Sebagai cewek, kamu dituntut punya wajah ayu, sikap yang lemah lembut, dan tutur kata yang halus. Tapi nyatanya tidak semua cewek punya karakter yang seragam. Bahkan ada lho cewek-cewek yang karakter dan penampilannya justru mirip cowok.

Dikenal dengan istilah tomboy, cewek-cewek jenis ini lebih suka pakai celana daripada rok, tidak doyan berdandan, hobi olahraga, dan punya banyak teman cowok. Selain itu, cewek tomboy juga punya kepribadian yang tangguh, easy going, dan nggak ‘menye-menye’.

Sebenarnya apa sih yang mereka rasakan ketika ‘tampil’ berbeda dari cewek-cewek pada umumnya? Supaya tau kisah lengkapnya, simak di artikel ini, yuk!

1. Predikat tomboy resmi disematkan padamu setelah kamu mengaku fobia pada benda-benda ini!

A. Baju-baju ‘unyu’

baju ‘unyu’ bikin gatel via www.aliexpress.com

Entah kenapa kamu merasa nggak nyaman ketika memakai baju yang ‘cewek banget’. Misalnya nih, baju dengan bahan lace seperti gambar di atas membuatmu merasa gatal!

B. Baju ketat

Advertisement

baju ketat via www.aliexpress.com

Bahan spandek dengan potongan yang press badan juga membuatmu merasa sesak. Kamu nggak nyaman kalau lekuk tubuhmu terlihat dengan jelas.

C. Rok

rok mini

Mengenakan rok juga membuatmu nggak nyaman. Kamu cuma ikhlas mengenakan pakaian ini saat masih sekolah.

“Ya iyalah, kalau nekat pakai celana bisa dipanggil Guru BK, Sis!”

D. Sepatu berhak tinggi

high heels via imgfave.com

Alasannya?

1. nggak bisa jalan kalau pakai heels

2. bikin pegel

3. kaki lecet-lecet

#udah gitu aja

E. Aksesoris cewek

aksesoris lucu via ijarlinajung.blogspot.com

Pertanyaan pertamamu abad ini adalah…

“Apa sih faedahnya pakai aksesoris kayak gitu?”

F. Alat makeup

makeup set via www.lovethispic.com

PERMISI…mohon dibantu Ibu-ibu…

“Bedanya eyeshadow sama eyeliner itu apa ya?”

2. Penampilan yang ‘kamu banget’ justru yang kayak gini…

gaya tomboy via qwear.tumblr.com

Yup, setelan andalanmu terdiri dari jeans belel, kaos gombrong, jaket, sepatu kets, dan wajah polos tanpa sapuan kosmetik!

3. Ketika melihat isi lemari, kamu emang cuma punya…

kaos oblong via 5osial.wordpress.com

KAOS OBLONG!!!

4. Dan dari sekian kaos oblong yang ada di dalam lemarimu, warnanya pun cuma…

Hitam Putih via www.prettydesigns.com

1. Hitam

2. Putih

3. Abu-abu

4. Coklat

5. Hitam lagi!

6. Putih lagi!

dan seterusnya… (Ya ampun, hidup kok nggak BERWARNA!)

5. Lantaran fobia bersolek dan nggak punya baju yang ‘layak’, beginilah ekspresimu ketika dapat undangan nikahan teman…

duh, nggak punya baju! via friends.wikia.com

“Aku nggak punya baju! Aku nggak bisa dandan!”#MATIH

6. Kamu pun panik ketika keluarga menggelar hajatan dan semua saudara perempuanmu berdandan dengan rambut yang DISANGGUL!

sanggul Jawa via kfk.kompas.com

7. Ya…gimana nggak panik kalau rambutmu cepak atau nyaris cepak?

rambut pendek via www.teen.com

Pertanyaan keduamu abad ini adalah…

“Gimana caranya supaya sanggul bisa nempel di rambutku?”

8. Lewat gaya pakaian dan dandanan, sebenarnya kamu hanya ingin menampilkan karaktermu yang simpel. Sama halnya ketika menata kamarmu…

kamar minimalis via rumahdijual.com

Menurutmu, kamar nggak perlu diisi terlalu banyak barang. Cukup barang-barang yang penting dan digunakan sehari-hari saja. Kamu merasa nggak perlu menyimpan boneka atau memasang wallpaper ‘unyu’. Ketika teman-teman cewekmu melihat kamarmu, mereka nggak akan bilang: “Ih…kamarnya lucu banget!”

9. Menurutmu, kamar sudah cukup nyaman ketika ada TV yang bisa menyiarkan pertandingan…bola!

nonton bola via nonikhairani.com

Begadang sendirian nonton bola? WES BIASA!

10. Nggak cuma nonton, kamu pun doyan melakoni olahraga yang diminati para cowok. Bahkan, kamu termasuk pelaku olahraga ekstrem!

olahraga ekstrem via www.mqld.org.au

“Kalau kamu macam-macam sama aku, tak tabrak pakai motorku lho, Mas!”

11. Menggemari dunia cowok membuatmu punya BANYAK teman cowok!

punya banyak temen cowok via butthetruthis.tumblr.com

Jadwal kegiatan:

Senin -> latihan sama anak-anak karate

Selasa -> nongkrong bareng teman-teman parkour

Rabu -> kumpul Madridista Indonesia

Kamis -> latihan wall climbing

Jumat -> istirahat

Sabtu – Minggu -> naik gunung

(Ya elah, tiap hari ketemunya cowok terus dong, Mbak?)

12. Saking deketnya sama teman-teman cowokmu, kadang mereka lupa kalau kamu cewek!

cewek apa cowok? via forums.leagueunlimited.com

Teman 1: “Wuidiw…ada geng cewek cakep tuh!”

Teman 2: “Eh iya! Gw mau yang baju pink!”

Teman 1: “Gw yang kuning tuh kece banget!”

Teman 2: “Kalau lo mau yang mana?”

Kamu: (bengong sambil minum air putih banyak-banyak)

13. Terkecoh dengan penampilanmu, ada saja yang memanggilmu dengan sebutan ‘Mas’!

jangan panggil ‘mas’! via ohnotheydidnt.livejournal.com

Nggak cuma KZL, sakitnya tuh di sini… *sambil nunjuk pantat

14. Kadang, kamu juga dibilang ganteng!

jangan panggil ‘ganteng’! via www.eonline.com

“Ya Tuhan, berilah aku kekuatan menghadapi cobaan ini. Aku ini cewek, Tuhan!”

15. Kamu pun sering jadi sasaran bully teman-temanmu

jangan bully, please via mashable.com

Ketika lagi nongkrong dengan teman-temanmu, tiba-tiba seekor kecoa muncul tanpa dosa…

Teman: “Eh, ada kecoa, tuh!”

Kamu: (melompat dari kursi) “Ya ampun! Bunuh keconya! Jijik gw!”

Teman: (bengong sejenak kemudian sadar) “Hah, lo takut sama kecoa?”

Kamu: “Iyalah, gw takut dan jijik banget!”

Teman: “Wow, cewek kayak lo bisa takut sama kecoa! Gw pikir kecoa tuh camilan lo sehari-hari!”

Kamu: (cuma bisa berbesar hati)

16. Lebih sering main sama cowok, kadang kamu jadi canggung saat kumpul sama teman-teman cewekmu

canggung ketemu temen-temen cewek via blokufo.blogspot.com

Yang selalu kamu ingat ketika ketemu teman-teman cewekmu adalah:

1. Jangan ngomong kasar

2. Jangan ngomong jorok

3. Nggak boleh nge-bully fisik

4. Jangan buang sampah sembarangan #apasih

17. Kamu merasa nggak nyambung kalau harus ngobrolin girl things

girl things? apa sih? via www.wikihow.com

Teman cewek 1: “Eh, aku beli kutek baru, lho”

Teman cewek 2: “Ih…lucu banget warnanya…”

Teman cewek 3: “Mau coba dong. Kayanya cocok deh di kukuku!”

Kamu: (cuma bisa nyengir kecut)

18. Apalagi kalau TERPAKSA belanja sama mereka

ketika belanja bareng temen cewek via ucdtextstyles.blogspot.com

Satu kata yang ada di kepalamu adalah…SEBEL!

Teman-teman cewekmu bisa menghabiskan waktu berjam-jam ketika belanja. Selain kamu bakal menderita pegal-pegal ketika menemani mereka, kamu pun nggak menemukan satu atau dua barang yang sesuai sama seleramu.

19. Dan bencana terbesar dalam hidupmu adalah saat jadi korban makeover

jadi korban makeover via glee.wikia.com

Menurut teman-teman cewekmu, kamu nggak cukup mengerti dunia cewek, misalnya soal makeup dan fashion. Selain tomboy, kamu juga dapat predikat dekil. Akibatnya, mereka semangat banget buat makeover penampilanmu. Kata-kata pamungkas mereka adalah…

“Udah deh diem aja. Pasti jadi cantik!”

