pesawat dong ya? Yah, sampai sekarang sih kita juga masih bingung seperti apa nanti realisasinya. Tapi kita tunggu saja deh.

2. Program OK OCE juga berhasil mencuri perhatian pendukung. Semoga setelah ini pengangguran bisa berkurang ya

Masyarakat didorong untuk wirausaha via www.kompasiana.com

OK OCE atau One Kecamatan One Center for Entrepreneurship adalah program yang bertujuan mengatasi masalah urban di Jakarta. Kepada Antara, Sandi menuturkan bahwa dalam program ini akan diciptakan 44 pusat pertumbuhan industri di Jakarta. Anak-anak muda dan pekerja yang kena PHK juga akan mendapat pelatihan wirausaha dari kecamatan, supaya bisa berkarya. Sesuai namanya, program ini mendorong warga jakarta untuk membuat pekerjaan, bukan mencari pekerjaan.

Sebagai ibukota, Jakarta selalu menjadi tujuan pertama para kaum urban yang meninggalkan kampung halaman supaya bisa lebih berkembang. Sayangnya, ibukota terkadang lebih kejam daripada ibu tiri. Mimpi-mimpi yang dipupuk dari kampung halaman sering padam karena realitas hidup di Jakarta. Program ini layak kita dukung, karena bisa menjadi solusi untuk menurunkan tingkat pengangguran di ibukota.

3. Sudah jelas bahwa perhatian Anies Baswedan soal pendidikan sangat besar. Dengan revisi yang signifikan, Anies – Sandi akan mengubah KJP jadi KJP Plus

Bantuan untuk pendidikan via unjkita.com

Kartu Jakarta Pintar atau KJP sudah ada sejak masa gubernur Jokowi. Dengan merevisi kebijakan tersebut, Anies – Sandi menawarkan KJP Plus, yang bisa ditarik tunaikan. Selain mendapat dana bantuan, KJP Plus juga menawarkan fitur diskon belanja di toko buku, gratis masuk museum, dan wahana pendidikan. Bedanya lagi, KJP Plus juga diperuntukkan bagi anak yang putus sekolah. Program ini adalah perbaikan dari KJP sebelumnya, karena menurut Anies, belanja pendidikan bukan hanya nontunai.

Sekilas program ini mirip dengan BLT di era Presiden SBY dulu, yang dinilai nggak efektif karena banyak penyimpangannya. Tapi kita berharap saja semoga masyarakat kita sudah berubah. Jadi adik-adik ini benar-benar menarik uang untuk beli buku, bukan beli majalah, rokok, atau malah biaya tawuran.

4. Selain KJP, Anies – Sandi juga menginisiasi Kartu Pangan. Kira-kira anak kos yang suka sekarat di akhir bulan bisa dapat bagian juga nggak ya?

Bantuan sembako untuk rakyat miskin via moode.co

Mirip seperti KJP, Kartu Pangan yang ditawarkan Anies – Sandi bertujuan untuk memberi bantuan kepada masyarakat Jakarta yang masih dibawah garis kemiskinan. Dengan kartu ini, mereka bisa mendapatkan sembako dengan harga yang lebih murah. Kartu Pangan akan dijalankan dengan merujuk pada data dari BPS (Badan Pusat Statistik). Selain Memberikan bantuan, pasangan ini juga akan memastikan untuk mencukupi pasokan sembako di ibukota. Pejuang-pejuang rantau yang sudah punya KTP Jakarta, mungkin bisa berharap untuk dapat kartu ini juga. Lumayan ‘kan akhir bulan nggak perlu nyetok mie instan.

5. Ada juga Kredit Usaha Perempuan Mandiri dan berbagai program yang mendukung perempuan. Tak hanya itu, saat istri melahirkan suami bisa cuti sampai 3 minggu

Dukungan untuk perempuan mandiri via moode.co

Anies – Sandi juga berjanji untuk meningkatkan peran perempuan dalam aktivitas ekonomi. Caranya dengan memberikan Kredit Usaha Perempuan Mandiri, yaitu kredit yang diberikan kepada ibu rumah tangga. Selain membantu perekonomian keluarga, sebagai figur ibu, perempuan diharapkan bisa menjadi contoh untuk anaknya. Termasuk soal berwiraswasta.

Selain ekonomi, pasangan Anies – Sandi juga menjanjikan peningkatan fasilitas seperti ketersediaan ruang menyusui di ruang publik dan penitipan anak sebagai bentuk dukungan dari Inisiasi Menyusui Dini dan ASI Eksklusif. Keamanan perempuan juga akan ditingkatkan dengan pendampingan saat pulang malam. Yang paling seru tentu jatah cuti 3 minggu untuk suami saat istrinya melahirkan. Yah, seorang Ayah juga pasti ingin menikmati momen-momen berharga ini ‘kan!?

6. Selain menjanjikan program, Anies Sandi juga berjanji menghentikan reklamasi teluk Jakarta. Semoga benar, agar nelayan kita nggak kehilangan tempat tinggal dan mata pencaharian

Kontroversi reklamasi teluk jakarta via www.cnnindonesia.com

Reklamasi Teluk Jakarta selama ini menuai banyak kontroversi. Mulai dari nelayan yang kehilangan tempat tinggal dan mungkin mata pencaharian, hingga protes aktivis lingkungan karena reklamasi jelas merusak Teluk Jakarta. Selain itu, reklamasi di beberapa pulau juga ditolak izinnya oleh PTUN. Nah, sejak awal, pasangan Anies – Sandi menyatakan bahwa jika terpilih, mereka akan menghentikan program ini.

Program reklamasi teluk memang perlu dikaji ulang dari sisi lingkungan, dan keadilan bagi warga pesisir. Namun banyak pihak yang berpendapat bahwa wacana ini sulit, karena Anies – Sandi tentu harus berhadapan dengan barisan pengembang dan investor yang sudah telanjur tanam modal di sana. Yah, semoga segera didapatkan win-win solution yang menguntungkan semua pihak, termasuk nelayan dan alam kita tercinta ya.

Well, akhirnya pilkada rasa pilpres yang menguras emosi ini selesai. Semoga habis ini yang kemarin sempat leave group Whatsapp mau di-invite lagi. Dan yang sempat unfollow atau unfriend teman bisa baikan. Siapa pun yang menang pilgub ini, yuk kita dukung sepenuhnya untuk memperbaiki ibu kota tercinta.

Sekali lagi selamat, paslon Anies – Sandi!

P.S. Dan untuk para pendukung, nggak ada berantem-berantem lagi yaaa. Seperti salam a la Planet Remaja: Peace, love, and gaul!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya