Kisah mistis perihal mahkluk gaib senantiasa menjadi topik obrolan menarik untuk diperbincangkan. Ada saja cerita-cerita yang berkembang di tataran dunia mistis, termasuk yang bersinggungan dengan wilayah urban atau perkotaan. Misalnya saja suster ngesot, hantu penunggu sekolah, dan banyak lainnya.

Baru-baru ini muncul sebuah kisah mistis yang hangat diperbincangkan di kalangan anak muda, karena latar belakangnya adalah kampus dan aktivitas belajar mengajar mahasiswa. Adalah Universitas Ahmad Dahlan (UAD), sebuah universitas swasta asal Yogyakarta yang kini tengah menjadi sorotan netizen. Beberapa hari lalu, melalui jaringan pribadi (japri) pesan berantai tentang kisah hantu dosen di kampus tersebut merebak kencang. Seram sih seram, tapi valid nggak sih cerita tersebut? Cek ke bawah!

Melalui pesan singkat berantai, kisah si hantu dosen dari UAD ini cepat menyebar

Ah ini mah hoax! via jogjastudent.com

Jadi dosen minta kuliah jam setengah enam. Waktu dosen dan anak-anak udah masuk kelas semua, si dosen cuma diam aja nggak ngomong sama sekali. Tiba-tiba ketua kelas di-SMS dosen yang asli dan bilang kalau beliau nggak jadi ngajar kuliah karena ada halangan. Ketuanya kaget banget, terus sama dosen aslinya ia disuruh lihat kakinya. Ketua jatuhin bolpoin, eh ternyata melayang nggak ada kakinya. Terus ketua share lewat grup LINE, Sekarang tolong keluar satu persatu dari yang paling belakang tanpa teriakan . Spontan semua anak melakukannya. Pas yang paling akhir keluar itu ketuanya, tau-tau dosen gaibnya mendekat sambil bilang Kamu sudah tahu saya? . Ketuanya langsung menjerit dan kuliah diliburkan selama tiga hari.

-Pesan singkat yang tersebar melalui grup WhatsApp mahasiswa

Sebenarnya tulisan asli pesan tersebut menggunakan bahasa Jawa. Dalam pesan itu pun tidak diketahui sesungguhnya validitas fotonya. Namun, nggak banyak yang peduli karena ceritanya sendiri sudah berhasil membuat banyak orang berdiri bulu kuduknya. Unik dan dramatis menyerupai film-film horor. Alhasil, cerita ini terus saja disebarkan di media sosial. Viral!

Merasa dirugikan, pihak Universitas Ahmad Dahlan pun memberikan klarifikasi. Mereka menyatakan bahwasanya kisah itu tidak benar adanya, dan kemungkinan hanya karangan semata

Advertisement

Ini cuma hoax lho~ via www.nastopo.com

UAD yang disebut-sebut sebagai tempat kejadian kisah si dosen hantu itu segera memberikan klarifikasi. Mereka menegaskan bahwanya pesan tersebut tidak benar adanya, melainkan sekadar upaya beberapa media untuk menaikan rating.

“Itu saya pastikan hoax. Itu hanya euforia orang-orang dan beberapa web agar laris saja dengan membagikan pesan itu. Saya sampaikan dan pastikan bahwa itu hoax.”

-Hadi Suyono, Kepala Humas UAD Yogyakarta via detik.com

Pihak kampus UAD sebenarnya tidak terlalu mau menanggapi isu tentang adanya si hantu dosen ini. Namun, karena beritanya terlalu cepat menyebar, dan kemungkinan bisa menganggu kegiatan akademis kampus, mau tidak mau Kepala Humas UAD pun memberikan keterangan. Salah satunya adalah penolakan terhadap kabar bahwa kegiatan belajar-mengajar diliburkan selama tiga hari setelah peristiwa wingit itu terjadi.

“Ini jadi pesan yang membunuh karakter UAD. Jangankan karena berita hantu, saat gempa besar (pada 2006) kami hanya libur beberapa hari dan tetap melaksanakan PMB (Penerimaan mahasiswa baru),” tutup Hadi Suyono, Kepala Humas UAD Yogyakarta via detik.com

Tuh dengerin tuh kata Pak Hadi via lh3.googleusercontent.com

“Itu jelas cuma Hoax. Nggak ada berita apapun dari fakultas terkait kok. Bisa juga ini kabar yang sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak yang berniat menimbulkan kesan buruk tentang UAD” – Siti, Dosen UAD

Sejak awal cerita ini sudah sulit dipercaya begitu saja sih. Ada beberapa unsur yang janggal dan terdengar tidak orisinil. Pertama, bagian kalimat yang diucapkan dosen–yang diduga mahkluk yang bukan-bukan–di akhir, “Kamu sudah tahu saya?” itu mirip dengan cerita mistis legendaris lain yang sudah lama mengakar di lingkungan kampus UGM. Selain itu secara umum cerita ini juga hampir sama dengan cerita horor yang beredar di UNNES. Waduh, jangan sampai deh cuma gara-gara cerita horor yang tidak jelas ini jadi ada mahasiswa yang takut berangkat kuliah, lalu parno juga ketemu dosennya. Bayangkan kamu lagi menemui dosen untuk bimbingan, di ruang dosen berdua, lalu ternyata dia…… #malahnakutin

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!