20. Makeover emang bikin kamu jadi lebih cakep, tapi komentar orang-orang tetap…menyakitkan!

setelah makeover jadi cakep via www.pygmalionland.com

Setelah di-makeover dan ketemu teman-teman cowokmu…

Teman 1: “Lo dandan? Wah, gw rasa lo lagi kesurupan!”

Teman 2: “Buset! dandan? Kayak cewek aja lo!”

Teman 3: “Cie…pasti lagi jatuh cinta?”

*brb hapus makeup

21. Sekalipun udah cakep, teman-teman cowokmu nggak akan naksir kamu selama kelakuanmu tetep…

tetep aja mirip cowok via www.tumblr.com

SWAG!!!

22. Ketika cowok yang sudah kenal dekat nggak akan naksir kamu, cowok yang belum kenal pun akan takut buat menggodamu

cewek tomboy jangan digodain via www.fandango.com

Ketika kamu lewat dengan anggun di kantin kampus…

Cowok 1: “Broh, cewek cakep tuh!”

Cowok 2: “Wah, berani-beraninya lo! Anak karate tuh, mau lo di banting?”

Padahal, dalam hatimu…

“Aku juga pengen digodain, Mas! Godai aku, please…”

23. Tapi, meskipun tampil tomboy, kamu tetaplah cewek yang paham kodratmu di dunia ini

kamu tau kodratmu sebagai cewek via www.fanpop.com

Lepas dari pilihan penampilan dan perilakumu, kamu tetaplah seorang cewek yang paham tentang kodratmu sebagai seorang perempuan. Kamu pun mengerti bahwa selayaknya cowok dan cewek punya ciri-ciri dan karakter yang membedakan mereka.

24. Yang pasti, kamu adalah seorang cewek yang tertarik pada lawan jenisnya

cowok idaman kamu via twtrland.com

Meskipun tomboy, kamu tetap punya ketertarikan sama cowok kok. Ketika bertemu dengan cowok yang sesuai kriteriamu, kamu pun bisa merasakan ‘suka’ atau bahkan jatuh cinta.

25. Bahwa suatu hari nanti kamu akan menikah. Menjadi seorang istri dan ibu bagi anak-anakmu

jadi istri dan ibu via favim.com

Nanti, akan ada saat dimana kamu menemukan pasangan hidupmu dan akhirnya menikah. Setelahnya, kamu pun akan melewati proses alami untuk menjadi perempuan yang seutuhnya, yaitu mengandung dan melahirkan. Sebagai seorang ibu, kamu punya kewajiban untuk mengasuh dan mendidik anak-anakmu kelak.

26. Menjadi seorang cewek sekaligus calon ibu bukanlah perkara mudah, tapi sifat easy going dan sikap yang mandiri sekaligus tangguh adalah modalmu

mandiri dan tangguh via womenquotestumblrphotos.blogspot.com

Sebagai cewek tomboy, kamu cenderung rileks dan punya cara berpikir yang sederhana. Sikap yang maskulin atau kelaki-lakian menjadikanmu lebih mandiri. Ketika segala sesuatunya bisa kamu lakukan sendiri, kamu merasa tidak perlu meminta bantuan orang lain. Bahkan, pilihan untuk menggeluti hobi dan olahraga ekstrem juga menjadikanmu lebih tanggung.

27. Kepribadian yang kuat membuatmu lebih siap dalam menghadapi problematika hidup di masa depan

punya kepribadian kuat via respectwomen.co.in

Punya karakter mirip cowok menjadikanmu pribadi yang kuat. Kamu bukanlah seseorang yang rapuh, gampang menyerah atau putus asa ketika menghadapi kegagalan. Karakter yang kuat menjadikanmu pribadi yang ‘matang’, tenang, penuh perhitungan dan siap dengan segala tantangan dalam hidup.

28. Yang pasti, kamu mengerti bahwa pilihan hidup yang terbaik adalah saat berani untuk menjadi diri sendiri

menjadi diri sendiri via montanascompassblog.blogspot.com

Ketika banyak orang sibuk berpura-pura agar terlihat keren dan disukai banyak orang, kamu justru memilih cara lain untuk menjalani hidupmu. Pilihanmu adalah tampil sebagai ‘apa adanya’ dirimu. Kamu memilih berdandan dan berperilaku sesuai kehendakmu sendiri tanpa butuh pengakuan atau penilaian dari orang lain.

Yup, itu tadi sekelumit kisah tentang kehidupan para cewek tomboy. Salah satunya bisa jadi pernah kamu alami dalam keseharianmu. Lewat artikel ini Hipwee hanya ingin memaparkan realita yang terjadi tanpa berniat menghakimi pilihanmu. Apakah menjadi tomboy atau feminin, kamu berhak jadi dirimu sendiri! 🙂