Tidak bisa dimungkiri bahwa hanya orang lainlah  yang bisa menilai diri kita sendiri. Meski kita telah bercermin, tetap orang lain akan menilai diri kita. Kita melakukan apapun, orang lainlah yang akan menilainya, entah itu baik atau buruk. Sama halnya dengan ketika kita punya pacar. Meski kita menilai pacar kita adalah cewek paling cantik sejagad raya, tetap, orang lain yang akan menilainya. Dan kita pasti secara nggak langsung akan mendengar suara-suara riuh itu.

Berbicara mengenai kecantikan, ternyata kita nggak perlu lagi mendengarkan pendapat orang lain. Sebab kini sudah ada penelitian (sains) yang dapat menilai seberapa cantik seorang cewek, kalau memenuhi beberapa kriteria ini. Seperti apa kriteria cantik menurut sains, berikut penjelasannya!

Komposisi dalam wajah yang simetris dapat menentukan seberapa cantik seorang cewek. Amber Heard ada di posisi pertama dalam urusan ini

Amber! Absolut sih cantiknya. via www.digitaltrends.com

Prof. Bill von Hippel dari University of Queensland mengatakan bahwa cewek yang memiliki wajah simetris memiliki daya tarik tersendiri. Hasil penelitiannya mengungkapkan bahwa cewek seperti ini paling mudah untuk diproses otak untuk dinilai oleh orang lain. Selain itu, simetrisnya wajah cewek juga memengaruhi daya tarik cowok. Adem gitu kalau dilihat oleh cowok. Nah, cewek yang memiliki wajah paling simetris di dunia ini adalah Amber Heard yang memiliki rasio hingga 91,85%.

Secara saintifik, mata bulat besar jadi barometer cewek cantik. Tapi jangan berkecil hati buat yang punya mata sipit, ya!

Ada yang kenal sama cewek ini? via www.instagram.com

Advertisement

Beruntunglah buat cewek yang memiliki mata bulat besar. Masih menurut penelitian yang sama, cewek bermata bulat besar ini menyiratkan sebuah kepercayaan yang alami. Cowok akan lebih mudah tertarik dengan cewek yang memiliki anugerah genetik seperti ini, karena cewek dinilai sebagai orang yang bisa dipercaya. Tapi jangan berkecil hati buat cewek yang nggak mempunyai mata bulat besar, ya. Toh, banyak juga cowok yang tertarik dengan kalian. Dan cewek bermata nggak bulat besar juga bisa dipercaya kok.

Rasio jarak antara mata dan mulut bisa menentukan kecantikan seorang cewek. Ini yang dinamakan kecantikan klasik ~

Yang klasik emang lebih asyik ~ via www.rantchic.com

Kecantikan klasik itu merupakan kecantikan alami yang dimiliki cewek berdasarkan segitiga kecantikan dengan proporsi tertentu. Secara historis, proporsi kecantikan wajah itu dimulai dari simetris wajah, secara horisontal maupun vertikal. Pertama dari keseimbangan horisontal terletak pada garis rambut di atas dahi hingga ke garis atas alis. Kedua, garis alis hingga pangkal bawah hidung. Dan ketiga dasar hidung hingga dasar dagu.

Sementara secara vertikal wajah, kecantikan wajah seorang cewek dilihat dari jarak antara kedua alis mata dan jarak antara mata dengan garis telinga. Jika terdapat keseimbangan di antaranya, cewek bisa dikatakan cantik, begitulah kata Dr. Olivia Ong, dokter spesialis estetika dan anti penuaan wajah. Gimana dengan wajah cewekmu? Aman?

Mana yang lebih menarik, cewek botak atau cewek berambut panjang? Volume rambut juga memengaruhi kecantikan cewek loh!

Suka yang tebal? via www.instagram.com

Dikutip dari Everyday Health, rambut yang tebal dan indah bisa menjadi pertanda bahwa cewek itu sehat. Rambut panjang, tebal, dan indah emang sering diasosiasikan dengan kesehatan dan vitalitas cewek. Hal ini jugalah yang membuat tampak lebih menarik. Nah, percuma, ‘kan, kalau cuma cantik tapi nggak sehat?

Dari beberapa kriteria itu, cewekmu memenuhi salah satunya nggak? Kalau nggak, ya nggak masalah sebenarnya. Toh, itu hanya cantik berdasarkan sains pada wajah. Yang pasti, cobalah untuk mencari cewek yang bukan hanya cantik di paras, melainkan cantik pula di hati.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya