Merasa dapat kiamat kecil dan benci sama dunia seisinya setelah putus cinta? Well, reaksi itu wajar terjadi. Hidup yang sebelumnya bahagia sekarang berubah drastis, blackout!

Putus cinta bisa menimpa siapa saja, termasuk kamu. Nah, berikut ini adalah 10 cara supaya kamu bisa bertahan hidup di saat-saat seperti itu.

1. Jangan Tahan Tangismu

putus cinta, nangis seharian via www.wikipedia.org

Ketika putus cinta kamu boleh kok nangis seharian, sekenceng-kencenganya, setotal mungkin. Air mata berfungsi untuk bikin harimu lega. Tapi ingat, nangisnya cukup satu hari aja, dan kamu harus siap untuk melanjutkan hidupmu besok.

2. Cari Kegiatan Yang Lain

cari kegiatan, baca buku via commons.wikimedia.org

Advertisement

Mengikuti kebijakan seabrek adalah salah satu cara ampuh buat kamu yang ingin melupakan sakit hati setelah putus cinta. Baca buku, nonton film, olahraga, meditasi, dan jangan lupa rajin-rajin berdoa. Jangan nunggu mood kamu balik ceria lagi, tapi kamu memang wajib kembali bahagia dan ‘hidup normal’.

3. Pergi Ke Ahli Terapi

putus cinta, pergi terapi via www.wikipedia.org

Mungkin terdengar sedikit ekstrem, tapi kenyataannya banyak orang di dunia ini yang akan benar-benar kacau ketika putus cinta. Nah, ketika dia nggak sanggup menyembuhkan dirinya sendiri, maka pergi terapi bisa jadi solusi.

Seorang terapis akan siap dengerin curhatan kamu sekaligus kasih motivasi supaya kamu bisa move on. Tapi jangan lupa, sebelum pergi ke terapi, siapakan budget-nya dulu ya.

4. Makan Sehat, Cukup Tidur

makan sehat, tidur cukup via www.flickr.com

Sekalipun yang sakit itu hati kamu, kondisi tubuh kamu juga bisa drop kalau kamu terus-terusan tersungkur. Jangan sampai lupa makan atau kebanyakan begadang cuma buat melamun. Hadapai kenyataan, makan makanan bergizi dan pastikan kamu cukup tidur supaya kamu tetap sehat.

5. Sok Sibuk

masak buat kesibukan via www.pixabay.com

Kamu wajib banget ‘sok sibuk’ supaya hidupmu kembali normal. Misalnya, jalan-jalan setelah bangun tidur, masak buat sarapan, atau ngopi sambil baca koran politik dan saham. Yang penting, jangan sekali-kali bengong atau melamun di kamar sendirian. Bebaskan pikiran dan tubuhmu, maka hatimu juga akan bebas.

6. Awas, Jangan Coba-Coba Cari Pelarian!

jangan cari pelarian via www.wikipedia.org

Seringkali banyak yang berpikir bahwa putus cinta bisa terobati dengan cara jatuh cinta lagi. But wait, kamu harus pastikan kalau hatimu sudah benar-benar sembuh. Jangan sampai ada laki-laki atau perempuan malang yang entah sadar atau tidak ternyata hanya jadi pelarianmu. Kasian donk!

7. Jangan Habiskan Waktu Buat Sendirian

jangan habiskan waktu sendirian via www.flickr.com

Usahakan buat selalu ketemu teman atau bahkan cari teman baru. Kamu bisa jalan-jalan ke mall atau ngobrol di kafe. Bisa juga jadi volunteer di komunitas yang kamu suka atau ikut kegiatan di kampung atau tempat ibadah. Banyak berinteraksi dengan orang lain bisa bikin proses penyembuhanmu jadi lebih cepat.

8. Pergi Liburan

sebaiknya pergi berlibur via www.geograph.org.uk

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah putus cinta adalah menjauh dari hal-hal yang itu-itu saja. Atur jadwal, tentukan tujuan, siapkan budget, packing, dan kamu siap pergi berlibur. Pergi traveling bukan berarti kamu sedang lari dari masalah lho. Dengan traveling justru bisa mengembalikan semangat positifmu untuk melanjutkan hidup.

9. Percaya Pada Kekuatan Diri

percaya kekuatan diri sendiri via djlindsay.deviantart.com

Satu hal yang pasti, setiap individu punya kemampuan untuk mengatasi masalah dan menyembuhkan dirinya sendiri. Sesekali cobalah untuk merenung dan dengarkan suara hatimu. Kamu akan mendengar, “hei, kamu pasti bisa!”

10. Nulis Buku

nulis buku biar terkenal via www.wikipedia.org

Cara terakhir bertahan hidup setelah putus cinta sekaligus bisa bikin kamu kaya raya adalah nulis buku. Kalau kamu memang bisa atau suka nulis, coba deh tulis lagi awal kisah cintamu, bagaimana sampai akhirnya kamu putus, dan cara kamu supaya bisa bangkit dan bertahan hidup. Siapa tahu kamu bisa jadi motivator dadakan khusus kasus putus cinta. Hehehe.

Yang pasti, semua hal di dunia ini punya dualitas. Soal baik atau buruk, senang atau sedih, bagus atau jelek, adalah bagaimana kamu menyikapinya. Putus cinta mungkin hal buruk yang menimpamu, tapi coba lihat lagi apa latar belakangnya. Kalau ternyata hubunganmu memang tidak pantas dipertahankan, bukannya putus cinta malah jadi hal baik?

Jadi, buat yang lagi putus cinta, yuk berhenti bersedih! Tetap semangat, tetap cantik atau ganteng dan bersiaplah untuk cinta yang akan datang!