Lelaki sejati itu bukan hanya mitos. Langka, iya. Tapi bukan berarti sama sekali tidak ada. Jika kamu wanita dan selama ini merasa bahwa lelaki sejati itu sulit dicari, atau jika kamu pria yang menganggap remeh konsep lelaki sejati, ubah pemikiranmu sekarang juga. Mungkin justru kamu selama ini sudah menemukan — atau sudah menjadi representasi — sosok pria sejati.

Pria sejati bisa dilihat dari sikapnya. Bagaimana ia memperlakukan sejawatnya, bagaimana ia tetap hormat pada orang yang posisinya lebih di bawahnya. Dalam hubungan, sikap-sikap pria sejati bisa dijabarkan dengan lebih spesifik lagi. Bagaimana penjabarannya?

1. Lelaki sejati adalah dia yang mencintai dan menghargai wanita. Ini tidak semudah kelihatannya!

dia mencintaimu dengan kesungguhan via favim.com

Lelaki sejati adalah dia yang selalu mencintai dan mampu menghargai wanita seutuhnya. Dia akan mencintai si wanita tidak hanya dari fisik semata melainkan secara keseluruhan, termasuk kepribadian serta impiannya. Pria sejati mampu jatuh cinta terhadap seluruh hal yang berkaitan dengan wanita yang dipujanya. Hal ini dapat dibuktikan dari betapa dia selalu mendukung dan ikut mencintai hobi dan impian yang sedang dikejar oleh pasangannya.

Selain mencintai wanita dengan sepenuh hati, pria sejati juga akan menghargai wanita seutuhnya. Dia akan memperlakukan wanita layaknya ratu karena memang dialah yang bertahta di kerajaan hatinya. Di matanya, pasangannya adalah wanita tercantik di dunia dan dia tidak akan segan untuk memujinya. Lelaki sejati juga mengharapkan cinta dan penghargaan yang sama seperti yang telah diberikannya kepada si wanita.

2. Pria sejati tak akan segan mengambil inisiatif. Ia mengerti bahwa memang tanggung jawabnya untuk menjadi pemimpin.

Advertisement

dia akan selalu menjadi pemimpin dan pembimbing via fashionplaceface.com

Pria sejati adalah dia yang akan selalu menjadi pemimpin di dalam hubungan. Dia akan memposisikan diri sebagai kepala dan menjadi pemandu bagi pasangannya. Seorang lelaki sejati juga biasanya akan selalu mengambil inisiatif pertama ketika terjadi kebuntuan di dalam suatu pengambilan keputusan di dalam hubungan. Dia tidak akan menyerahkan kepada wanita sebagai si penyelesai masalah karena dia tahu ini adalah kewajibannya sebagai seorang pemimpin.

Seorang lelaki sejati juga tidak hanya akan bermain aman hanya karena tidak ingin menerima kritikan. Karena dia akan mengambil keputusan serta inisiatif pertama beserta dengan seluruh risikonya.

3. Dia pun akan memasang badan demi melindungi wanita, baik secara fisik maupun emosional

dia yang akan selalu memasang badan via fashionplaceface.com

Laki-laki sejati akan memasang badan demi melindungi wanita yang dicintainya. Tidak hanya selalu absen menyakiti secara fisik, melainkan juga secara emosional. Lelaki sejati akan menjaga perasaan dari wanita yang dikasihinya. Ia tidak akan mengumbar janji yang tak mampu ditepati atau berkata kasar demi memuaskan egonya semata. Pria sejati akan berada di garda terdepan dalam rangka membela wanita yang disayanginya. Ia akan menjadi tameng seutuhnya bagi si pujaan hati.

4. Pria sejati tak akan pergi ketika hubunganmu terkena badai. Ia mengerti, harga dirinya bergantung pada seberapa kuat komitmennya.

dia berkomitmen penuh via imgarcade.com

Salah satu sikap yang dijunjung tinggi oleh lelaki sejati adalah berkomitmen penuh terhadap hubungan. Jika dia sudah berkomitmen menjalin hubungan dengan seseorang, maka dia akan berusaha sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan jalinan. Dia akan setia terhadap pasangannya dan berusaha untuk tidak bermain mata dengan wanita lainnya atau merapal pujian kepada dia yang bukan kekasihnya.

Di saat kamu menjalin hubungan dengan pria tipe ini, kamu tahu bahwa kamu mampu mempercayainya dengan segenap hidupmu. Dia juga merupakan tempat yang aman untuk menitipkan hati. Pria sejati akan menjaga komitmennya dan dia juga berharap kamu akan melakukan hal yang sama.

5. Pria sejati mampu menggenapi wanita seutuhnya. Dia tahu, hati orang adalah untuk dijaga.

dia akan memenuhi kebutuhanmu via fashionplaceface.com

Memenuhi kebutuhan pasangan dari hal yang terkecil juga merupakan sikap dari pria sejati. Dia akan peka untuk selalu membuat hati wanita senang dan meremang. Tidak perlu muluk-muluk melakukan sesuatu hal, membisikkan kata-kata pujian di telinga ketika dia tahu sang wanita sudah berdandan habis-habisan untuknya merupakan hal sederhana yang mampu menyejukkan. Karena hal kecil itu sudah membuktikan bahwa sang pria mampu menggenapi hal terkecil yang diinginkan oleh pasangannya. Dia bertanggungjawab penuh karena pasangannya sudah menitipkan seluruh hati kepadanya.

6. Ketika dihadapkan pada kesulitan, ia tidak akan lama-lama bimbang. Keberanian mengambil keputusan sulit adalah bukti bahwa ia memang bertanggung jawab.

mengambil langkah pertama via fashionplaceface.com

Setiap kali hubungan kalian menemui keputusan sulit, seorang lelaki sejati akan mengambil keputusan penting ini. Dia tidak akan memalingkan muka atau justru lari dari tanggung jawab ini. Pria sejati mampu melihat dan menimbang dari berbagai sudut pandang untuk kemudian mulai memutuskan hal yang terbaik bagi kalian. Walaupun dia merupakan sang pengambil keputusan, tetapi dia tidak menutup telinga dari saran dan masukan yang kamu sampaikan. Karena pria macam ini tidak mengambil kesempatan untuk mengontrol orang lain, tetapi mereka berusaha memahami situasi dan kondisi yang sedang dihadapi.

7. Ucapannya bukan barang murah yang seenaknya bisa dilempar. Tindakannya akan selalu dilandasi alasan rasional.

bertanggung jawab via galleryhip.com

Tanggung jawab adalah sifat mutlak dari seorang lelaki sejati. Dia akan benar-benar bertanggungjawab terhadap hal yang sudah ia perbuat. Ia akan mengambil risiko dan mempertanggungjawabkan apa yang sudah ia katakan atau lakukan. Karena itulah seorang laki-laki sejati selalu menepati janji yang telah dia ucapkan. Dia berharap para wanita juga melakukan hal yang sama, tidak mudah mengingkarinya dengan mengatasnamakan kata lupa.

Selain bertanggung jawab penuh atas perkataan dan perbuatan, lelaki sejati tidak akan melempar kesalahan kepada pasangan. Mereka juga tidak berusaha mencoba membela diri ketika berada di posisi terpojok dan sudah terbukti bersalah. Mereka akan dengan lapang hati mengakui kesalahan yang telah mereka lakukan. Mengucapkan kata ‘maaf’ bukanlah hal yang sulit untuknya. Justru inilah media bagi mereka untuk menunjukkan kepercayaan diri dan keberanian.

8. Lelaki sejati selalu menyuarakan apa yang ada di kepala. Walau begitu, ia bisa menghormati lawan bicaranya.

menyuarakan apa yang ada di kepala via favim.com

Seorang lelaki sejati berani menyuarakan apa pendapatnya. Jika memang dia tidak setuju akan sesuatu, mereka akan berani mendebatnya, terutama jika memang hal yang ia yakini benar adanya. Dia juga tak segan untuk berbicara dengan pasangannya dengan level yang sejajar. Dia tidak akan berdiri selevel di atas pasangannya dan memonopoli pembicaraan ataupun berada setingkat lebih bawah dari pasangan dan hanya bertindak sebagai pendengar.

Lelaki sejati berani mengutarakan isi hati dan isi kepalanya. Dia juga mempersilahkan pasangannya untuk ikut ambil bagian dalam mengambil kesimpulan dan bebas melakukan tindakan, karena dia menjunjung tinggi keragaman dan menghargai perbedaan. Dia juga berharap bahwa sang pujaan hati mampu melakukan hal yang sama, memposisikan diri sejajar dan tidak berperan sebagai pemerintah atau pendengar saja.

9. Buatnya mimpi bukan hanya untuk dibayangkan. Mimpi adalah untuk dikejar dan diwujudkan.

punya passion via www.tumblr.com

Tahu yang dia mau dalam hidup adalah ciri dari lelaki sejati. Dia memiliki visi, misi, dan tujuan hidup  yang jelas. Pria sejati juga paham akan dirinya sendiri, dia memiliki passion dan menekuninya. Lelaki tipe ini akan membebaskan si wanita untuk mengejar impian dan menekuni hobi tanpa memberikan tali kekang. Hal ini dilakukannya karena ia juga ingin diperlakukan sama seperti dia memberikan hak kebebasan kepada si wanita dalam meraih impian dan menekuni hobi.

Jika ada yang lebih penting dari hubungan asmaranya dengan si wanita ialah passion yang harus digelutinya. Dan dia akan menghabiskan waktunya yang berkualitas untuk pantang menyerah demi mengejar mimpi. Dia ingin pula pasangannya memahami dia dan dunianya, bahwa dia memiliki hobi yang memang ingin digeluti.

10. Dia bukan orang yang akan membocorkan kebiasaan buruk pasangan ke media sosial. Menjaga nama baik pasangannya adalah menjaga harga dirinya sendiri.

dia yang memasang badan demi hubungan via becuo.com

Di saat hubungannya dilanda permasalahan, lelaki sejati tidak akan mengumbarnya kepada orang lain. Pria sejati tidak akan gampang mengungkap cerita atau aib buruk pasangannya ke media. Maupun berkoar-koar dan bercerita ke teman-teman nongkrongnya. Nama baik pasangan juga merupakan nama baiknya juga, oleh karena itu ia akan turut serta menjaganya dengan tidak membuka aib kepada orang lain.

Yang terjadi antara dia dan pasangannya cukup mereka saja yang tahu, karena itu dia juga berharap pasangannya akan melakukan hal yang sama. Dia akan menjalin benang rapi demi menutup keburukan atau permasalahan di dalam hubungan.

11. Baginya hubungan adalah tentang berbagi beban. Saat ia tahu kamu sedih, ia akan melakukan apapun demi membuatmu senang.

dia akan selalu peduli via www.glogster.com

Sifat peduli juga selalu melekat erat kepada lelaki sejati. Dia yang selalu ikut memikirkan keadaan sekitar dan mau ikut urun tenaga dan turun tangan untuk meringankan beban penderitaan. Lelaki tipe ini memiliki sifat kepekaan dan kepedulian yang tinggi. Jika dia melihat dan merasa bahwa si wanita sedang kepayahan melakukan pekerjaan, dia akan dengan tangan terbuka menawarkan bantuan tanpa berat hati. Melihat beban si wanita agak sedikit terangkat turut mampu memahat senyum di hatinya.

Jadi, apakah ada beberapa sifat di atas yang melekat pada diri kalian? Selamat, mungkin kamulah si pria sejati yang akan selalu dinanti! 😀