Kalian pasti pernah dong ngerasain cinta monyet? Iya, jatuh cinta abal-abal yang pernah kita rasain jaman SMP. Dulu, saat perkembangan teknologi belum sepesat sekarang, belum ada smartphone dan berbagai social media; serta saat itu sinetron di televisi masih (agak) masuk akal dan belum didominasi cerita cinta-cintaan ala suami istri; Di masa seperti itu kita punya cara manis sendiri untuk mengungkapkan rasa cinta ke gebetan.

Lupa sama apa yang dulu pernah kamu rasain dan lakukan? Artikel Hipwee ini bakal mengingatkanmu pada indahnya masa-masa cinta monyet saat kamu masih berseragam putih biru.

1. Karena baru pertama jatuh cinta, kamu ngerasa dunia indaah bangeet dan selalu semangat ’45 tiap kali mau berangkat ke sekolah. Gak lupa berdandan dan latihan senyum dulu di depan kaca.

sekolaah… via mashable.com

Pas belum punya gebetan

Jam 05.30 : “Banguun! Udah setengah 6 ini.”

Jam 06.30 : “Woi, setengah 7, lo mau sekolah gak?”

Advertisement

Pas udah punya gebetan

Jam 05.45

Kakak : “Lo ngapain jam segini udah rapi, Jali? Jam 6 juga belum.”

Kamu : “Mau sekolah lah.”

Kakak : “Mau nyapu sekolah dulu apa gimane?”

Kamu : “Ah berisik lu! Gue mau berangkat pagi.”

Kakak : “Lo bukannya tiap ke sekolah nebeng gue ya? Gue maunya berangkat setengah 7.”

Kamu : *semangatmu pun menguap seperti kapur barus*

2. Kamu jadi rajin menulis di buku diary, karena dia adalah saksi bisu perasaanmu.

nulis diary via yulvieunik.blogspot.com

Selasa, 24 Februari.

“Dear diary,

Hari ini aku papasan sama Tono di kantin. Aku baru tau kalo dia hobi makan pete. Tapi gak papa lah, aku tetep sayang sama dia. I love you, Tono-ku.

3. Selain itu, kamu juga biasanya curhat berjam-jam ke temen. Setelah itu, giliran temenmu yang curhat ke kamu berjam-jam.

Kamu : “Eh, si Henrik ganteng banget. Tau gak sih kita papasan pas jalan di deket aula. Aaa~ tatapan matanya ituuu.”

Temen : “Iya, gue juga liat.”

Kamu : “Eh menurut lo, pandangan dia ke gue gimana? Dia suka gak sih sama gue? Gue penasaran banget.”

Temen : “…..”

Kamu : “Ih, kok lo diem aja sih? Jawab dong, menurut lo tatapannya dia tadi gimana?”

Temen :

Eh, gimana, gimana bro? Jangan tidur! via giphy.com

Ps : Yah, maklumin aja temen kamu. Dia udah jadi pendengar setia lho dari cerita cintamu bersama gebetan, yang entah udah berapa season dan episode kalo dibikin sinetron.

4. Kangen dia pas kamu lagi di rumah? Cari aja nomor telponnya di Yellow Pages. Tapi nelponnya gak bisa mesra-mesra, soalnya ibu ngintip dari dapur.

Misscall ah~ via mashable.com

Kamu : *pencet nomornya, deg-degan sampe mules*

Suara di ujung : “Halo?”

Kamu : *mendengarkan dalam diam*

Suara di ujung : “Halo? Ini siapa ya? Halo?”

Kamu : *tutup telepon, girang banget sampai mau pingsan, berusaha mendengungkan suaranya di kepala*

Ps : Yang belum kamu tau adalah ternyata menjawab yang telepon tadi itu ibunya gebetan.

HAHAHA

5. Sekadar titip salam ke temen, entah disampein atau enggak, udah bikin kamu seneng setengah mati.

salam ya.. via almaasi.tumblr.com

Kamu : “Eh, salam dong buat Siti, temen sekelas lo. Hehe”

Temen : “Iya, ntar gue sampein.”

Kamu : “Bener yak?”

Temen : “Iya, iya, ntar gue sampein.”

Kamu : “Makasih bro.” *senyum jumawa, merasa utang budi*

6. Nulis surat cinta atau puisi buat dia. Bikin beberapa halaman tapi sayang, kamu gak berani memberi ungkapan sayang itu padanya.

surat cintanya sebinder via needmeneednida.blogspot.com

Mungkin kumpulan surat cinta, puisi, pantun, dan narasi yang kamu tujukan ke gebetan bisa dikirim ke penerbit buat dijadiin buku. Atau kirim aja ke Hipwee, siapa tau bisa dimuat. Hehe #KepoPinginBaca

7. Reaksi kalian tiap kali ketemu gebetan juga beragam. Ada yang pura-pura tenang padahal senang hati bisa ketemu sama gebetan…

Mas, yang paling bawah pura-pura tenang via 3.bp.blogspot.com

Ada yang malu-malu tapi mau…

malu malu mau via www.teen.com

Atau ada juga yang (sok) cool

cool cool via moeby.tumblr.com

Dan ada juga yang sengaja ngajak ribut atau ngegodain biar berantem, cubit-cubitan terus kejar-kejaran kayak film india. Modus lawas.

ngajak berantem via 1.bp.blogspot.com

8. Curi-curi pandang pas di kelas atau pas jam istirahat itu udah jadi makanan sehari-harimu. Pas dia noleh langsung pasang muka datar.

gilee cakep bangeet via www.pinterest.com

Kamu : *Khusyuk ngeliatin gebetan yang duduk di depanmu*

Temen : “Eh, lo ngeliatin apaan sih? Cie cie… ngeliatin Aldo ya? Lo suka ya? Ciee..”

Kamu : *deg-degan kemudian ngeles* “Enak aja, gue tadi lagi ngalamun tauk, kebetulan aja si Aldo duduk di depan gue.”

Temen : “Ooh, kiraiin.”

Kamu : *masih deg-degan, jantung mau copot*

9. Kalo gak sekelas, sengaja ijin ke kamar mandi biar lewat kelasnya gebetan, biar bisa cuci mata. Fufufu~

lewat ah~ via zueila.wordpress.com

Rute biasa kalo mau ke kamar mandi :

Kelasmu – ruang guru – kamar mandi

Versus

Rute ‘luar biasa’ kalo mau ke kamar mandi :

Kelasmu – ruang guru – aula – kantin – kelas gebetan – kamar mandi

10. Namanya atau inisialnya menghiasi buku pelajaran atau meja belajarmu. Gak ada meja, dinding pun jadi.

nulis nama inisial via www.kaskus.co.id

Misal,

namamu : Keenan Zulfa Lutfi

nama gebetan : Maudi Laura Zahra

Jadinya kalau disingkat semacam

KZL LUV MLZ

11. Seneng banget kalo pas lomba antar kelas, bisa ngeliatin puas-puas dari pagi sampe sore.

bisa puas ngeliatiin via humanswhoreadgrammars.tumblr.com

“Aduh, ganteng banget sih dia. Jago banget lagi main basketnya. Duh, tambah suka gue.”

“Ya ampun, Maura cantik banget. Suaranya juga merdu abis, enak didengerin. Aaah, makin cinta.”

12. Waktu dia lagi bertanding, entah basket, futsal, atau ngeband, kamu bakalan . . .

pokoknya dukung dia sampe mati via www.survivingcollege.com

#FansGarisKeras

13. Tanpa menunggu lama-lama, kamu berusaha gabung di ekskul yang sama biar sering ketemu. Cie cie~

ciee ikut ekskul yang sama via fahmirahimsiregar.blogspot.com

Mottomu : Bisa atau gak bisa, minat atau gak minat, yang penting ikut ekskul yang sama. Biar bisa ngeliatin gebetan! Harus!

14. Kalo gak sengaja gebetan ngeliatin atau nyamperin kamu karena nanyain sesuatu, reaksimu dan temen-temen ada beberapa macam, diantaranya:

Saat masih ada gebetan :

hihihi via www.gifmambo.com

Saat gebetan udah pergi :

potong tumpeng via giphy.com

POTONG TUMPENG!!

Reaksimu dalam hati atau pas lagi sendiri, juga beda lagi :

uyee via mashable.com

Ps : Iya, gak papa, kamu masih normal kok. Kita semua merasakan hal yang sama.

15. Bahkan, bisa dibilang kamu di kepala kamu udah tertanam radar yang bisa mendeteksi kehadiran dia.

Kamu selalu tahu apakah si gebetan udah nyampe di sekolah, dia lagi di kantin atau di kelas, atau bahkan dia udah pulang duluan atau belum.

16. Di Hari Valentine, cara kamu memperlakukan gebetan juga beragam:

valentine cieee via smapskd2.blogspot.com

Ada yang diem aja dan mencintai dalam diam…

mencintai dalam diam..tsaah via sylviacmaharani.blogspot.com

Ngasih coklat dan surat tapi gak nyertain nama…

jadi pengagum rahasia aja via husnanote.blogspot.com

Atau ada yang memberanikan diri buat nembak gebetan…

17. Kalau pun kalian jadian boro-boro mau jalan berduaan di taman, sebatas ngobrol atau menggenggam tangan di kelas aja udah bikin bahagia~

duduk berdua via sapi-ganteng.blogspot.com

Ciee.. punggung-punggungan cieee.

18. Kamu berharap cintamu dan dia suatu saat bakal bisa bersatu. Bahkan, diam-diam kamu menyebut namanya dalam doa.

mendoakan dalam diam via asianwiki.com

Doa tiap malam

“Ya Tuhan, semoga bang Tono tahu kalo selama ini aku yang suka sama dia. Amin.”

Sesederhana itu ‘kan cara-cara yang kamu lakukan untuk menunjukkan rasa cinta (monyet) kamu ke gebetan? Iya, walaupun sederhana sepanggal kisah dalam hidupmu ini mungkin bisa diceritakan ke adik, sepupu, keponakan atau bahkan ke anak cucumu kelak. Sekedar pengingat sederhana bahwa memang itulah kisah cinta yang seharusnya dialami oleh anak seusia mereka. 🙂

Kalau kamu ingin berbagi kisah cinta monyetmu masa SMP dulu, silakan berkomentar ya!