Trump menang dan menyisakan banyak kontroversi, baik di negerinya sendiri maupun di mata dunia, tak terkecuali Indonesia. Entah benar-benar tahu dampaknya atau hanya sekedar ikut-ikutan, masyarakat kita juga ramai memperbincangkan kemenangan Trump. Dari mulai bikin meme yang ringan sampai opini kelas berat dan sangat politis. Semua ingin ikut berbicara.

Sementara di Amerika sana banyak orang yang mengaku sedih dan ingin melarikan diri dari Amerika, kabarnya situs imigrasi Kanada sampai jebol begitu kemenangan Trump dikukuhkan. Hillary sebagai pihak yang kalah pun tak boleh hanya tinggal diam dan menerimanya saja. Dia tetap mengajak bicara para pendukungnya. Hillary dan tim pendukungnya menggelar konsesi di New York dan video pidatonya ini menjadi sangat viral di media. Bukan karena isi pidatonya saja yang sangat menyentuh, netizen juga berfokus pada gestur Bill Clinton, suami Hillary yang setia.

Netizen menangis melihat video konsesi Hillary,  bukan air mata kekecewaan atau kecemasan tapi kekaguman. Kagum atas cinta Bill Clinton untuk Hillary.

Bill Clinton adalah orang dekat Hillary yang selalu mendukung istrinya sejak awal perjalanan karir politiknya sampai akhirnya mencalonkan diri menjadi calon presiden perempuan pertama Amerika Serikat. Begitu pula putrinya Chelsea. Keluarga Hillary tak pernah berhenti mendukungnya bahkan setelah semua kekalahan ini.

Isi pidato Hillary menunjukkan betapa jujur dan kuatnya dia. Di belakangnya Bill menatap bangga pada istrinya seolah berucap “That’s my girl”.

Hillary via elitedaily.com

Advertisement

Setelah Donald Trump terpilih, Hillary dan Bill Clinton tercengang dan semua masyarakat tertegun. Lalu pada Rabu pagi, Hillary Clinton memberikan pidato konsesinya di Hotel New Yorker, Manhattan. Dan tentu Bill selalu ada di sisinya. Pada saat pidato, Bill memandang Hillary dengan penuh cinta seolah berkata “That’s my girl”.

Pernyataan Hillary:
Untuk orang-orang muda khususnya, saya harap Anda akan mendengar ini. Saya telah menghabiskan seluruh kehidupan di usia dewasa saya untuk berjuang demi apa yang saya percaya. Saya sudah sukses, dan saya juga sudah mengalami kekalahan …  yang kadang-kadang benar-benar menyakitkan. Mungkin banyak di antara Anda yang mengawali karir profesional, publik, dan politik Anda. Anda pun akan memiliki keberhasilan dan kegagalan juga. Kegagalan ini menyakitkan. Tapi tolong, jangan pernah berhenti percaya bahwa berjuang untuk sesuatu yang benar adalah sangat berharga.

Audiens memberi semangat sekaligus menahan air mata dan Bill tersenyum pada Hillary. Senyum bangga. Senyum yang menguatkan. Senyum dan tatapan yang tak bisa digantikan dengan kata-kata seromantis apapun. Nggak heran kalau netizen jadi baper setelah  melihatnya.

Apalah arti sakit akibat kekalahan yang kini dirasakan oleh Hillary jika di sampingnya ada orang seperti Bill yang selalu siap menemani dan setia mencintainya

Bill Clinton via elitedaily.com

Meskipun Hillary tidak menang pemilu, ia telah membuat sejarah dengan menjadi wanita pertama yang mencalonkan diri sebagai presiden dengan tiket yang berasal dari partai politik besar. Teman, keluarga dan pendukungnya menunjukkan banyak hal untuk menguatkannya dan akan terus mengaguminya. Terutama sosok Bill Clinton yang mungkin menjadi orang pertama yang ingin dipeluk oleh Hillary setelah semua beban berat yang ia lalui.

Baper!