Kenangan masa kanak-kanak memang tak akan pernah bisa dilupakan begitu saja. Dari pertama masuk sekolah, main bareng teman, hingga pengalaman-pengalaman konyol yang kalian lakukan semasa kecil tak akan mudah terhapus dari memori.

Bahkan mungkin ada beberapa dari kalian yang rindu akan permainan masa kecil yang sekarang sudah semakin banyak ditinggalkan dan makin susah buat dicari. Beberapa jenis mainan itu akan Hipwee bahas satu-persatu untuk menyegarkan kembali kenanganmu yang sudah bertahun-tahun terpendam di bagian paling dasar memorimu.

1. Siapa yang tak kenal Yo-yo? Mainan yang dimainkan oleh anak-anak di seluruh dunia. Tapi masih ingat gak sama yo-yo yang dari kayu?

Umumnya terbuat dari kayu yang dibentuk bulat, lalu dikasih benang yang cukup tebal. Namun di yo-yo versi moderen ada yang dihiasi make lampu warna-warni juga. Bahkan saat ini yo-yo ini sudah banyak dilombakan lho! Di luar negeri sana bahkan ada banyak pemain yo-yo profesional.

2. Kapal othok-othok, mainan dari seng yang bisa melaju di permukaan air dan menanam semangat nasionalisme dalam dirimu sejak kecil

Kapal otok-otok yang bisa berjalan di permukaan air via flickr.com

Kapal ini biasa terbuat dari lembaran seng, yang dibentuk menyerupai kapal, lengkap dengan nahkoda, cerobong asap, bendera merah putih dan senapan mesinnya. Cara memainkannya cukup mudah. Tinggal letakkan kapal seng ini di ember yang telah diisi air, kemudian isi bagian tangki di dalam kapal dengan minyak tanah. Setelah itu, nyalakan sumbu yang ada untuk menggerakkan kapal ini. Jengjejeng!! Bunyi tok tok tok tok akan terdengar dari suara mesinnya. Karena itulah kapal ini disebut dengan kapal otok-otok.

Advertisement

Tapi jangan berharap banyak sama kapal ini. Biasanya sih dalam beberapa hari aja udah tenggelem karena bocor.

3. Digulung di ujung sedotan, dikulum-kulum lalu di tiup. Masih ingat gak dengan gelembungan balon yang biasa kamu beli dari abang-abang mainan sepulang sekolah?

Di lain daerah, gelembungan ini disebut dengan berbagai macam nama seperti balon tiup, balon lem dan tlembungan. Mainan ini cukup unik, karena berupa gel yang diletakkan di dalam tube kecil yang terbuat dari tembaga. Bentuk gel dari tlembungan ini mirip dengan lem castol yang sering buat nge-lem sepatu itu.

Untuk bisa mendapatkan balon yang besar, kamu cukup mengeluarkan gel dari dalam tempatnya, kemudian letakkan di salah satu ujung sedotan, kemudian tiup. Yah, pada akhirnya banyak temen-temen yang jahil juga sih, karena pas udah gede mereka sengaja meletuskan balon itu tepat di depan muka kamu hahaha.

4. Kelereng, yang kalau udah buanyaaak banget bisa jadi komoditas untuk diperjual belikan. Hahahaa.

Kumpiln sini! via bangkidt.wordpress.com

Siapa yang nggak tahu permainan ini? Sampai hari ini kelereng atau gundu masih dimainkan anak-anak di Indonesia. Pergi aja ke kampung-kampung, kamu akan menemukan bocah-bocah baik yang laki maupun perempuan lagi seru-serunya membidik kelereng lawannya.

Dalam permainan ini, kamu harus menembak atau mengenai kelereng lawan dengan kelerengmu. Nanti biasanya sih kelereng lawan yang kena sama kelerengmu bakalan jadi milik kamu

5. Tahu dengan yang namanya ser-seran gak? Itu lho motor-motoran dari seng yang nggak hanya bisa jalan lurus, tapi cuma bisa berputar-putar cepat di tempatnya

Ser-seran aneka bentuk dan warna via jalanjogja.com

Mungkin masih banyak dari kalian yang asing sama permainan ini. Wajar sih, ini memang nggak sepopuler kayak kapal seng gitu. Cara mainnya adalah dengan mengitkannya ke benang tali, kemudian menariknya dengan cukup keras. Lalu saksikanlah si motor balap ini bergeraik naik turun dengan cepat disertai bunyi seng yang mendesing

6. Mengadu gengsi dan semangat dengan bermain gasing tradisional yang terbuat dari kayu, bukan dari plastik seperti sekarang

Adu gasing via www.picturesocial.com

“Ayo! siapa berhenti duluan dia kalah! hukamnnya jalan jongkok!”

Biasanya terbuat dari kayu atau tanah lempung yang bagian bawahnya diberi kelereng. Trus cara mainnya: gulung bagian kepala gasing dengan tali, lalu lepaskan dengan cara ditarik di atas permukaan datar. Kemudian untuk menjaga gasing agar bisa terus berputar, kalian biasanya bawa daun kelapa yang sudah dibuang lidi-nya untuk kemudian disabetkan ke arah gasing yang sudah berputar. Biar tahan lama berdirinya.

7. Bola Bekel, mainan favorit para gadis-gadis cilik zaman beheula

Bola bekel yang jadi mainan favorit gadis cilik via trainerlaris.com

Kalau di Jawa biasanya sih disebut dengan permainan gatheng atau bal centil. Ya, karena bolanya itu centil banget bisa locat kesana-kemari. Untuk main bola bekel ini, biasanya para partisipan membolak-balik sesuatu yang berbentuk melengkung dari kuningan. Tapi bola-nya jangan sampai menyentuh lantai lebih dari satu kali.

8. Congklak atau dalam bahasa Jawa disebut Dakon

Meski terlihat simpel, sebenarnya permainan ini membutuhkan strategi dan kemampuan berhitung cepat untuk mengalahkan lawanmu. Biasanya mainnya menggunakan cangkang kerang atau bahkan dalam versi hematnya ada yang menggunakan kerikil.

9. Lalu ada si murah-meriah, Layangan. Tapi bagi yang uang jajannya di stop oleh ibu, nunggu layangan putus aja di lapangan, biar hemat.

“Oii!! layangan putuss!”

Kejar ! Kejar !

Itu sih teriakan-teriakan yang biasa banget bagi anak-anak desa kalo ada layangan putus. Kamu yang nggak punya uang buat beli layangan, pasti bahagia banget kalo ada yang teriak seperti itu. Karena ini artinya adalah kesempatanmu untuk mendapatkan layangan gratis.

Tapi masalahnya, layangan putus itu seringnya masuk ke halaman orang lain, atau nyangkut di pohon, bahkan tiang listrik.

10. Ular tangga dan monopoli adalah alternatif seru bagi kamu yang ingin membunuh waktu

Ular tangga via aughonthefloor.com

Mainan ini sangat populer bagi mereka yang ingin membunuh waktu. Misalnya, bagi mereka yang sedang berpuasa. Apalagi di zaman dahulu, waktu bulan Ramadhan tiba, anak-anak sekolah libur satu bulan penuh, cuy! Jadi karena nggak ada kegiatan, main monopoli aja deh!

Kedua mainan ini biasanya sih ada dalam satu paket gitu. Misal di satu sisi kertas karton adalah gambar ular tangga, dan sisi satunya lagi merupakan permainan monopoli. Terus cara mainnya juga sama-sama dengan cara melempar dadu. Bedanya kalau ular tangga adalah cepet-cepet sampai ke kotak finish, sedangkan tujuan monopoli adalah menguasai sebanyak-banyaknya lahan yang ada di papan monopoli.

11. Jika sekarang ada PSP, Game Boy dan iPad, zaman dahulu ada yang namanya gimbot. Game yang paling asik? Ya Tetris!

Gimbot jaman dahulu via kaskus.co.id

Ini adalah mainan favorit anak-anak tahun 90-an. Gimbot yang umum beredar di pasaran biasanya sih berbentuk persegi panjang gitu dengan beberapa tombol untuk dipencet dengan jempol, layar sentuh belum ada, bro! Trus permainan yang ada juga paling satu atau dua biji. Nggak kayak PSP atau permainan jaman sekarang yang bisa nyimpan sampai puluhan mainan.

Nah di Gimbot ini, permainan yang ada biasanya Tetris. Buat yang nggak tahu apa itu Tetris, mungkin masa kecil kalian kurang bahagia. Ada juga Gimbot yang UFO, bahkan tembak-tembakan. Tapi Tetris tetap yang nomor satu dengan jargon “Ah, bego lu!”

12.Tamagotchi adalah solusi buat kamu dilarang memelihara binatang sama ibu karena dia khawatir kamu nggak bisa ngerawatnya

binatang peliharaan virtual via galleryhip.com

Tamagotchi adalah binatang virtual. Berbentuk bulat pipih kecil, dengan layar kotak di bagian depannya. Dengan mainan ini kamu bisa mengadopsi binatang kesayangan, seperti kelinci, ayam dan bahkan dinosaurus. Dari namanya sudah jelas sekali bahwa mainan ini berasal dari negeri Jepang.

Nah, dengan Tamagotchi, mula-mula binatang kesayangnmu masih kecil. Kamu harus memonitor perkembangannya dengan memberi makan, memandikan, pergi untuk pup, dan jika kalian nggak disiplin dalam merawat binatang piaraanmu itu, jangan heran jika suatu saat dia akan sakit, bahkan mati. Tapi tenang, kamu bisa restart dari awal lagi kok. Namanya juga game.

13. Boneka Susan, mainan gadis-gadis cilik yang penasaran gimana rasanya menggendong bayi

Boneka Susan via kadokidi.com

Terkenal karena pada tahun 90-an ada artis bernama Ria Enes dengan bonekanya yang bernama Susan. Sebenernya sih gak ada yang luar biasa dari boneka ini, namun para produsen menyematkan rekaman suara di boneka ini. Fitur yang paling menarik adalah ketika kita meletakkannya dalam posisi tidur, boneka ini akan akan memejamkan matanya. Kemudian ketika diberdirikan, mata boneka ini akan membuka kembali. Lagu yang paling terkenal dan melekat sama tokoh susan yang liriknya kira-kira begini :

Susan, susan, susan, besok gede mau jadi apa

Aku kepingin pinter biar jadi dokter

Kalo benar-benar jadi dokter kamu mau apa

Mau suntik orang lewat njus,, njuss, njuss!

14. Terakhir, Hipwee punya Nintendo dan Sega mainan paling mewah di jaman-nya tapi gak bisa dilepaskan dari masa muda di 90-an

Ayo, main Mario!!! via nexus7.wonderhowto.com

Kedua mainan ini adalah mainan paling mewah pada zamannya. Udah bisa liat games dengan layar gede, trus udah berwarna (cuma 8-bit, lumayan), habis itu permainannya banyak pula. Namun sayang, cartridge-nya gak sepraktis CD blu-ray game zaman sekarang. Jadi kalau kaset game jaman sekarang cukup berbentuk kepingan dan bisa disimpan di dalam konsol maupun harddisk komputer, kaset yang gede dan tebal untuk Nintendo dan Sega itu bentuknya nggak user friendly banget deh!

Nah! itulah mainan-mainan anak di tahun 90-an. Mainan favorit kamu apa? Bagi kamu yang punya mainan lain versi kamu, silakan sebutkan di kolom komentar ya..