Menikah adalah impian hampir semua pasangan, di mana lahirnya kesempatan memadu kisah berdua selama-lamanya. Mulai dari peluk-peluk halal, bobo-bobo lucu, sampai ndusel-ndusel cantik. Duh, sweet sekali rasanya~

Tapi anak-anak muda macam kita ini kadang lupa kenyataan yang lebih penting yang jelas akan kamu rasa selepas sah bobo-bobo halal. Kali ini Hipwee sengaja mengumpulkan harsh truths soal pernikahan dan komitmen yang harus siap kamu terima. Biar nggak buru-buru minta dihalalin aja….

1. Harga pampers lebih mahal dibanding harga pulsa internetmu sebulan. Ini langkah awal dari komitmenmu seumur hidup

Papa popokku habis via bimbi1404.files.wordpress.com

Sayang, kalau punya anak kita harus punya banyak stock popok lho

Mungkin salah satu kenyataan yang belum kamu tahu adalah harga popok dan pulsa internet itu beda jauh, jangan berkhayal kalau harga popok sekarang itu murah, sebab, semakin kesini, popok semakin mahal gak karuan. Info aja buat kamu, harga popok bayi itu Rp.149.000,- isi 13 katon, size jumbo pack yang gampang dilepas dan dipakai. Harga pulsa internet kamu mungkin cuma Rp.50.000-Rp.100.000,-. Tuh, kenyataan kayak gini harus kamu tahu lho~

2. “Sayang, aku suka kamu natural aja.” Kalau naturalnya kayak gini gimana?

Advertisement

Aku baru bangun bobo nih via goblogsia.files.wordpress.com

Saat lagi pacaran, mungkin kamu ngeliat wajahnya pas saat lagi cantik-cantiknya. Tapi kamu sering lupa, dia ketemu kamu saat dia lagi pake makeup, dengan bedak tebal dan lipstick yang mencolok, emang kamu udah siap lihat muka nya tiap bangun tidur? Beragam ekspresi dia pas gak pakai makeup dan beragam gaya bobonya yang bisa bikin kamu ilfeel. Kalau kamu udah siap ngeliat muka bobonya, dan ngerasain bau mulutnya, ya silahkan~

Sayang, selamat pagi hooaaaaaaaaaaaam

3. Biaya traktir pacaran 7 tahun jauh lebih murah dari biaya masuk TK. Pro-kreasi nggak segitu simpelnya

What is your name? via www.efektips.com

Suamiku, anak kita nanti TK harus ada bahasa inggrisnya ya, biar bisa ngomong inggris dari kecil

Udah pernah tanya-tanya orang yang udah punya anak? Jaman sekarang, masuk TK itu mahal banget, jangan ditanya deh berapa biayanya nanti kamu nangis, yang jelas kalau kamu ngumpulin biaya pacaran malam minggu kamu selama 7 tahun, gak akan cukup buat biayain anak masuk TK. Itu belum termasuk seragam dan uang jajannya hari-hari. Ya, kamu harus terima kenyataan itu ya. Banyak-banyakin nabung deh dari sekarang

4. Mood swing sampai kesel-kesel nggak  pentingnya dia harus kamu terima tiap hari. Halal, berarti menerima dia tanpa tapi

Salah siapa? Salah gue? Salah temen-temen gue? via cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Kamu tuh beda ya, dulu pacaran gak kayak gini, sekarang cerewet banget, gak nyangka aku!

Pacaran adalah masa-masa indah, orang tua bilang pacaran itu kayak kotoran kambing berubah jadi cokelat. Tapi, setelah nikah rasa cokelat berubah jadi kotoran kambing. Beda banget kan? Kenapa? Karna setelah menikah, semua sifat dan sikapnya keluar semua. Misalnya, kamu harus bisa nerima sifatnya yang menang sendiri, harus sabar dan gak boleh cepat marah. Kedewasaan seperti ini harus selalu kamu tanamkan dalam diri sebelum kamu benar-benar siap untuk menghalalkannya. Betul atau betul?

5. Biaya persalinan kadang sama dengan harga DP Mobil. Yakin udah siap?

Biaya persalinan via www.pekanbaru.co

Dok, kira-kira biaya persalinan normal berapa ya? Hm, 15 Juta pak, belum sama perawatan

Banyak-banyakin nabung ya, soalnya kenyataan selanjutnya yang harus kamu tahu adalah, harga persalinan itu sama mahalnya kayak DP mobil. Kalau kamu gak siap, bisa-bisa kamu kerepotan nantinya. Daripada kerepotan, mending nabung dari sekarang sebelum halal. Atau, tunda dulu punya anaknya, setidaknya sekarang kamu jadi tahu biaya persalinan itu gak murah.

6. Menikah itu bukan hanya berdua, ada keluarga baru yang bakalan kamu terima. Sudah bisakah kamu menjaga hati calon mertua?

Tinggal di rumah pondok mertua via waspada.co.id

Ingat, kamu menikah bukan hanya berdua, tapi ada keluarga baru yang perlu kamu perhatikan juga. Saat kamu memutuskan untuk menjalani bahtera rumah tangga bersama, ada adaptasi baru dalam hidupmu menerima kehadiran mertua, ingat status kamu sudah jadi menantu. Banyak rumah tangga yang gak cocok hanya karna sering cekcok sama mertua, tugasmu adalah harus jadi lebih sabar dan dewasa. Pertanyaannya, apakah kamu sudah siap akan menjalani semua ini?

Nanti sebelum punya rumah, tinggal disini aja sama om dan tante

7. Halal itu ibadah. Juga pengorbanan berdarah-darah. Kebiasaanmu enteng nongkrong kapan aja harus segera diubah

Nongkrong dulu~ via www.digitaljournal.com

Mbak, aku pesan ice moccafloat 1, burger steack 1, rokok 2 bungkus, taruh di meja sana ya

Kamu udah gak bisa lagi seenaknya nongkrong sana nongkrong sini. Karna, kenyataan selanjutnya yang harus kamu pahami adalah, kamu harus lebih memprioritaskan hal lain dibanding sibuk dengan biaya nongkrong dan biaya hura-hura. Misalnya, biaya nongkrongmu Rp.150.000,-/malam, daripada sibuk dengan biaya segitu, lebih baik uangnya ditabung. Tapi kalau kamu belum siap untuk menekan biaya nongkrongnya, lebih baik tahan-tahan dulu untuk menghalalkan pasangan kamu.

Nah, sebenarnya, semuanya itu balik-balik lagi ke diri kamu, kalau kamu mau nikah langsung tanpa tahu kenyataan ini ya silahkan, kalau enggak pun gak masalah. Yang terpenting hipwee udah ngasih tahu kenyataan-kenyataan yang akan kamu dapatkan saat menikah. Lebih baik, kamu lebih tahu dulu soal kenyataan yang seharusnya dibanding kamu tidak tahu sama-sekali. Oke, tetap semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya