Bicara soal move on tidak ada habisnya. Mulai dari berusaha melupakan dia, membuka lembaran baru dengan orang lain yang lebih pantas dicinta, sampai terus berproses untuk mengikhlaskan dia yang memang lebih baik dilepaskan saja.

Tapi bohong kalau move on bisa dijalani dengan mulus saja seperti jalan tol. Pasti ada halangan yang akan dihadapi. Ada saja hal-hal kecil yang membuat proses melupakan tidak semudah memesan makanan menggunakan ojek online.

Move on tidak pernah mudah, kali ini Hipwee memberikan 3 cara agar kamu bisa mengikhlaskan sepenuhnya. Move on. Nggak lagi ingat-ingat dia.

1. Kamu berhak menutup akses sementara. Bukan bermaksud bermusuhan. Ini cuma caramu menemukan kedamaian

Ini caramu menemukan kedamaian via www.shutterstock.com

Siapa bilang menutup akses, memblock semua akun sosial medianya sementara itu kekanak-kanakan? Bisa jadi ini adalah cara paling tepat untuk melupakan. Dengan begini proses mengikhlaskan juga jadi jauh lebih gampang. Sebab kamu tidak perlu lagi tahu kabarnya lalu terbawa perasaan.

Kalau memang hatimu masih perih lihat dia check in di suatu tempat tanpa kamu, masih kesal saat dia posting foto selfie bareng cewek lain, yang sepertinya gebetan baru — ini saatnya memberi jeda untuk hatimu. Blok saja dulu akses dari dia sementara. Biarkan hatimu berdamai dulu tanpa dia.

2. Move on nggak harus membuatmu buru-buru cari pacar baru. Malah, kasih jeda dulu buat hatimu

Kasih jeda dulu untuk hatimu via www.shutterstock.com

Beberapa orang beranggapan kalau satu-satunya jalan untuk move on adalah dengan segera mencari pengganti yang baru. Nggak salah juga sih berprinsip seperti ini. Tapi kalau kita pikir lagi, hati kan bukan motor yang harus segera diganti spare partnya kalau ada satu bagian yang hilang?

Setelah dia pergi hatimu pasti sedikit berlubang. Wajar…biasanya ada dia yang setia menemani. Sekarang harus ikhlas memutuskan semua juga ke mana-mana sendiri.

Ini memang akan terdengar sedikit aneh. Alih-alih segera mencari pengganti coba saja memberi jeda untuk hatimu. Fokus ke hal-hal lain dulu. Kamu bisa lebih aktif mendalami hobi, mengalihkan perhatian ke pengembangan karirmu, sampai membangun kembali jejaring yang sempat hilang dengan teman-temanmu. Dengan begini kamu akan sadar kalau ternyata hidup nggak melulu soal pacar saja. Masih banyak yang lebih penting di luar sana.

3. Jangan ragu mengganti barang yang mengingatkanmu padanya. Objek itu harus hilang biar kamu ikhlas sepenuhnya

Biar hilang sepenuhnya buang aja via www.shutterstock.com

Barang apa sih yang selama ini sering mengingatkanmu sama dia? Boneka atau kartu-kartu yang dulu manis (tapi sekarang kalau dilihat lagi cheesy?) Atau malah handphone, karena dengan alat komunikasi satu ini kalian paling sering bicara?

Agar segera move on dan ikhlas — ganti saja bendanya. Beberapa expert mengatakan bahwa mengenyahkan barang bisa jadi cara paling ampuh untuk menghilangkan kenangan.

Tapi nanti gimana dong kalau ganti handphone terus data-dataku hilang?”, “Cuma mau hapus memori yang ada dianya aja. Tapi aku males kalau harus backup kontak dan data-data lainnya.”

Ketakutan macam ini nggak perlu ada. Selama kamu menggunakan Coolpad Max Lite dengan fitur Clone It yang sangat mendukung upaya move on. Dengan fitur ini semua datamu dari ponsel Android sebelumnya akan dikloning sepenuhnya ke Coolpad Max Lite dengan mudah. Mulai dari foto, notes, nomor kontak, sampai dokumen penting lain dipastikan nggak akan hilang.

Setelah datamu terkloning sepenuhnya — tinggal hapus deh data atau file yang mengingatkanmu pada dia. Kamu siap menghadapi hidup baru tanpa terbayang dia yang udah nggak layak kamu pikirkan lama-lama 🙂