Ketika mendengarkan sebuah lagu, mungkin kamu bisa jatuh cinta dengan melodi dan musiknya. Tapi kamu nggak akan bisa melupakan komponen lirik dalam sebuah lagu. Lirik itu penting banget, karena ketika kamu terngiang dan ingin menyanyikannya,yang paling mudah dilakukan adalah dengan mendendangkan liriknya.

Bicara masalah musik dan lirik, kali ini Hipwee Boys bakal membahas soal banyaknya orang yang memberikan label tersendiri pada lirik yang ada di lagu dangdut. Katanya kebanyakan jorok dan tentang seks. Akibat alasan inilah kebanyakan orang pun jadi menilai kalau dangdut adalah musik yang norak. Jangan salah, boys. Bukan cuma lagu dangdut yang punya lirik “kotor”, lagu barat bahkan lebih parah. Nggak percaya? Simak uraian Hipwee Boys berikut yuk!

Becekin Adek Bang vs Work From Home, penciptanya mungkin dapet inspirasi ketika musim hujan dan kebanjiran

Fifth Harmony via i.ytimg.com

Becekin adek dong abang
Adek goyang abangpun goyang
Sawerin adek dong abang
Adek senang abangpun senang
Daripada becek hujan hujanan
Mending becek sama biduan

Lirik lagu dafri Frida Angella yang berjudul Becekin Adek Bang ini nggak bisa dimungkiri bakal bikin pikiran cowok melayang kemana-mana. Maksudnya becekin nggak mungkin becekin pake air beras kan?

Advertisement

Let’s put it into motion
I’mma give you a promotion
I’ll make it feel like a vacay, turn the bed into an ocean
We don’t need nobody, I just need your body
Nothin’ but sheets in between us, ain’t no getting off early

Coba bandingkan sama lagunya Fifth Harmony dengan judul Work From Home, dari judulnya aja sudah memancing kecurigaan. “Kerjaan” apakah yang bakal dilakukan di rumah? Liriknya pun hampir sama, intinya si cewek mau bikin ranjangnya jadi macam samudra. Lebih dahsyat kan daripada cuma “becek” doang?

Ngidam Pentol vs Candy Shop, sama-sama lagi pengen jajan. Bedanya jajan bakso sama jajan permen aja

Dangdut koplo via Otonomi.co.id

Sing tak pengini, sing gampang-gampang
Janji kudu keturutan
Aku pengin pentol sing enek endok e
Aku pengin pentol sing dobel endok e
Aku pengin pentol pentol pentol pentol endok
Sing okeh emine

Secara nggak langsung memang kelihatannya Monata pengen menggambarkan cewek yang pengen beli bakso, tapi pasti bukan bakso goreng! Maksudnya baksonya harus pake telur dan mie boys. Pokoknya gitu.

I’ll take you to the candy shop
I’ll let you lick the lollipop
Go ‘head girl, don’t you stop
Keep going ’til you hit the spot

Nah kalau si 50 Cents melalui lagu Candy Shop ini cerita tentang bagaimana dia ngajak ceweknya beli lolipop. Tau dong lolipop yang apa? Yang jelas bukan yang mereknya Chupa chups!

Belah duren vs M.I.L.F, yang punya pikiran bersih bersyukurlah kalian karena nggak akan paham

Fergie and friends via ewedit.files.wordpress.com

Jangan lupa mengunci pintu
Nanti ada orang yang tau
Pelan-pelan dibelah
Enak bang silahkan dibelah

Maksud si Julia Perez yang dibelah durennya…bukan yang lain. Sebelum dibelah dibuka dulu lho ya, durennya! Kalau nggak dibuka berduri soalnya.

Heard you’re in the mood
For a little milfshake
Welcome to the dairy
Dutchess love factory
I could whip it up fix
You up straight away

Lagu M.I.L.F yang dinyanyikan Fergie bahkan lebih parah. Dari judulnya aja sudah menggambarkan sebuah akronim yang mungkin nggak asing lagi buat kalian. Liriknya super parah, lebih parah dari belah duren. Ngajak ke pabrik perah susu mungkin maksudnya. Positif thingking aja!

Jablay vs Cake by The Ocean sama-sama tentang orang yang lagi piknik kok!

Biasa aja bang Joe via signedevents.com

la lai la lai la lai
panggil aku si jablay
abang jarang pulang
aku jarang dibelai

Masih ingat kan lagunya Titi Kamal yang berjudul Jablay? Ceritanya lagi tamasya ke binaria tapi pulang-pulang berbadan dua. Sungguh oleh-oleh yang tak terduga dari tamasya. Setelah itu ternyata si pacar nggak pulang-pulang akhirnya jarang dibelai deh. Duh mbak, sabar ya!

Hot damn
See you licking frosting from your own hands
Want another taste, I’m begging, “Yes, ma’am.”
I’m tired of all this candy on the dry land, dry land, oh

Lebih parah lagi piknik a la DNCE. Band yang digawangi Joe Jonas ini menggambarkan seorang cowok yang cuka makan kue di pinggir pantai, tapi kok pake “begging another taste” alias meminta sebuah rasa yang lain. Cuma gara-gara kesel di pantai cuma ada “permen” Joe Jonas kemudian minta kue dari seorang wanita. Wah multilevel ambigunya.

Empat lagu tadi hanya contoh aja boys. Sebenernya lagu barat masih banyak yang lebih explicit lagi liriknya. Makanya jangan menilai lagu dangdut norak cuma berdasarkan penilaian kalau liriknya jorok. Lagu barat banyak yang jorok, tapi karena bukan bahasa kita sendiri, kita jadi enjoy aja. Bukan membenarkan lirik yang jorok juga sih, lagu dangdut masih banyak yang liriknya waras-waras aja kok. Memberikan alasan nggak suka lagu dangdut karena kebanyakan liriknya jorok itu yang keliru, lagu barat yang kamu puja-puja juga lebih parah, lho. Meskipun tetap nggak semuanya gitu ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya