Kamu pasti pernah mengalaminya, lagi asyik-asyiknya balas chatting-an temen atau kerabat nggak sengaja karena fitur autocorrect tulisan yang kita ketik malah typo. Apesnya juga, tulisan yang susah kita rangkai itu terlanjur terkirim, iya sih kalau typo dan masih nyambung, lha ini ganti satu huruf saja maknanya bisa beda banget. Mau bagaimana lagi, akibat nggak kuasa karena gaptek ya sudah terima saja saat ditertawakan teman dan kerabat.

Sialnya nggak cuma teman yang menertawakan kekonyolan ini, kadang saat di mana lagi serius balas chat dosen atau orang tua si autocorrect yang menyeramkan ini ikut-ikutan juga. Kalau yang belum pada tahu autocorrect semacam fitur yang dimiliki smartphone, tugas fitur ini adalah membenarkan teks berupa kata atau susunan huruf yang dirasa salah, kadang sok tahu juga nih si autocorrect. Sudah paham kan bagaimana susahnya ngetik pakai ini, walaupun ada manfaatnya tapi kadang bikin ribet juga sih. Simak nih para korbannya yang kurang jeli pakai autocorrect!

1. Maafkan autocorrect karenanya kamu dikira sedang gosipin orang karena sembelit

Sebuah kesalahan yang memilukan… via www.hipwee.com

Orang ini agaknya menyesal mengumbar nyinyiran ke teman. Autocorrect yang semestinya membantu terkadang memang menyesatkan, kita penggunanya memang harus jeli.

2. Suka keluyuran ternyata kamu sedang breastfeeding kawan sendiri, gimana kalau orang tuamu melarang?

Jangan dibiasakan ya… via www.hipwee.com

Advertisement

Parah! Ini mungkin bukan salah ngetik tapi memang biasanya fitur autocorrect menyimpan perbendaharaan kata-kata yang sering atau pernah kita gunakan sebelumnya. Duh, ketahuan kan…

3. Sudah gede masih seperti anak kecil!

Bikin bete memang… via www.hipwee.com

Huruf “b” dan “n” pada keyboard memang berdekatan, kadang kalau keseringan salah, fitur autocorrect juga bisa menyimpan kata yang diketik, tak peduli walau salah. Kamu harus cari tahu untuk menyeleksi kata-kata tersebut, biar nggak terpakai seterusnya.

4. Sejenis masa muda yang belum lunas, bersabar ya, Kak?

Mungkin maksud bapak ini jurusan dan website… anda typo pak… via www.hipwee.com

Saat-saat ngobrol serius dengan kerabat dekat nggak bikin jenuh, karena kelucuan salah ketik mereka. Seorang ayah yang galak bisa kelihatan kocak karena sering jadi korban autocorrect.

5. Siapa pemilik meja itu? Bagaimana rasanya tersesat karena autocorrect?

Lista salah… maafin via www.hipwee.com

Apalagi kalau sedang di momen-momen genting seperti ini, niat hari bicara dengan sopan karena autocorrect yang kelewat sok paham kok malah jadi typo begini…

6. Jangan suka bercanda berlebihan, jangan salahkan autocorrect karena sifatmu yang memang menyebalkan

Berkata kasar… via www.hipwee.com

Biasanya salah satu ciri-ciri kamu salah ngetik akibat autocorrect kata yang muncul diawali dengan huruf kapital. Tapi ada juga yang kecil, tergantung konteks yang dimaksud autocorrect. Kalau nggak nama tempat ya nama tokoh dunia kebanyakan.

7. Kamu harus bersabar, ketika mau nulis typo tapi malah jadi typo

Bersabar… semua pasti bisa dilalui… via www.hipwee.com

Di waktu-waktu yang nggak tepat pun si autocorrect ini nggak pandang masa. Walaupun ada nyambung-nyambungnya tapi memang satu huruf yang terganti bisa bermakna sangat berbeda, apalagi lebih dari satu!

8. Karena autocorrect yang sok akrab, anak ini menjadi autodurhaka

Semakin akrab, semakin dijauhi… via www.hipwee.com

Hindari berkata kasar di smartphone, disadari atau tidak biasanya fitur ini juga menyimpan kata yang pernah dan sering digunakan. Pakai dengan bijak ya…

9. Mengucapkan doa supaya harapan dikabulkan… admiiin

Menanyakan keyakinannya… via www.hipwee.com

Karena autocorrect sangat manusiawi, baiknya kita memahami kesalahan yang telah dia perbuat. Tabahkan hati dan tataplah masa depan gemilang!

10. Jangan menertawakan seseorang yang sedang menderita karena kehilangan koreng

Mungkin maksud anda koreklive? via www.hipwee.com

Karena terus-terusan typo dan ngawur, banyak orang yang mencari cara untuk menon-aktifkan fitur ini. Kalau kamu masih nyaman tak apa lah kalau kamu masih pakai fitur ini.

11. Oleh sebab autocorrect, teman dekat menjadi jauh dan berpaling ke orang lain. Om Jeje memang juara

Nge-date… via www.hipwee.com

apalagi kalau fitur autocorrect kalian berdasarkan pada perbendaharaan kata-kata dalam bahasa asing. Semakin rumit untuk sejalan dengan apa yang kita maksudkan.

12. Jadi salah paham kan, mantap deh pokoknya si autocorrect!

Terlalu melebar… via www.hipwee.com

Nggak selamanya memang kemajuan membawa kebaikan. Tapi, apakah memang kitanya saja yang kurang paham dengan fitur ini. Tak apa lah selagi masih menghibur dan bikin senyum, nggak ada yang sia-sia.

Semestinya fitur canggih ini bisa membantu para pengguna smartphone untuk mempermudah dalam mengetik. Tapi yang terjadi malah sebaliknya, yang salah dibenarkan, yang sudah benar bisa jadi disalahkan. Namanya autocorrect tapi sering salah, nggak apa toh malah jadi semakin manusiawi. Dengan banyaknya korban yang terlanjur malu dan lucu, apa masih mampu autocorrect ini dipercaya sebagai hakim saat kita mengetik di smartphone? Saran kepada autocorrect sih jangan main hakim sendiri… .

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya