Cewek itu makhluk lembut yang selalu mengutamakan perasaan di berbagai kesempatan, sementara itu cowok adalah makhluk yang lebih mengutamakan logika daripada perasaan.

Dengan perbedaan tersebut, tentu berbagai permasalahan yang ada di hadapan mata juga dihadapi secara berbeda. Termasuk soal….putis cinta! Kira-kira gimana sih perbedaan sikap mereka saat dihadapkan dengan rasa galaunya habis putus cinta? Nih, Hipwee kasih gambarannya buat kamu.

1. Cewek Itu Kalo Habis Putus Bisa Nangis Kejer Gak Karuan. Tissue Toilet Buat Stock Sebulan mah Sehari Kurang

pokoknya nangis, nangis, dan nangis via www.goodreads.com

Cewek lebih ekspresif dibandingkan cowok, makanya ketika putus mereka meluapkan emosi dan mencurahkannya dengan cara menangis. Bisa berhari-hari mereka menghabiskan waktu di kamar hanya untuk menangis. Bahkan, ketika mereka sudah mulai bisa tertawa dan yakin bahwa diri mereka kuat tapi tanpa sengaja ada hal yang mengingatkannya akan si mantan, semisal benda kenangan, lagu favorit, atau film kesukaan, ya pasti balik nangis lagi.

*seminggu pasca putus, Luna (si cewek patah hati) mulai merasa all is well dan jalan-jalan ke mall bareng sahabatnya*

Advertisement

Ika : “Ih liat deh lucu banget bonekanya!”

Luna : *mata mulai berkaca-kaca*

Ika : “Loh kamu kenapa? Pingin bonekanya? Yaudah aku beliin ya”

Luna : “Huaaa….itu boneka mirip sama yang dikasih mas Ariel kemaren. huaaaaa” *kemudian nangis gulung-gulung di mall*

*ternyata si mbak Luna belom bener-bener all is well*

Sementara Itu, Cowok Justru Merasa Bebas dan Happy Pasca Putus. Mereka Bisa Melakukan Hobby Semau Mereka Mumpung Gak Ada yang Ngelarang Lagi!

aku rapopo bro! via drkaytrotter.wordpress.com

Mau futsalan? ayok! Basket gimana? Siyaaap! Main DoTA? Oke banget!

Tidak seperti kaum cewek yang sangat ekspresif dan gampang mengeluarkan air mata, cowok lebih suka menyimpan semuanya sendiri untuk mereka. Bahkan kalaupun mereka merasa sedih, mereka tetap akan meyakinkan diri sendiri bahwa semuanya baik-baik saja, bahkan di depan teman-teman mereka sekalipun. Mereka akan lebih sering ngomong

“Aku rapopo Bro.”

atau

“Gpp Bro, masih banyak kok cewek lain.”

2. Cewek Dipancing Dikit Langsung Curhat Kemana-mana. Bahkan Gak Jarang Tukang Bakso Langganan juga Kena Imbasnya

curhat bisa dimana aja, kapan aja, dan SAMA SIAPA AJA via gambuss.blogspot.com

Selain menangis, cewek juga terbiasa curhat dengan orang-orang di sekitarnya. Dari mulai keluarga, sahabat, bahkan sampai orang yang gak dikenal sekalipun. Dengan bercerita, mereka akan sedikit lebih lega karena sudah membagi beban atas apa yang mereka rasakan selama ini.

*percakapan terjadi di suatu sore yang cerah antara Susi dan tukang bakso langganan*

Susi : “Bang, bakso satu ya, gak pake micin”

Tukang Bakso : “Satu aja neng? Mas Yanto gak dipesenin?”

Susi : “Ah enggak, udah putus,Bang…”

Tukang Bakso : “Lah kenapa neng?kapan putusnya?”

Susi : “Iya kemaren sabtu bang, gara-gara dia boncengin cewek lain…huhu…aku sebel bang, sedih aku, sakitnya tuh disini.”

*curhatnya selesei pas bakso DUA mangkok abis*

Karena Mereka Memang Gak Terbiasa Curhat, Cowok Mulai Kembali Melakukan Kebiasaan Buruk Sebagai Ajang Pelampiasan

sok cool, padahal dalemnya remuk redam via www.wallpaper2020.com

Boro-boro curhat, dipancing aja teteup gak mau cerita. Karena gengsi susah nangis dan gak terbiasa curhat, pelampiasan terhadap benda mati semacam ini membuat hati mereka sedikit tenang dan lega.

Oleh karena itu, cowok-cowok yang habis putus cenderung kembali melakukan kebiasaan buruk mereka. Dari mulai ngerokok, mabuk, sampe kebut-kebutan liar di jalan.

*Percakapan si cowok yang habis putus sama temen balapan setelah lama gak ketemuan*

Rafi : “Wuah, bro, tumben nongkrong lagi disini?”

Ahmad : “Iya nih, lagi butuh udara segar bro.”

Rafi : “Wuah tumben banget? lo gpp khan tapi bro?”

Ahmad : “Iya lah gpp!”

*Bilangnya sih gak papa, padahal dalem hati remuk redam*

3. Cewek Itu Seneng Ngumpulin Barang-barang, Apalagi yang Ada Kenangannya ya Pasti Disimpen!

ditaruh ditumpukan yang paling bawah via studiomothers.com

Dengan alasan masih belom bisa ngelupainMmas mantan dan masih sayang, barang-barang pemberian sang mantan pun disimpan. Atau ada juga yang pingin bisa ngelupain mantan terus barang-barang prasejarah itu di tempatin di satu box khusus dan disimpen di dalem lemari gak lupa juga ditumpukin barang-barang lain biar nggak keliatan.

Biar bisa dibuka lagi kalau tiba-tiba kangen terus nangis lagi.

Bagaimana dengan Para Cowok? Kalau barangnya emang masih bagus ya dipake aja!

bahannya adem, bro! via www.ebay.com

Kalo barangnya masih bisa dipake dan masih bagus ya kenapa enggak?

*percakapan antara dua sahabat di koridor sekolah pas extrakurikuler*

Jati : “Eh itu bukannya kaos dari Nida? Ciee!”

Dito : “Iya, kenapa emangnya? Enak dipake, adem bahannya.”

*tanpa mereka sadari ternyata si Nida ada di dalem kelas, lagi nguping*

Nida : “Ternyata cuma karena bahannya enak, enggak karena masih keinget aku. Huhuhu” *nangis di pojokan sambil ngemut kapur*

4. Untuk Urusan Kepo, Para Cewek yang Habis Patah Hati Ini Juga Seneng Kepoin Si Mas Mantan Entah Disengaja Atau (Gak) Disengaja

Kepo-kepo mantan via afterdrk.com

*Di siang hari yang cerah, Si Bela yang sebulan lalu habis putus dari si Coki lagi mainan twitter*

Bela : “Ngetwit ah..hmm enaknya ngetwit apa ya? Ah liat-liat timeline dulu ah” *sesungguhnya liat-liat timeline adalah modus biar nemu nama si Coki*

10 menit kemudian

Bela : “Wah siapa nih cewek kok mention-mentionan sama si Coki?! Wah ini nih ini pasti!”

*lanjut kepoin sampe adzan maghrib berkumandang*

Kalo Cowok-Cowok, Lebih Sering Nanyain ke Temen-temennya Si Cewek Tentang Kabar Mantannya

nanya-nanya ke sahabatnya mantan via www.wikihow.com

Mungkin karena cowok itu gak suka kode-kodean dan gak gengsi, mereka lebih suka nanya langsung ke temen-temen terdekatnya si cewek. Ato mungkin sebenernya ini adalah kode biar temennya si cewek bisa ngasih tau sama si cewek kalo mantannya masih perhatian sama mereka? Ah, entahlah~

Rafi : “Jadi, si Yuni kabarnya gimana sekarang?”

Shara : “Baek kok dia.”

Rafi : “Lagi deket sama cowok gak dia?”

Shara : “Hmm.. setau gue sih enggak ya.”

Rafi : “Tapi dia sehat kan?”

Shara : “Iya, sehat kok. Tenang aja.”

Rafi : “Dia masih mau makan sayur ‘kan?”

Shara : “………” (dalam hati: LAH, LU PIKIR GUE SIAPA SAMPE MIKIRIN SI YUNI MAKAN SAYUR APA KAGAK?)

5. Setelah Berselang Beberapa Waktu Pasca Putus, Cewek Sudah Bisa Kembali ke Kegiatan Sehari-hari Walaupun Sesekali Masih Kepikiran Mantan di Saat Mereka Sendirian

galau lagi deh mbaknya.. via www.fadedwindmills.com

Untuk para cewek yang sudah melewati masa kelam sehabis putus hubungan, mereka akan mulai kembali ke aktivitas normal mereka sehari-harinya. Walaupun mungkin terkadang di jam-jam rawan seperti jam santai, saat mereka sendiri, atau sebelum tidur, mereka tanpa sadar akan melamun dan masih akan terkenang dengan sosok si mantan. Hal ini bisa bikin mereka galau lagi. Tapi ya udah sih sampe situ aja galaunya, gak sampai nangis-nangis kejer gak karuan.

*cewek yang baru 2 minggu yang lalu putus dari pacarnya lagi berkaca sambil nyisir rambut di kamar*

Gita : “Asyik malem ini akhirnya keluar nongkrong juga” *ngomong sendiri sambil siul-siul ceria*

5 menit kemudian dari radio terdengar tembang kenangan bareng Mas Mantan pacar

Gita : “Hiks lagunya kok ini…jadi nongkrong gak ya?” *mulai ragu dan mendadak galau*

Sedangkan, Para Cowok Lebih Memilih Untuk Menyibukkan Diri atau Kerja Rodi sebagai Pelampiasan Karena Tiba-tiba Ingatan Akan Mantan Kembali Datang Menyapa

Lembur di Kantor? Gak masalah! via www.sidereel.com

Disisi lain, para cowok lebih suka menyibukkan diri mereka dengan berbagai ragam kegiatan. Buat yang masih sekolah dan kuliah, mereka tiba-tiba bakal getol ngerjain setumpuk tugas atau bahkan mulai ikutan gabung sama beberapa UKM yang sebelumnya sama sekali gak menarik minat mereka.

(Fadil, sebelum putus)

Temen: “Woy Dil, ikutan UKM Selam yok!”

Fadil: “Yah, weekend gue nge-date Bro. Mana bisa ikutan?”

Temen: “Ahelah, gaya lu mentang-mentang punya pacar.”

(Fadil, setelah putus dari mantannya akhirnya ikutan UKM selam)

Fadil: “Lu kagak mau ikutan UKM lain gitu? Basket kek, apa marching band aja yok biar bisa liat cewek-cewek marching hehe.”

Temen: “Hmmmm…habis putus aja cari kegiatan banget ‘kan lu? Gue males ah, lagi deket sama cewek nih gue. Harus intens biar dapet.”

Fadil: “Lu gak setia kawan luuuu. Gak asik banget lu Bro.”

Kalau yang udah kerja, pasti bakal rela disuruh lembur di kantor sama si pak bos. (Betapa bahagianya pak bos kalau semua karyawan cowoknya pada putus.) Selesai lembur pun mereka lebih milih nongkrong bareng temen-temen sekantor demi menghindari waktu sendiri. Tapi, mau gak mau mereka pasti bakal terbayang akan mantan juga di waktu-waktu sendiri mereka, seperti pas makan sendirian, mandi, atau mau tidur. Ditambah lagi tanpa sengaja dengerin lagu kesukaan yang dulu sering didengerin bareng si pacar. Nah, galau juga akhirnya!

6. Supaya Cepet Move on, Cewek yang Habis Putus Mulai Bikin Kriteria Cowok yang Berkebalikan Dengan Mantan

Wah, banyak amat ya Mbak kriterianya? via quotespoem.com

*Dina yang habis putus dari cowoknya lagi nongkrong sama sohibnya*

Carla : “Eh liat tuh gitarisnya ganteng banget!”

Dina : “Jelek ah! Aku gak mau lagi pacaran sama anak band!”

Carla : “Lha kenapa? terus?”

Dina : “Trauma! Banyak cewek yang ngefans bisa jadi ntar terus ntar selingkuh! Besok aku mau pacaran sama anak basket aja!”

Carla : “Lo pikir anak basket fansnya gak banyak?”

Dina : “Oh iya juga ya..”

*kemudian kriteria pacar idaman pun berubah lagi*

Apa Kabarnya Dengan Cowok? Pfffttt…. Apa Itu Kriteria? Santai Aja Kayak di Pantai~ Sedapetnya Aja!

Sedangkan bagi para cowok, membuat kriteria untuk pacar masa depan dirasa gak penting. Yang penting setia dan sayang sama mereka mah udah cukup walaupun kriteria si cewek ini mirip sama si mantan. Gak masalah!

7. Cewek yang Baru Putus Juga Lebih Getol Mencoba Menyalurkan Hobi yang Dulunya Dilarang Pacar

naek gunung? Let’s go! via novenesia.blogspot.com

Setelah sekian lama meratapi nasib dan merasa ngambang, si cewek kemudian mulai menata kembali kehidupannya. Melanjutkan proyek menjahit yang dulu sempat terbengkalai, mengikuti kelas Yoga atau Kick Boxing. Bahkan yang dulu sewaktu masih punya pacar dilarang naik gunung dan rafting, sekarang mereka bisa bebas menyalurkan hobi extreme mereka.

Mereka juga mulai kumpul-kumpul lagi bersama para sahabat dan teman lama. Semakin banyak kesibukan positif dan kesempatan menyalurkan hobi-hobi baru membuat mereka merasa semakin kuat dan melupakan kesedihan yang dulu sempat menggelayut.

Kalo Cowok Gimana?

mereka melakukan hobby mereka seperti biasanya via www.kaskus.co.id

Kalau mau nyariin cowok sebelum putus: di kosan temen yang jadi basecamp, di tempat futsal, di game centre.

Setelah putus, tempat buat nyari mereka ada di…: SAMA AJA. GAK BERUBAH!

Putus gak putus tetep ngegame, futsal, dan ngeband kok! Dunia mereka tetep aman, damai, sentosa guys. Mereka gak punya ritual khusus untuk dilakukan setelah putus cinta.

8. Cewek-cewek yang Habis Patah Hati pun BIASA-nya Sibuk Pergi ke Salon untuk Memanjakan Diri dan Mengubah Penampilan

nyalon dulu biar jadi cakep kaya mbak Dian Sastro via grahita-plb2011.blogspot.com

Kebanyakan para cewek yang sehabis patah hati akan berbondong-bondong pergi ke salon, sendirian atau ramai-ramai bersama teman-teman. Mereka akan menjalani ritual yang bisa memanjakan diri mulai dari creambath sampai spa atau massage. Gak jarang juga banyak dari mereka yang tiba-tiba mengubah gaya rambut.

Potong rambut = buang sial =cepet dapet jodoh

SEBAB KETEMU MANTAN SAMA PACAR BARU YANG ALISNYA LEBIH RAPI ITU BENCANA!

Gimana Dengan Penampilan Para Cowok Setelah Putus? Yaelah, Biasa Aja Tuh…

dari ujung kepala sampe ujung kaki tetep SAMA via malikevanz.blogspot.com

Di sisi lain, para cowok gak punya keinginan untuk merubah dandanan mereka. Woles aja gitu. Potong rambut ya kalo rambutnya udah gondrong aja.

9. Setelah Lolos Dari Masa Kegelapan Nan Galau, Cewek Pun Mulai Menata Kehidupan. Tidak Jarang Juga Para Cewek Merasa Udah Bisa Move one

Kamu bercanda? via unsplash.com

Seringnya melakukan kegiatan positif bersama para sahabat serta menekuni hobi baru membuat para cewek ini semakin kuat dalam menghadapi hari esok. Bahkan, gak jarang banyak dari mereka yang udah bisa move on. Ada juga lho yang gak mau diajak balikan sama mantan.

Cowok Juga Move On dan Mulai Melirik Cewek Lain, Mulai Kencan Lagi. Tapi Kemudian Menyadari Kalau Dalam Beberapa Hal si Mbak Mantan Memang Tak Tergantikan

Mulai bisa ngedeketin cewek lain via flickr.com

Sama seperti cewek, cowok pun pada akhirnya merasa siap untuk membuka hati lagi. Bisa deketin cewek lagi, coba-coba kencan dan jalan sama orang baru. Tapi gak jarang juga cowok akhirnya sadar kalau untuk beberapa hal sang mantan memang tak tergantikan. Cuma si mantan yang bisa diajak makan di pinggir jalan tanpa rewel. Waktu cewek lain ribut minta diperhatikan, cowok justru bisa ingat mantan yang selalu memberi dia perhatian.

Sedihnya, pas cowok akhirnya usaha buat balikan sama mantan. Eeeeh jawabannya macam ini

Basi mas, madingnya udah mau terbit!

10. Selang Beberapa Bulan, Cewek-cewek yang Dulunya Patah Hati Sekarang Sudah Dipenuhi Energi Positif, Siap Menghadapi Lembaran Baru (Beserta Pacar Baru)

Tanpa sadar, seluruh kegiatan dan hobi positif yang dilakukan si cewek membuatnya diliputi dengan aura yang juga positif dan membuat mereka siap membuka lembaran baru. Mereka pun mulai lagi memperhatikan penampilan dan akhirnya mereka siap membuka hati dan cari pacar baru.

*pas lagi ngumpul bareng sahabat-sahabat mereka*

Maya : “Eh liat-liat, cowok yang barusan lewat ganteng banget deh! Sumpah!”

Luna : “Ah masa? Mana?Mana?”

Maya : “Itu yang sekarang duduk di pojokan. Pake kemeja biru. Ganteng ‘kan?”

Luna: “Wah iya bener! Lebih ganteng daripada Ariel!”

Ternyata, Eh Ternyata, Ada Juga Para Cowok yang Mulai Kepikiran Si Mbak Mantan yang Memang Gak Tergantikan dan Kemudian Nangis Diem-diem

akhirnya tumbang juga.. via www.teen.com

Kebalikan dari si cewek, si cowok akhirnya akan tumbang juga. Diem-diem nangis di kamar dan bahkan akan segera mengidap galau akut. Bahkan gak jarang banyak dari mereka yang baru bisa melupakan sang mantan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun kemudian. Tapi ada juga kok yang kemudian langsung bisa move on karena memang mbak mantan ini gak terkenang di hati para cowok.

Hehehe, yang sabar ya mbak!

Dari semua poin-poin di atas, ada yang pernah gini juga gak pas sewaktu terakhir putus kemaren? Ato mungkin sekarang kamu sedang berada dalam salah satu fase di atas? :p