Punya pacar dan tidak punya pacar memang membawa perbedaan dalam aktivitas harian seseorang. Kehadiran seseorang yang dicintai bisa membuat kebiasaan harianmu berubah: rajin cek HP, berpenampilan rapi, sampai susah ditemui di malam Minggu.

Beda lagi dengan kaum jomblo: ponsel, penampilan, dan waktu pertemuan dengan teman bisa ditentukan sesuka hati. Kebebasan memang satu-satunya hal yang bisa dibanggakan oleh kaum tuna asmara.

Nah, ingin tahu bedanya kehidupan jika kamu masih sendiri dengan kamu yang sudah punya pacar? Kamu bisa simak uraian Hipwee berikut ini, siapa tahu sama persis dengan apa yang kamu alami.

1. Buat kamu yang sudah berpacar HP selalu dibawa kemana-mana. Karena gak dengar kabar pacar itu ibarat neraka!

HP buat telponan sama pacar via www.dramastyle.com

*Lagi nunggu taksi*

Advertisement

Kamu  : Hey, lagi ngapain ?

Pacar : Lagi nganter Mama kondangan, kamu?

Kamu : Lagi nunggu taksi, mau ketemu dosbing. Kondangan dimana?

Pacar : Dan bla bla bla

*Sepulang ketemu dosen*

Kamu : Bosen di kosan terus 🙁

Pacar : Mau makan malam bareng?

Kamu : Hayuk

Ya namanya juga lagi dimabuk asmara. Ketinggalan kabar sebentar saja rasanya sudah seperti kiamat kecil di dunia.

Buat kaum tuna asmara fungsi ponsel jadi berbeda:

Fungsi ponsel #1 para jomblo: buat alarm yang setia membangunkanmu dari tidur

Gak ada pacar alarm pun jadi via giphy.com

(Kalau punya pacar)

Jam 09:00 HP bunyi, pacar ngecek udah bangun apa belum.

(Kalau gak punya pacar)

Jam 09:00 alarm bunyi. Gak pakai ngomel, bisa di snooze lagi. #bedatipis

b. Fungsi ponsel #2 pejuang-cinta-yang-terlalu-lama-sendiri: Mengingatkan keberadaan jam dan tanggal yang terus berjalan

Ngapain Mz? Lihat jam ya? Udah gak usah sok-sokan SMS pacar :)) via plus.google.com

Yah, namanya juga jomblo. Suka denial sama berapa lama sudah menjomblo.

c. Fungsi ponsel #3 jomblo seluruh dunia: Buat eksis di media sosial biar gak kelihatan ngenes banget

Caption: perfect afternoon via www.pinterest.com

Beginilah kira-kira bedanya jomblo dan mereka yang punya pacar di media sosial:

Kasus 1: Unggah foto pakai caption “Perfect Afternoon”

Punya pacar = selfie sama pacar.

Jomblo = foto gelas isi kopi yang tinggal separuh. Ceritanya lagi di kafe.

Kasus 2: Jomblo dan kaum berpacar sama-sama asyik nge-Path

Punya pacar = setiap postingan selalu ada “with”-nya

Jomblo = *berdoa biar Path segera hapus “with” yang gak ramah jomblo*

2. Setiap pagi kaum jomblo dan kaum ganda campuran sama-sama punya ritual cek HP. Bedanya jomblo hanya cek HP buat tau, “Sudah jam berapa sekarang?”

Periksa HP cuma pengen tahu jam berapa via www.independent.co.uk

Mama: Put, buruan bangun… kamu gak masuk kuliah hari ini?

Kamu : (Mata terpejam dan malas) iyaaaa….

*sambil ngulet, nyari HP, ketemu, buka HP, cek jam ternyata udah jam 8*

Kamu : Anjrit

*loncat dari kasur, buru-buru ke kampus*

Kalau kamu yang sudah punya pacar cari HP tentu demi satu hal: kirim ucapan manis selamat pagi~

Telpon berdering, kamu buru-buru membuka mata. (HP orang yang sudah punya pacar gak akan jauh-jauh dari tangan) Lalu cek SMS. SMS dari pacar:

Pacar : Udah bangun belum?

Kamu : Udah

Kamu : Selamat pagi 🙂

Pacar : Selamat pagi

Baru deh kamu cek jam.

3. Sebagai jomblo sejati kamu tenang-tenang saja kalau teman-teman mau kepo isi HP-mu. Karena…..gak ada yang bisa dikulik :p

Santai saja saat HPmu dipinjem teman via filmschoolrejects.com

Mungkin kamu lupa bawa laporan yang harus kamu kumpulan hari ini. Gak sadar HPmu ternyata ketinggalan di Sekretariat BEM. HPmu yang tergeletak begitu saja, seringkali mengundang godaan untuk membuka isinya. Jadi ini ini adalah kesempatan emas bagi sahabat dekatmu untuk tahu isi HPmu. A

Dela : HPnya Boy kok mengudang untuk dibuka-bukan ya? Kepoin aja yuk…

Seli :  Udah buka aja, kayaknya dia lagi pedekete tuh sama cewek. Mungkin jan bisa kita ciye-ciyein

Buka galeri foto isinya cuma foto meme download dari Whatsapp.

Buka semua aplikasi pesan, isinya cuma nanyain uang bulanan sama nyokap.

Buka memo, isinya cuma catetan hutang warung burjo. 

Setelah beberapa lama, kamu datang mendapati teman-temanmu sedang buka HPmu. Dengan santai,

Kamu : Kalian pada ngapain?

Seli : Gak asik lo Boy, HP lo kagak ada isinya apa-apa tuh. Pesan aja isinya cuma dari kita-kita doang.

Kamu : Lah emang kudu aku isi apa?

Seli : Buru sih cari cewek biar isi HP lo menarik dikit.

Karena gak jarang mereka berharap bisa nemuin SMS mu sama (calon) gebetan nanti.

Jadi fakta abad ini : isi HP para jomblo gak menarik untuk buat dikepo.

Fakta lain tak terbantahkan: jomblo gak peduli sama privasi.

Kalau udah punya pacar sih privasi itu harga mati. Semua percakapan antara kamu dan pacar itu masuk ke ranah PRI-BA-DI!

Hp dijaga baik-baik via dyuniati.blogspot.com

Saat sudah sampai kampus, eh baru inget HP ketinggalan di meja makan. Gak jarang kamu langsung panik dan banting setir buat balik lagi kerumah (khawatir dibuka-buka sama orang lain).

Mama: Lho ngapain kamu balik lagi?

Kamu : Mama tadi liat HPku di sini gak? Lho kok gak ada? Tapi tadi udah jelas aku tinggalin disini (makin panik).

Mama : Tadi gak liat.

Kamu : (sambil masih panik) Mana nih? Kakak mana? Jangan-jangan diumpetik dia.

Kamu dan kakak : #!@~%@89^:”:$%

Mama : Itu tuh Mama liat di deket komputermu.

Kamu : (senyum tiga jari, berasa nyawamu bersatu kembali)

HP ketinggalan udah kayak nyawamu hilang setengah, kamu bisa panik seharian. Selain gak suka percakanmu dengan pacarmu dibaca orang, gak jarang kamu juga khawatir pacar bisa marah kalau gak dikabarin selama seharian.

HPku ketinggalan via popculturenexus.com

4. Setiap jam makan datang kamu yang punya pacar langsung sigap menghubungi si kesayangan buat makan bareng sekaligus kencan

Makan berdua di luar via mamaus.wordpress.com

(Jam 10.50 udah SMS pacar)

“Sayaaang, kita mau lunch di mana niih?”

(Jam 17.25, Mb-Mz makan malam masih lama….)

“Sayaaang, dinner apa nih?”

(Jam 22.13)

“Sayaaang, dessert time yuk!”

Pertanyaan: Ini pacaran apa wisata kuliner, ya?

Kamu yang jomblo juga gak kalah sigap. Sigap bungkus makanan buat dibawa pulang, atau sigap cari teman senasib biar gak kesepian :))

Makan seringnya dibungkus via livialivi.wordpress.com

Status jomblo seringkali membuatmu lebih memilih membawa pulang makanan yang kamu beli untuk dimakan bersama teman kosan. Karena gak ada orang yang selalu siap menemanimu jajan di luar, maka pesan take away bisa membuat masa jomblomu jadi lebih bahagia. Atau kalau ada keluarga, maka makan bersama mereka adalah pilihanyang tepat agar harimu gak terlalu kesepian.

Kamu  : Bang, pesen satenya seporsi aja dibungkus ya. Seperti biasanya 🙂

Setelah pulang, ternyata kosan sepi gak ada orang.

Kamu : Yah, makan sendirian di kamar gak papalah. Sambil nonton DVD sabi nih.

Kebahagiaan jomblo dan mereka yang udah pacaran emang #bedatipis ya.

5. Jomblo selalu jadi kesayangan bos dan mahasiswa teladan. Karena selain urusan kuliah dan kerja mereka mah gak ada kerjaaan~~

Jomblo gak masalah kalau harus lama-lama di kampus atau di tempat kerja via www.huffingtonpost.com

*Hari ini lembur mengerjakan LPJ bulanan*

Kamu : “Okeee bos, aku siap bertanggungjawab untuk menyelesaikanya sampai jam berapapun.”

Bos: “Gue nggak rugi cuy nge-hire elu.”

(Mau hujan, mau tinggal cewek sendirian, kerjaan akan kamu selesaikan kapan saja. Karena kamu gak ada jadwal harian dengan siapa-siapa)

*Lembur? WESBIYASA*

Kalau ditanya sih kamu juga gak suka lembur terus. Tapi lumayan punya banyak teman untuk menghabiskan malam yang sering membuatmu galau jadi jomblo.

Beda cerita buat kamu yang udah punya pacar. Kerjaan dan tugas bisa di-pending, yang penting ketemuan sama Kesayangan dulu :3

Bisa jalan bareng pacar via galleryhip.com

*Hari ini harus lembur, LPJ bulanan akan dikumpulkan besok jam 10 pagi*

Kamu : “Bos, aku boleh ijin dulu gak? Mau aku kerjain di rumah aja.”

Bos : “Tumben kamu pulang duluan, biasanya kamu kan paling betah kalau suruh lembur-lemburan.”

Kamu :  “Ada makan malam keluarga yang sudah diagendakan sejak minggu lalu. (Baca: makan malam sama pacar). Yang penting pagi jam 10 udah beres kan?”

Bos: “Oke, tak masalah.”

*Bagimu, ada banyak jalan menuju roma. Yang penting pekerjaan terselesaikan, ketemu sama pacar juga kesampaian*

5. Punya pacar berarti sedikit mengurangi kebebasan. Kemana-mana ada kewajiban tak tertulis buat laporan

HP selalu ditangan via monikaarum0.blogspot.com

Tak dapat dipungkiri, saat kamu punya pacar, maka kamu harus berkompromi dengan kebebasan dan keleluasaan karena harus laporan sama pacar. Mau ke mana? Sama siapa? Pulang jam berapa? Wajar sih, namanya juga Kesayangan ‘kan harus perhatian…

*Gak sengaja ketemuan sama sahabat lama SMA, terus kalian makan malam bersama. Lupa laporan. TRAGEDI.*

Cewekmu : “Kamu kok dari tadi ditelpon gak diangkat sih? Kenapa?”

Kamu : “Aku lagi makan sama temanku, Sayang.”

Cewekmu : “Siapa? Kok gak bilang-bilang dulu? Pasti cewek?”

Kamu : “Iya cewek, tapi kami cuma sahabat kok……”

Cewekmu : “Tuh ‘kan, cewek. Kok kamu gak bilang bilang sih, jadi kamu udah gak nganggep aku penting lagi?”

Aku main sama si ini si itu via tvrecappersanonymous.wordpress.com

Bagi jomblo sih gak ada tuh ceritanya “wajib lapor.” Mau pergi ke mana, sama siapa, sampai jam berapa — gak ada yang peduli BEBAS!

Bebas bersenang-senang via weheartit.com

Jomblo, itu artinya kamu bebas melakukan apa saja dan sama siapa saja.

Jika kamu cewek terus mau jalan sama teman-teman cowok? –> BEBAS

Mau main DotA seharian? –> Oke

Mau nongkrong sampai pagi? –> Gak ada yang ngomolin.

Mau traveling kemanapun kamu pengen pergi? –> Gak perlu ijin siapa-siapa

Begitulah hidup sebagai jomblo –> gak ada yang ngatur-ngatur.

Bebas lepas via www.buzzfeed.com

Tapi pengen nggak sih Mblo diperhatiin, ditanya-tanya? Cieee galau cieeee …..

6. Jomblo baik hati selalu punya pekerjaan sampingan saat malam minggu : Jagain pintu gerbang, siapa tahu ada yang mau pulang telat.

Saat malam minggu, langit cerah, berbintang, udara berhembus pelan. Keromatisan langit Malam Minggu kamu lewakan dengan tetap terkurung di kosan.

Teman 1 : “Tik, aku mau jalan sama pacar paling pulang jam 11an. Ntar kalau minta tolong bukain gerbang ya?”

Kamu : “Yaaa.”

*Trus dapet SMS dari temen yang lain*

Teman 2 : “Tik, ntar aku minta tolong bukan gerbang dong. Aku mau nonton tapi dapetnya tiket yang pali malem. Jadi palingan pulang jam 12an. Plis yaaa. Makasih :)”

Kamu : “Yaaa.”

*Pasrah, anggap saja bantuin teman*

Pedih rasanya via www.dramafever.com

Malam minggu adalah saatnya kamu yang punya pacar ngerepotin teman. Minta mereka yang jomblo jaga gerbang karena kamu mau kencan sampai malam

Kencan pulang malam via www.clubparadiso.com

Alasannya :

  • Mau nemenin pacar nugas di luar.
  • Terus makan malam.
  • Terus mau nyobain kafe baru.
  • Mau nonton, tapi dapat tiketnya yang midnight.

(Kamu jadi lebih sering pulang malam buat jalan sama pacar. Dan gak jarang, kamu lah yang selalu merepotkan para jomblo untuk membuka gerbang kosan).

7. Punya pacar membuat hatimu tenang dan telingamu selalu hangat. Gimana enggak? Tiap hari dipanggil pakai nama-nama manis :”)

SMS sama pacar via www.2lucu.com

*Yang jomblo harap hati-hati, tidak dianjurkan lihat gambar ini, takutnya bisa menyebabkan frustasi*

Tapi siapa bilang kaum jomblo gak bisa dipanggil “Beb” atau “Say”? Tenang….admin Online Shop bisa mewujudkan itu semua bagimu

BBMan sama Online Shop via jjonlinestore.blogspot.com

 “Maka nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan, Mblo?”

Jadi kamu yang mana nih? Adakah kelakuan yang mirip dengan kegiatanmu sehari-hari? Semoga mau punya pacar atau jomblo kamu selalu happy ya! 🙂

Kredit gambar andalan: http://mas-adi.com/